6 Tips Memilih Gamis Untuk Orang Gemuk yang Nyaman

Gamis sudah menjadi bagian dari fashion para wanita muslim yang sedang naik daun sekarang ini. Jika dulu para wanita merasa ketinggalan zaman dengan memakai gamis, maka sekarang yang terjadi sebaliknya. Banyak model dan corak gamis terkini di pasaran sebagai efek dari boomingnya penampilan syari wanita muslim. Trend ini membuat para wanita semakin tergiur dan tidak lagi malu untuk memakai gamis sebagai identitas wanita muslim yang fashionable, sekaligus juga untuk menutup aurat dengan benar.

Baju gamis di Indonesia mengalami penyesuaian dari segi model, warna dan bahan berkat iklim disini yang cukup panas saat kemarau dan dingin saat musim hujan. Para wanita yang mengenakan gamis tentu saja ingin tampak sempurna dan cantik, tetapi tidak semua model gamis cocok untuk dikenakan setiap wanita terutama yang bertubuh gemuk karena bisa membuat penampilannya terlihat semakin besar. Karena itu, memilih baju gamis untuk wanita yang berukuran ekstra memang membutuhkan sedikit ketelitian dan kecermatan agar bisa mendapatkan penampilan yang sempurna. Berikut ini adalah beberapa tips memilih gamis untuk orang gemuk.

1. Memilih Motif

Ketika menerapkan tips memilih gamis untuk orang gemuk, Anda perlu memperhatikan motifnya. Hindari motif berukuran besar dan garis lebar. Pilih garis tipis dan motif kecil dengan bentuk vertikal. Bentuk horizontal akan membuat badan akan terlihat semakin lebar dengan garis – garis yang menyamping, maka sebaiknya tidak digunakan. Hindari juga motif yang ramai dan penuh untuk pilihan gamis, misalnya motif bunga – bunga besar atau motif geometris besar. Memadukan warna – warna yang gelap dan bahan kain yang dingin juga bisa dilakukan. Misalnya, memilih bahan katun atau wol dengan warna hitam, biru tua, zaitun, ungu tua, abu – abu, plum, dan warna gelap lainnya. Pemilihan motif juga berguna dalam cara memakai rok lilit dengan nyaman agar tubuh tidak terlihat besar ketika mengenakan rok tersebut.

2. Memilih Warna

Warna juga merupakan tips memilih gamis untuk orang gemuk berikutnya yang perlu diperhatikan. Memilih warna gamis terlalu cerah bisa membuat tubuh terlihat semakin besar. Usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak warna ketika berpakaian, gunakan maksimal sebanyak dua warna saja. Terlalu banyak warna bisa membuat Anda terlihat lebih pendek dan lebar, maka sebaiknya kenakan busana dalam satu gradasi warna saja. Anda tetap dapat menggunakan warna terang, tetapi pilih yang berwarna lembut seperti warna – warna pastel dan warna yang cenderung gelap. Anda juga bisa mengenakan atasan berwarna cerah dan bawahan yang berwarna gelap.

3. Memilih Aksesori

Aksesori juga perlu mendapatkan perhatian dalam tips memilih gamis untuk orang gemuk yang tepat. Hindari menggunakan aksesoris yang besar, bertumpuk dan terlalu banyak karena akan membuat Anda tampak penuh dan besar juga. Pilihlah kalung dengan model yang tidak tebal dan tidak bersusun, pilih yang menjuntai ke bawah untuk memberi ruang pada leher. Jangan menggunakan cincin terlalu banyak juga untuk menghindari kesan jari yang gemuk dan pendek terutama jika cincin Anda berukuran besar – besar. Aksesori juga dapat menjadi salah satu tips agar awet muda jika Anda memilihnya dengan tepat.

4. Memilih Desain

Pemilihan desain baju yang tepat juga sangat mempengaruhi bentuk tubuh. Bagi Anda  yang bertubuh besar atau gemuk, usahakan memilih desain gamis yang minimalis dan simpel. Jangan memilih gamis dengan model bertumpuk, berkerut atau memiliki banyak lipatan dan renda. Pilih dress panjang tanpa layer atau dengan bahan yang jatuh, memiliki belahan di bagian bawah, berbentuk A line, atau memiliki ikat pinggang. Perpaduan busana yang tepat bisa menjadi rahasia awet muda wanita umur 40 tahun dan cara menjaga penampilan diri wanita.

5. Memilih Bahan Gamis

Memilih kain untuk gamis Anda juga merupakan tips memilih gamis untuk orang gemuk yang penting untuk diperhatikan. Hindari memakai bahan kain yang kasar dan tebal karena akan membuat Anda tampak semakin besar. Pilih gamis dengan bahan yang ringan, menjuntai dan menyerap keringat seperti kaus, satin dan sifon. Hindari bahan yang melekat pada tubuh atau ketat yang akan membuat lekuk tubuh Anda terlihat, juga bahan yang mengkilap dan bertekstur. Warna mengkilap akan membuat bagian tubuh terlihat semakin besar, sementara tekstur kain akan menambah berat pada baju.

6. Memilih Hijab

Kerudung menjadi bagian tidak kalah penting dalam tips memilih gamis untuk orang gemuk, sebab kebanyakan wanita muslim menggunakan gamis dengan kerudung. Seperti juga pemilihan motif pada gamis, usahakan untuk memilih motif yang sederhana bagi kerudung Anda, dan warna – warna yang tidak terlalu mencolok agar tidak membuat wajah terlihat besar serta pipi tembam. Pilih juga bahan yang menyerap keringat dan tidak licin sehingga mudah diatur dan nyaman dipakai. Lakukan juga cara agar rambut tidak keluar saat memakai jilbab dan cara merawat rambut berjilbab.

Memiliki tubuh langsing tentu saja menjadi impian setiap wanita. Tetapi tidak semua wanita beruntung bisa tetap langsing selamanya. Karena itu, pemilik tubuh gemuk pun seharusnya tidak memiliki alasan untuk tidak percaya diri. Anda tidak perlu memaksakan untuk tampil langsing dengan cara yang salah seperti diet ketat yang berbahaya, sebab dengan trik dan tips berpakaian pun sudah dapat menunjang penampilan Anda. Ada banyak model gamis yang cocok untuk dikenakan orang gemuk dengan menerapkan tips memilih gamis untuk orang gemuk yang tepat. Apabila memilih dengan benar, maka bentuk tubuh gemuk juga bisa terlihat stylish dan fashionable ketika mengenakan gamis. Anda bisa meniru cara berdandan istri Nabi untuk penampilan yang lebih sesuai syariat Islam dengan menggunakan gamis.