14 Cara Memakai Bedak Agar Taha Lama dan Tidak Luntur Untuk Kulit Berminyak

Kulit memiliki bermacam-macam jenis yakni kulit kering, kulit normal, kulit berminyak dan lain sebagainya. Untuk wanita yang memiliki kulit normal tentu tidak akan mengalami kendala saat mengaplikasikan make up, khususnya bedak. Sebab bedak akan melekat dengan sempurna dan tahan lama. Hanya  saja untuk jenis kulit kering dan berminyak, bedak mungkin tidak akan tahan lama.

Oleh karena itu, untuk anda pemilk kulit berminyak anda harus tahu cara memakai bedak agar tahan lama dan tidak mudah luntur untuk kulit berminyak. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Pilih Jenis Bedak

Selain harus mengetahui  cara memilih bedak  untuk kulit sawo matang, penting juga mengetahui cara memilih bedak  untuk jenis kulit yang anda miliki. Jika anda memiliki jenis kulit yang  berminyak, maka pilihlah bedak untuk kulit berminyak

2. Pilih Bedak yang Dapat Menyerap Minyak

Agar bedak yang anda gunakan dapat tahan lama, maka sebaiknnya pilihlah bedak yang dapat menyerap minyak. Selain mampu menyerap minyak yang berlebih pada wajah,  bedak penyerap minyak juga dapat mencegah munculnya komedo. Pilihlah bedak dengan sifat oil absorber dan non-comedogenic.

3. Eksfoliasi Sel Kulit Mati

Agar keadaan wajah anda prima, anda harus melakukan scrubbing. Lakukan scurbbing paling tidak selama tiga kali dalam seminggu untuk mengangkat sel kulit mati.

4. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum anda mengaplikasikan make up, maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu wajah anda sampai bersih. Ini merupakan langkah awal sebelum anda menggunakan make up yang penting dilakukan.

5. Gunakan Pelembab Wajah

Setelah anda selesai membersihkan  wajah, pakailah pelembab wajah. Sesuai dengan jenis kulit anda, gunakanlah pelembab untuk kulit berminyak. Setelahh menggunakan pelembab, diamkan terlebih dahulu kurang lebih selama 5 menit.

6. Gunakan Sunblock

Setelah pelembab terserap dengan sempurna pada wajah anda, langkan selanjutnya yaitu memakai sunblock. Sunblock akan melindungi kulit anda dari bahaya sinar matahari yang akan merusak kulit. Pilihlah sunblock yang tepat sesuai dengan jenis kulit.

7. Gunakan Foundation

Setelah suncblock, baru anda aplikasikan foundation atau alas bedak. Pilihlah foundation sesuai dengan warna kulit anda dan pilih juga yang cocok dengan jenis kulit anda, jika kulit anda berminyak maka pilihlah foundation atau alas bedak untuk kulit berminyak. Aplikasikan foundation pada wajah dengan baik dan benar. Pastikan anda menggunakan foundation dengan rata pada wajah dan leher.

8. Setting Powder

Cara memakai bedak agar tahan lama selanjutnya yaitu dengan melakukan setting powder. Tips ini biasanya sering dilewatkan  oleh kebanyakan wanita. Setting powder itu sendiri sangat penting saat mengaplikasikan make up, terlebih lagi bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak. Setting powder bermanfaat untuk mem-bake make up yang digunakan agar tidak mudah luntur akibat minyak pada wajah. Selain itu, setting powder juga akan membuat make up yang anda aplikasikan tahan lama. Agar hasilnya maksimal, penting menggunakan setting powder untuk jenis kulit berminyak.

9. Loose Powder

Untuk anda yang memiliki jenis  kulit berminyak, maka disarankan untuk menggunakan bedak tabur. Bedak  ini memiliki bentuk serbuk  halus. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan spons berukuran besar. Selain spons, anda  juga bisa menggunakan kuas. Aplikasikan bedak tabur merata pada wajah anda.

10. Pressed Powder

Untuk bedak yang satu ini sebenarnya dibutuhkan hanya untuk jaga-jaga saja jika saat anda bepergian wajah anda breakout. Sebab membawa bedak tabur saat hendak bepergian tentunya sangat merepotkan, sebab bedak tabur sering tumpah-tumpah, berbeda halnya dengan bedak padat.

11. Jangan Gunakan Bedak Berlebihan

Jangan berpikir agar bedak tahan lama maka anda menggunakan bedak dengan berlebihan. Justru menggunakan bedak berlebihan pada wajah akan merangsang pori-pori kulit menghasilkan minyak yang berlebih.

12. Makeup Setting Spray

Setelah mengaplikasikan bedak, agar hasilnya tahan lama dan tidak mudah luntur maka anda perlu menggunakan setting spray. Meskipun sering diabaikan, penggunaan benda ini sangat penting dilakukan. Setting spray berfungsi untuk menjaga wajah anda agar tetap matte dan make  up akan  tahan lama.

13. Lakukan Touch Up yang Tepat

Touch up itu sendiri berfungsi untuk menyegarkan kembali wajah anda yang sudah kusam. Lakukan touch up yang baik dan benar untuk menyegarkan kembali riasan anda. Jangan touch up make up anda dengan berlebihan.

14. Blotting Paper

Blotting paper merupakan benda wajib  yang  harus dimiliki untuk anda pemilik kulit wajah berminyak. Saat minyak pada wajah tidak dapat lagi terkontrol, anda bisa menggunakan kertas minyak ini.

Itulah cara memakai bedak agar tahan lama dan tidak luntur untuk kulit berminyak. Kini riasan anda akan tetap cantik selama seharian dengan melakukan cara di atas. Pilih juga produk perawatan wajah berminyak agar bisa meminimalkan minyak pada wajah anda.  Semoga bermanfaat.