Bolehkah Memakai Masker Kentang Setiap Hari Untuk Perawatan Wajah?

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat kentang? Kentang menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan, kentang juga baik untuk kecantikan. Kentang memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan, khususnya untuk kulit. Selain dikonsumsi langsung untuk mendapatkan manfaatnya, kentang juga bisa dijadikan sebagai masker wajah.

Masker wajah dari kentang  termasuk perawatan alami. Beberapa masalah wajah akan dapat anda atasi dengan menggunakan masker kentang. Lantas apa saja manfaat masker kentang untuk wajah? Nah, untuk  mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini.

Manfaat Kentang Untuk Wajah

Berikut ini manfaat kentang yang dipercaya baik untuk kesehatan kulit wajah.

1. Mencegah Penuaan Dini

Kentang dapat membantu anda sebagai tips mencegah penuaan dini atau cara mencegah penuaan dini. Kerutan pada wajah  akan hilang dengan perawatan menggunkan masker kentang. Selain menghilangkan kerutan pada wajah, kentang juga dapat menjadikan kulit lebih lembut.

2. Membantu Mengatasi Jerawat

Kentang mengandung mineral yang memiliki peran sebagai antibiotik, sehingga kentang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan jerawat. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam kentang juga memiliki peran sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah kerusakan sel.

3. Membuat Wajah Cerah

Vitamin C selain sebagai antioksidan juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Anda bisa mencerahkan wajah dengan memanfaatkan kentang.

4. Menyamarkan Noda Hitam

Bintik hitam pada wajah dapat disamarkan dengan perawatan menggunakan kentang. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil  yang maksimal agar cara menghilangkan noda hitam di wajah berhasil.

5. Mengatasi Kulit Wajah Kering

Di dalam kentang terdapat mineral yang dapat membantu sebagai cara mengatasi kulit wajah kering. Cobalah gunakan kentang untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah.

Cara Membuat Masker Kentang

Di bawah ini beberapa cara membuat masker kentang tanpa campuran dan dengan campuran bahan-bahan lainnya.

1. Masker Kentang

Berikut cara membuat masker kentang tanpa campuran bahan-bahan apapun.

  • Siapkan kentang secukupnya. Lalu kupas dan bersihkan.
  • Setelah itu, hancurkan  kentang sampai benar-benar halus.
  • Kemudian anda bisa menggunakannya.

2. Masker Kentang dan Putih Telur

Kentang dan putih telur bisa dikombinasikan untuk hasil yang lebih  efektif. Masker ini dapat membantu mengatasi komedo dan jerawat.

  • Hancurkan kentang dengan cara diblender atau diparut.
  • Kemudian campurkan parutan kentang dan putih telur. Aduk sampai merata.
  • Jika sudah, anda bisa langsung menggunakannya.

3. Masker Kentang dan Madu

Bagi anda yang memiliki jenis kulit wajah kering serta  kusam, masker  ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

  • Hancurkan satu buah kentang. Lalu tambahkan madu sebanyak 2-3 sdm.
  • Campurkan kedua bahan ini dan aduk hingga merata.
  • Lalu anda bisa menggunakannya.

Bolehkah Memakai Masker Kentang Setiap Hari?

Melihat baiknya manfaat masker kentang untuk  wajah, lantas bolehkah memakai masker kentang setiap hari?  Seperti yang kita ketahui, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik, termasuk menggunakan masker.  Memakai masker pada umumnya  hanya boleh dilakukan beberapa kali  dalam seminggu untuk menghindari efek samping yang akan terjadi. Jika anda memakai masker kentang secara berlebihan atau setiap hari, ditakutkan efek samping akan anda dapatkan. Beberapa efek samping yang mungkin kan anda dapatkan yaitu iritasi, kulit kemerahan, munculnya jerawat dan lain sebagainya. Pastikan gunakan masker kentang sesuai kebutuhan. Meskipun terbuat dari bahan alami, tidak menutup kemungkinan masker ini akan memberikan dampak negatif  untuk wajah anda jika digunakan berlebihan, apalagi jika anda memiliki jenis kulit sensitif.

Itulah beberapa manfaat kentang, cara membuat masker kentang dan penjelasan mengenai bolehkah memakai masker kentang setiap hari. Semoga bermanfaat.