13 Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Kurang dari 1 Minggu Secara  Alami

Cara mencerahkan wajah kusam dan berminyak kurang dari 1 minggu sebenarnya bisa anda lakukan dengan menggunakan  cara alami. Anda akan mendapatkan kulit wajah seperti yang didambakan jika melakukannya dengan rutin dan konsisten. Cara alami tergolong aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Yuk simak cara mencerahkan wajah dengan alami di bawah ini.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Air putih memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Air dapat membantu menghidrasi tubuh. Konsumsi air putih yang cukup dapat menjadikan kulit wajah cerah, sehat dan segar. Karena seperti itu, penting untuk minum air sebanyak 2 liter dalam sehari.

2. Aplikasikan Pelembab Kulit

Untuk anda yang memiliki kulit kusam, anda bisa melembabkan kulit dengan menggunakan lotion pelembab. Hanya saja, anda harus berhati-hati saat memilih produk pelembab kulit. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memilh  pelembab terbaik yang cocok untuk kulit anda.

3. Hindari Begadang

Salah satu penyebab wajah menjadi kusam yaitu karena banyak begadang atau kurang tidur.  Agar kulit wajah sehat, maka penting untuk mencukupi  waktu tidur anda. Normalnya waktu tidur adalah 7 sampai 8 jam selama sehari.

4.Hindari Stress

Stress bisa menjadikan kulit kusam. Untuk mengatasinya maka anda harus menghindari stress.

5.  Rutin Berolahraga

Olahraga, selain bermanfaat untuk kesehatan juga bermanfaat untuk kecantikan. Anda bisa meluangkan waktu untuk berolahraga, setidaknya selama 1 kali dalam seminggu. Tidak perlu melakukan olahraga berat, karena anda bisa melakukan olahraga ringan namun konsisten.

6. Masker Putih Telur

Manfaat putih telur untuk kulit sangat baik. Masker dari putih telur diketahui mampu mencerahkan kulit wajah anda dan menjadi cara mencerahkan wajah kusam dan berminyak kurang dari 1 minggu yang efektif. Caranya juga mudah sekali, anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

  • Siapkan putih telur. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya dengan merata pada wajah anda.
  • Diamkan beberapa saat hingga mengering. Jika sudah, anda bisa membilas wajah anda sampai bersih.

7. Masker Bengkoang

Bengkoang memang efektif untuk memutihkan dan mencerahkan  wajah. Dalam bengkoang terkandung senyawa fosfor dan kalsium yang dapat membantu memutihkan kulit. Simak cara membuat masker bengkoang berikut ini.

  • Pertama, silahkan siapkan beberapa buah bengkoang. Kemudian kupas dan cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, parut bengkoang dan anda bisa menyaringnya  dengan menggunakan kain bersih.
  • Masukan air bengkoang pada mangkuk kecil dan diamkan selama kurang lebih 3 menit hingga terbentuk endapan putih di bawah.
  • Anda bisa membuang airnya, kemudian gunakan sarinya untuk dijadikan masker.

8. Masker Kentang

Dalam kentang terkandung zat pemutih yang bisa anda gunakan untuk memutihkan kulit. Cara membuat masker kentang juga  mudah, anda bisa simak di bawah ini.

  • Siapkan beberapa buah kentang. Kemudian kupas dan cuci hingga bersih.
  • Haluskan kentang menggunakan blender, lalu anda bisa menambahkan madu murni  beberapa tetes saja.
  • Aplikasikan ramuan ini  pada wajah anda dengan merata. Diamkan beberapa saat, kemudian cuci sampai bersih wajah anda menggunakan air hangat.

9. Masker Beras

Manfaat beras untuk wajah sudah menjadi rahasia umum. Selain mampu mencerahkan kulit wajah, masker beras juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah, serta mencegah jerawat. Untuk hasil yang lebih baik anda bisa menggunakan beras Jepang.

  • Silahkan anda rendam beras jepang sebanyak 1 gelas kecil selama kurang lebih 30 menit.
  • Kemudian, silahkan pisahkan air rendaman beras tersebut. Lalu haluskan beras yang sudah direndam untuk dijadikan masker.
  • Aplikasikan masker pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah anda bisa membilasnya dengan  menggunakan air sampai bersih.

10. Tomat

Tomat dipercaya  dapat memutihkan kulit wajah karena kandungan vitamin yang cukup tinggi. Yuk simak cara memutihkan wajah secara alami dengan tomat di bawah ini.

  • Sediakan 1 buah tomat segar. Kemudian hancurkan.
  • Aplikasikan pada wajah anda sampai merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika sudah, anda bisa membilas wajah menggunakan air dingin.

11. Susu

Susu memang  baik untuk kesehatan, selain itu susu juga baik untuk kecantikan wajah. Susu akan menjadikan kulit wajah menjadi cerah. Cara menggunakannya mudah, anda hanya perlu menyiapkan susu murni. Lalu aplikasikan pada wajah anda secara merata. Diamkan selama 15 menit, setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

12. Pisang dan Madu

Sediakan pisang ambon sebanyak 1 buah. Kemudian kupas kulitnya. Lalu anda bisa menghancurkannya hingga halus. Tambahkan madu sebanyak 1 sendok teh dan aduk hingga merata. Aplikasikan masker ini pada seluruh wajah anda dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah, anda bisa membilasnya menggunakan air dingin.

13. Kosultasi Pada Dokter Spesialis Kulit

Untuk mendapatkan kulit putih dan sehat dengan cepat, anda bisa berkonsultasi pada dokter spesialis kulit tentang cara apa yang baik untuk digunakan sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki.

Itulah beberapa cara mencerahkan wajah kusam dan berminyak kurang dari 1 minggu secara alami. Semoga bermanfaat.