25 Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami dan Ampuh

Tubuh aktif dan berkeringat kerap menimbulkan aroma tidak sedap yang berasal dari ketiak. Selain diri sendiri menjadi tak nyaman, orang lain yang ada di sekitar kita pun akan ikut kena getahnya. Anda bisa mencari cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang paling ampuh untuk mengatasi masalah bau ketiak yang mengganggu.

(Baca juga: cara menghilangkan bulu ketiak secara alami)

1. Bubuk Cendana

Mungkin Anda sudah tahu betapa aroma bubuk cendana begitu menyenangkan dan membuat rileks. Aroma inilah yang bisa Anda andalkan ketika digunakan untuk cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Anda bisa memanfaatkan bubuk ini dengan meramunya seperti bentuk pasta.

  • Caranya: Sediakan bubuk cendana secukupnya saja yang kiranya cukup untuk diaplikasikan ke dua sisi ketiak Anda. Jangan lupa juga campurkan dengan air secukupnya juga untuk menciptakan bentuk pasta. Campurlah dengan baik sebelum kemudian Anda aplikasikan ke bawah ketiak Anda, tunggulah hingga mengering dengan sendirinya. Setelah benar-benar kering, baru siapkan air bersih untuk membasuh bagian ketiak hingga bersih dari sisa pasta bubuk cendana.

2. Cuka Sari Apel

Kalau biasanya cuka sari apel adalah bahan alami yang mampu menjauhkan tubuh dari segala penyakit kronis, kali ini Anda bisa menggunakannya sebagai pengusir bau ketiak. Tak banyak yang tahu bahwa cuka sari apel mampu menjadi pengganti deodoran dengan sifat antibakterinya.

  • Caranya: Sediakan sebuah wadah berupa mangkok untuk menuangkan secukupnya cuka sari apel. Setelah itu, siapkan pula bola kapas yang bisa Anda celupkan ke larutan cuka sari apel tersebut. Gunakan kapas yang sudah basah untuk dioles ke bagian ketiak Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi pH kulit sehingga otomatis bau ketiak tak sedap pun akan memudar.

(Baca juga: manfaat cuka untuk rambut)

3. Sage

Sage juga dapat diandalkan tak hanya sebagai cara alami menghilangkan bau badan, tapi juga bau ketiak. Solusi herbal satu ini akan menjadi salah satu cara ampuh dalam mengatasi bau tak sedap yang berasal dari ketiak Anda. Bahkan sage pun memiliki kemampuan mengendalikan keringat berlebih. Keringat yang keluar secara berlebih pun dapat menjadi faktor pemicu bau ketiak, jadi sage ini boleh dicoba untuk mengurangi produksi keringat maupun bau tak sedap di ketiak.

  • Caranya: Cukup dengan menyediakan teh sage, lalu Anda bisa mencelupkan bola kapas ke dalam larutan teh ini. Kapas inilah yang bisa Anda oles ke bagian ketiak Anda secara rutin. Tunggulah dulu dengan sabar selama beberapa waktu sampai area tersebut mengering, ulangi proses tadi, lalu Anda bisa membasuh ketiak dengan air bersih. Cara ini cukup ampuh bila Anda menggunakannya secara rutin, jadi silakan membuktikannya sendiri, bahkan untuk mencegah bau datang kembali.

4. Minyak Peppermint

Minyak jenis ini sudah banyak digunakan sebagai penghilang bau badan yang disebabkan oleh bakteri. Bila Anda ingin menggunakan bahan alami yang ampuh dan sederhana, minyak peppermint dapat menjadi pilihan.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak peppermint dan tuang ke tangan Anda. Kemudian Anda bisa menggosok-gosokkannya secara perlahan ke area ketiak. Anda bisa melakukannya sebelum atau sesudah mandi.
  • Alternatif: Gunakan sebuah spray atau botol semprot yang bisa diisi dengan beberapa tetes minyak peppermint dan air secukupnya. Campuran solusi ini bisa diisikan di dalam botol untuk kemudian dijadikan sebagai deodoran alami. Memakainya secara rutin akan memberikan hasil seperti yang diinginkan.

(Baca juga: manfaat menthol untuk wajah)

5. Minyak Pohon Teh

Selain minyak peppermint, tak salah bila Anda memilih minyak pohon teh atau tea tree oil untuk dijadikan obat bau ketiak alami. Menggunakan minyak yang berkandungan sifat antibakteri ini akan membantu Anda mengusir bakteri pemicu bau tak sedap pada kedua area ketiak Anda.

  • Caranya: Tidak sulit untuk mengggunaknnya karena Anda hanya perlu mencampurkan minyak pohon teh 2 tetes saja ke dalam secangkir air. Setelah dicampur rata, Anda bisa menuangnya ke botol semprot. Selanjutnya, gunakan rutin sebagai deodoran alami supaya bau bisa hilang dan dicegah untuk muncul kembali dengan mudah. Meski dapat dioles langsung, lebih baik minyak ini dicampur dengan air.

6. Minyak Lavender

Seperti yang kita tahu, minyak lavender banyak digunakan sebagai solusi beberapa masalah kulit, namun ternyata minyak ini juga berguna dalam mengusir bau ketiak.

  • Caranya: Cara paling sederhana adalah menerapkan beberapa tetes minyak ini secara langsung ke ketiak. Namun Anda juga bisa menjadikannya deodoran spray di mana minyak lavender dicampurkan bersama air dan dimasukkan ke dalam botol semprot. Setelah dikocok, Anda bisa menyemprotkannya ke bagian ketiak untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut.

Karena beberapa orang kemungkinan memiliki alergi terhadap bahan satu ini, lebih disarankan untuk mengetesnya lebih dulu. Oles sedikit ke bagian ketiak untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi.

(Baca juga: tips agar kulit menjadi putih secara alami)

7. Air Mawar

Bunga yang cantik dan dipuja banyak wanita ini ternyata sangat berguna untuk menjadi penghilang masalah bau ketiak. Obat mujarab ini sangat mudah digunakan dan akan sangat bermanfaat karena aromanya yang harum.

  • Caranya: Ambil bunga mawar yang kemudian Anda campur bersama dengan air biasa. Setelah itu, jangan lupa memerasnya; air mawar itulah yang Anda butuhkan untuk dioles ke area ketiak atau bawah lengan. Karena dapat menjadi cara merawat kulit sensitif, maka bagi Anda yang berkulit sensitif tak akan perlu khawatir. Lakukan rutin akan perawatan ini hingga bau ketiak hilang secara berangsur.

8. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bukan hanya menjadi bahan alami ampuh bagi penderita penyakit batuk. Bahkan jeruk nipis tidak hanya bisa dijadikan pemerah bibir alami. Kandungan pada jeruk nipis ini mampu membasmi bakteri yang membuat ketiak berbau tak sedap dan menaikkan pH kulit.

  • Caranya: Sediakan jeruk nipis secukupnya, potong-potong, lalu gosokkan ke bagian ketiak Anda. Setelah mengering sendiri, barulah Anda menggunakan air biasa untuk membilasnya.
  • Alternatif: Silakan coba untuk mencampurnya bersama dengan daun sirih. Larutan tersebut lalu Anda oles ke area ketiak yang memunculkan aroma tidak enak. Tunggulah beberapa waktu sebelum kemudian Anda bisa membilas menggunakan air bersih.

(Baca juga: manfaat jeruk lemon untuk wajah)

9. Lemon

Lemon dengan sifat asamnya diketahui dapat membasmi bakteri yang menyebabkan aroma tak sedap pada ketiak Anda. Karena lemon pun menawarkan fungsi sebagai pengubah tingkat pH kulit, maka ada keuntungan lebih yang bisa didapat.

  • Caranya: Sediakan buah lemon secukupnya untuk Anda iris-iris, lalu irisannya bisa Anda gosokkan perlahan ke bagian ketiak. Selama 15 menit, tunggu hingga mengering sendiri, lalu bilaslah menggunakan air bersih.
  • Alternatif: Bila ingin menggunakan cara lainnya, silakan siapkan buah lemon segar yang kemudian dapat Anda peras, lalu perasannya langsung diterapkan ke bagian ketiak. Kabar baiknya, karena lemon adalah salah satu pencerah kulit alami, maka kulit ketiak Anda yang gelap pun dapat lebih putih.

10. Tomat

Bila Anda mengetahui bahwa tomat adalah termasuk di dalam bahan terbaik untuk menghilangkan jerawat, ternyata tomat berfungsi lebih dari itu. Bau ketiak Anda yang mengganggu pun dapat disembuhkan secara alami menggunakan tomat.

  • Caranya: Sediakan tomat 1-2 buah saja yang kemudian bisa Anda lumatkan hingga teksturnya seperti pasta atau bubur. Larutan tersebut bisa Anda oleskan merata ke ketiak Anda dan tunggulah sekitar 15 menit sebelum memakai air bersih untuk membilasnya. Melakukannya selama beberapa minggu adalah yang terbaik karena Anda akan mampu merasakan dan membuktikan sendiri akan hasilnya di mana bau ketiak akan berkurang lalu lama-lama hilang sendiri.

(Baca juga: manfaat teh untuk wajah)

11. Teh Hitam

Selain untuk kesehatan, teh hitam juga baik untuk dijadikan penghilang bau ketiak tak sedap. Dengan asam tannic-nya, bakteri yang bersarang di ketiak dan menjadikannya beraroma buruk bisa terbasmi secara ampuh. Bahkan pori-pori kulit juga akan tertutup dengan baik oleh teh hitam ini, serta produksi keringat juga dijamin menurun.

  • Caranya: Sediakan sebuah kantong teh hitam yang bisa Anda rebus bersama segelas air. Ambil bola kapas yang Anda perlu celup lebih dulu ke larutan teh hitam tersebut, dan oleskan kapas basah ini ke kedua ketiak Anda. Sesudah lewat 15-20 menit, gunakan air bersih untuk membilasnya. Solusi ini bisa dilakukan setiap hari supaya hasilnya dapat dirasakan.

12. Baking Soda

Keunggulan baking soda tak hanya sebagai cara menghilangkan belang di wajah atau sebagai cara merawat kulit tubuh agar lebih mulus. Baking soda pun mampu membuat bau ketiak hilang secara alami dengan mengambil sedikit waktu untuk meramunya.

  • Caranya: Campurkanlah sesendok makan jus lemon dengan sesendok makan baking soda. Sesudah merata, Anda dapat mengaplikasikannya langsung ke area ketiak Anda dan menunggunya untuk beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air bersih dengan membasuhnya.
  • Alternatif: Anda bisa membuat adonan pasta dari baking soda dan juga sedikit air. Campuran keduanya ini dapat menjadi ramuan yang Anda aplikasikan ke area ketiak setelah mandi. Untuk merasakan aroma berbeda dan juga menghindari bau tak sedap, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh. Cobalah cara ini selama beberapa hari dan lakukan setiap hari agar hasilnya dapat dirasakan dan dibuktikan sendiri.

(Baca juga: cara menghilangkan tahi lalat)

13. Rumput Gandum atau Wheatgrass

Pada wheatgrass atau rumput gandum, ada kandungan klorofil yang baik untuk bisa menghindarkan Anda dari bau tak sedap yang berasal dari ketiak. Bahan ini sangat efektif dalam menghilangkan bau tersebut dengan menjadikannya jus secara sederhana.

  • Caranya: Sediakan wheatgrass secukupnya untuk Anda rendam di dalam air yang kemudian solusi ini bisa diminum setiap pagi. Jadi, ini adalah salah satu cara dari dalam untuk menghilangkan bau ketiak yang mengganggu.
  • Alternatif: Buatlah jus wheatgrass dengan cara menambahkan jus wheatgrass sebanyak 2 sendok makan ke ¾ cangkir air. Campurkan dengan mengaduknya rata, lalu minumlah secara teratur, yaitu setiap hari. Anda dapat menambah takaran jus seiring berjalannya waktu.

Namun, karena rasanya yang kuat seseorang yang mengonsumsi jus wheatgrass berpotensi mengalami mual ketika meminumnya pertama kali. Jadi bila ini terjadi pada Anda, hal tersebut adalah suatu kondisi yang wajar dan tetap bisa melanjutkan konsumsi.

14. Peterseli

Sifat penghilang bau alami ada pada bahan ini juga, jadi selain bisa menyedapkan masakan Anda, rupanya peterseli berkhasiat untuk hal lain, yaitu menghilangkan bau tak sedap dari ketiak.

  • Caranya: Silakan potong-potong peterseli yang sudah Anda sediakan, lalu tambahkan potongan-potongan ini ke air mendidih sebanyak 1 cangkir saja. Rebus kira-kira 5 menit lalu saringlah lebih dulu sebelum didinginkan dan diminum. Jadi, ini adalah obat dalam yang akan mengatasi masalah bau ketiak lebih efektif.
  • Alternatif: Kunyahlah beberapa peterseli yang segar, hal ini juga bisa mengatasi masalah bau ketiak dari dalam. Melakukannya sesering dan serutin mungkin akan sangat menolong. Bila tak ingin repot, cara mengunyah ini adalah yang paling sederhana untuk Anda coba.

15. Alkohol

Tak banyak yang tahu juga bahwa alkohol mampu memberantas bau tak sedap di badan Anda, terutama yang berasal dari area ketiak.

  • Caranya: Sangat mudah, cukup dengan mengambil sedikit alkohol, lalu gosokkan ke area ketiak Anda. Tujuan dari pemakaian ini adalah untuk menutup pori-pori. Cara kerja dari alkohol cukup cepat dan mampu mengurangi bau secara efektif. Anda juga bisa menuang alkohol di dalam secangkir air lalu Anda pakai untuk membasuh bagian ketiak secara rutin.

(Baca juga: manfaat alkohol untuk rambut)

Tips Lainnya untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Selain dari 15 cara tersebut, masih ada daftar cara lain yang bisa Anda pertimbangkan dan bahkan coba sendiri dengan mudah di rumah, yaitu:

  1. Memakai Lobak. Bau ketiak ternyata juga bisa diatasi dengan lobak, hanya dengan memanfaatkan bagian jusnya saja dan ditambah sedikit gliserin. Disimpan di lemari es akan jauh lebih baik dan Anda bisa mengocoknya lebih dulu sebelum disemprotkan ke ketiak.
  2. Memakai Hidrogen Peroksida. Sesendok teh hidrogen peroksidan yang dicampur ke setengah cangkir air adalah larutan alami yang bila diaduk rata bisa menjadi solusi bagi bau ketiak Anda.
  3. Menggunakan Alum. Sebagai deodoran yang alami, alum juga bisa menjadi solusi terbaik hanya dengan menuangkan air secukupnya ke selembar alum. Gosokkan langsung ke ketiak secara rutin dan biarkan mengering sendiri.
  4. Memakai Selada. Selain nikmat dikonsumsi ketika makan burger atau sandwich, selada bisa digosokkan ke ketiak untuk menghilangkan baunya yang tak sedap. Menerapkan setiap sesudah mandi lebih dianjurkan.
  5. Menggunakan Daun Kenari. Bila Anda ingin cara lainnya lagi, daun kenari pun bisa Anda hancurkan lalu campur bersama kayu putih untuk dijadikan pasta dan diterapkan ke ketiak.
  6. Memakai Rosemary. Bahan herbal ini berkandungan antibakteri dan Anda bisa mengambil minyaknya untuk dicampur bersama air lalu diterapkan ke ketiak Anda secara rutin.
  7. Menggunakan Witch Hazel. Sebagai pensteril alami, witch hazel ini merupakan cara sederhana untuk menyingkirkan bau ketiak yang bisa juga Anda coba di rumah.
  8. Banyak Minum Air Putih. Minum air putih tak hanya bisa menjadi cara merawat wajah agar tidak kusam. Minum 8-10 gelas air putih ternyata bisa mendukung produksi keringat sehat yang tidak berbau.
  9. Tidak Menggunakan Alat Cukur. Ketika bulu ketiak dicukur, bakteri yang menyebabkan bau ternyata akan lebih mudah berkembang.
  10. Menggunakan Pakaian Bersih. Aroma ketiak yang berbau bisa juga dikarenakan bakteri dari pakaian yang kurang pas. Pakaian bersih yang terbuat dari katun akan jauh lebih baik supaya kulit mampu bernapas.

(Baca juga: cara memutihkan badan secara alami)

Itulah cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang dapat Anda praktikkan. Melakukan perawatan secara lebih teratur dan disiplin akan membuat hasilnya jauh lebih maksimal.