11 Ciri Kosmetik Mengandung Merkuri dan Hidroquinon

Semua wanita di dunia tentunya selalu melakukan berbagai cara untuk mempercantik tampilan mereka sehingga terlihat lebih bersih, kulit yang lebih kencang, bersinar dan awet muda sehingga selalu mencoba segala hal seperti menggunakan berbagai kosmetik yang menjanjikan bisa memberikan tampilan kulit yang sempurna. Namun, masih banyak yang belum mengetahui jika dalam beberapa produk kosmetik juga mengandung bahan kimia berbahaya yang merusak kulit seperti merkuri dan hidroquinon. Merkuri sendiri merupakan jenis logam dari alam yang berguna untuk bahan pemutih wajah berbahaya dalam waktu cepat namun efeknya bisa diserap ke dalam darah dan mengganggu sistem saraf, gangguan otak, gangguan emosi, gagal ginjal, kanker dan cacat pada janin. Sedangkan hidroquinon merupakan obat yang berfungsi untuk menghambat produksi pigmen pada kulit sehingga tampilan kulit terlihat lebih putih sekaligus menghilangkan flek hitam yang bisa menimbulkan efek samping sensasi terbakar, kesemutan, radang, iritasi dan kering pada kulit. Supaya semua kosmetik yang anda beli selalu aman dan terbebas dari berbagai zat berbahaya tersebut, berikut ini akan kami berikan beberapa ciri kosmetik mengandung merkuri dan hidroquinon selengkapnya.

  1. Bau Terlalu Menyengat

Kosmetik yang mengandung merkuri dan juga hidroquinon khususnya dalam bentuk cream akan mengeluarkan bau yang terlalu menyengat. Untuk mengatasi bau tersebut, sebagian produsen tidak bertanggung jawab menutupinya dengan parfum yang lebih banyak sehingga bau logam berbahaya tersebut bisa tersamarkan.

  1. Tekstur dan Warna Terang

Jika pada umumnya kosmetik yang aman memiliki warna yang soft dan tidak terlalu mencolok, hal ini berbanding terbalik jika dalam kosmetik tersebut mengandung merkuri dan hidroquinon. Kosmetik yang berbahaya umumnya memiliki warna lebih terang karena pewarna yang digunakan merupakan pewarna tekstil seperti krim pemutih baju dan juga warna kuning seperti contohnya bedak untuk memutihkan wajah yang berwarna putih mengkilat.

  1. Hasil Terlihat Terlalu Cepat

Merkuri dan hidroquinon memang merupakan bahan kimia yang bisa memberikan hasil kulit terlihat kencang, tips membuat kulit putih dan bebas flek hitam dalam waktu sangat cepat dibandingkan produk yang tidak menggunakan kedua bahan ini. Bahkan, hasil yang diinginkan sudah bisa terlihat hanya dalam waktu 4 hari atau kurang dari 2 minggu yang menjadi salah satu ciri kosmetik mengandung 2 bahan berbahaya ini.

  1. Timbul Iritasi Kulit

Tanda berikutnya dari kosmetik yang mengandung merkuri dan hidroquinon adalah kulit lebih mudah iritasi, terasa gatal, penyebab kulit tangan mengelupas dan timbul sensasi terbakar saat terkena sinar matahari. Sedangkan dalam kosmetik yang aman sudah mengandung SPF sehingga tidak menyebabkan iritasi saat digunakan pada siang hari.

  1. Kulit Terlihat Putih Pucat

ciri berikutnya dari kosmetik yang mengandung 2 bahan berbahaya ini adalah kulit lebih terlihat putih pucat dan juga memberikan efek ketergantungan sehingga jika tidak digunakan dalam beberapa waktu, maka bisa menjadi penyebab wajah kusam kembali. Kulit yang seharusnya terlihat putih merona akan tampak terlalu pucat jika menggunakan kosmetik berbahaya tersebut dan dalam pemakaian jangka panjang akan menimbulkan warna kemerahan, bintik hitam dan berbagai masalah kulit lainnya.

  1. Tidak Memiliki Izin BPOM

Merkuri dan juga hidroquinon adalah beberapa jenis bahan kimia yang dilarang sehingga untuk melihat apakah kosmetik yang anda gunakan mengandung 2 bahan berbahaya ini bisa dilihat dari tidak adanya nomor izin BPOM atau tidak terdaftar dalam lembaga kesehatan yang bisa dilihat dalam situs resmi BPOM.

  1. Tidak Timbul Jerawat

Jerawat sebenarnya merupakan hal normal yang terjadi pada kulit sebagai indikator kadar protein dalam kulit sekaligus sebagai pengingat apabila kita tidak rutin membersihkan wajah sehingga penyebab wajah berminyak dan berjerawat akhirnya muncul. Namun saat menggunakan kosmetik berbahan merkuri dan hidroquinon, maka jerawat akan lenyap dan tidak timbul kembali sebab protein pada kulit sudah berubah bahkan hilang sama sekali.

  1. Pori Pori Halus dan Mengecil

Pori pori yang terlihat halus dan mengecil sebenarnya disebabkan karena lapisan kulit paling luar sudah menjadi sangat tipis karena terus terpapar oleh logam berbahaya seperti merkuri dan hidroquinon sehingga jika dilihat sekilas maka pori pori terlihat mengecil dan halus. Untuk cara mengetes kosmetik berbahaya yang mengandung kedua bahan ini dirasakan ketika berada dibawah terik matahari, maka kulit akan terasa seperti terbakar karena hilangnya perlindungan terhadap melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

  1. Flek Hitam Hilang Secara Cepat

Bahan berbahaya khususnya hidroquinon berfungsi untuk menghambat pigmen pada kulit sehingga tampilan kulit bisa terlihat lebih putih dan flek hitam bisa tersamarkan dalam waktu yang sangat cepat. Proses bahan ini untuk cara menghilangkan flek hitam di hidung bahkan hingga mendekati warna alami pada kulit. Jika flek dan noda hitam pada wajah anda hilang terlalu cepat sesudah menggunakan sebuah produk, maka bisa dipastikan produk tersebut mengandung merkuri dan juga hidroquinon.

  1. Harus Disimpan Dalam Kulkas

Kosmetik yang aman dan hanya menggunakan bahan bahan alami tidak akan menggunakan aturan penyimpanan seperti harus disimpan dalam lemari es atau kulkas. Namun jika dalam kemasan kosmetik terdapat anjuran untuk menyimpan kosmetik tersebut dalam kulkas, maka kosmetik tersebut tentunya mengandung merkuri dan hidroquinon sebab kosmetik tersebut akan lebih mudah teriksidasi saat terkena suhu ruangan atau panas.

  1. Kemasan terlihat Tidak Rapi

Hal lain yang menandakan jika kosmetik mengandung merkuri dan hidroquinon adalah kemasan yang terlihat asal, tidak profesional dan tidak rapi. Selain itu, dalam kemasan umumnya juga tidak dicantumkan komposisi, tanggal expired dan juga bahkan tidak terdapat logo produksi.

Ciri kosmetik mengandung merkuri dan hidroquinon sebenarnya bisa terdeteksi secara mudah seperti dari teksturnya, kemasan yang terlihat tidak baik dan tentunya tidak mendapat izin pengedaran. Jika anda memiliki kosmetik dengan ciri ciri diatas, maka segera hentikan pemakaian dan buang kosmetik tersebut sebelum bahaya make up palsu merusak kulit anda secara permanen.