Sponsors Link

9 Cara Memancungkan Hidung Tanpa Operasi

Sponsored Links

Sebagai orang Asia, hidung kita memang tidak akan tampak mancung seperti kebanyakan orang Barat. Bentuk hidung ditentukan dari susunan genetika seseorang. Maka, susunan genetika yang kita miliki sebagai orang Asia rata – rata tidak menghasilkan hidung yang mancung. Namun seperti halnya kulit yang putih dan bentuk tubuh yang proporsional, hidung mancung dianggap memiliki nilai tambah bagi keindahan fisik seseorang.

Karena anggapan bahwa hidung mancung bisa membuat seseorang semakin cantik atau tampan, maka banyak sekali orang yang ingin mengubah bentuk hidungnya, terutama kaum wanita. Zaman yang semakin canggih sekarang membuat prosedur untuk memancungkan hidung juga menjadi semakin memungkinkan. Salah satunya yaitu dengan cara operasi plastik yang dapat mengubah bentuk hidung. Akan tetapi menjalani prosedur bedah plastik selain memerlukan biaya juga bukannya tanpa resiko. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka , Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda)

Bahaya dari Operasi Plastik

Walaupun dilakukan dengan teknik yang aman dan canggih, prosedur operasi plastik tetap memiliki sejumlah kelemahan, terutama resiko bahaya yang masih bisa timbul setelah dilakukan operasi. Bahaya tersebut antara lain yaitu:

  • Perdarahan

Pada setiap proses operasi, umumnya pendarahan memang akan terjadi selama beberapa waktu setelahnya. Pendarahan ini akan berhenti setelah beberapa waktu yang dianggap wajar oleh dokter, namun tidak menutup kemungkinan bisa terus memburuk. Pendarahan pasca operasi yang memburuk bisa mengarah kepada beberapa komplikasi, seperti mengalami pembekuan darah ditandai dengan membuat kulit menjadi biru kehitaman yang disebut dengan hematoma. Hal ini bisa mengarah kepada infeksi jika terus berkelanjutan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami)

  • Efek dari Anestesi

Prosedur sebelum melakukan suatu operasi adalah dengan memastikan bahwa pasien tidak menderita alergi apapun terhadap obat bius. Kendati begitu, tetap ada kemungkinan kecil bahwa salah satu bahan yang belum diketahui dalam obat anestesi dapat menyebabkan reaksi terhadap orang yang tadinya tidak memiliki riwayat alergi. Akibatnya bisa berupa kelumpuhan sementara, penyempitan saluran napas, kerusakan otak, kerusakan syaraf, dan beberapa hal lain lagi. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen)

  • Bengkak

Setelah melakukan prosedur operasi plastik, biasanya bagian wajah yang baru dioperasi tersebut akan mengalami bengkak untuk sementara waktu. Bengkak ini akan hilang setelah beberapa lama, akan tetapi jika ada kesalahan dalam prosedur operasi maka bisa saja bentuk wajah akan lama kembali seperti semula. (Baca Juga: Manfaat Es Batu Untuk Alis)

  • Bentuk tidak sesuai

Melakukan operasi plastik terkadang seperti melakukan permainan untung – untungan. Kita hanya bisa mempercayai dokter untuk melakukan tugasnya dengan benar sehingga tidak membuahkan hasil yang mengecewakan. Namun jika mendapatkan dokter yang kurang kompeten, bisa saja bentuk hidung setelah operasi  tidak sesuai dengan yang diinginkan.

  • Tidak akan merasa puas

Bahaya secara psikologis adalah jika seseorang yang sudah melakukan operasi plastik merasa tidak cukup melakukannya hanya sekali. Puas atau tidak puas dengan hasilnya, ada kalanya seseorang akan merasa selalu ada bagian wajah atau tubuhnya yang perlu diperbaiki. Dengan demikian dia bisa terjerat kedalam lingkaran yang tak putus – putus bahkan bisa kecanduan melakukan operasi plastik.

sponsored links

Cara Memancungkan Hidung Tanpa Operasi

Jika Anda tidak mau mengalami bahaya seperti disebut di atas, hidung mancung bisa dibuat tanpa harus melalui proses operasi plastik. Cara membuat hidung mancung tanpa harus melalui proses operasi tidak mudah, tetapi bukannya tidak memungkinkan. Proses memancungkan hidung tanpa melakukan operasi tidak sama dengan perawatan kecantikan yang ditujukan untuk kulit seperti menggunakan masker. Proses ini hanya berupa melakukan beberapa teknik sederhana yang bisa menjadi cara menjaga penampilan diri wanita juga.

1. Teknik Merampingkan Hidung

Jika ingin memiliki hidung yang lebih ramping sehingga terlihat lebih mancung, teknik berikut ini bisa dicoba, caranya:

  • Bentuk mulut menjadi huruf ‘O’ dan arahkan mata ke atas
  • Tekan kedua jari telunjuk di kedua sisi hidung bagian bawah tepat diatas lubang hidung
  • Bernapas seperti agak keras, tahan selama sepuluh detik
  • Ulangi sebanyak sepuluh kali, sehari tiga kali

2. Teknik Mencubit Hidung

Untuk memancungkan hidung yang paling mudah adalah dengan mencubit hidung. Caranya dengan menaruh jempol dan jari telunjuk Anda di bagian pangkal hidung. Kemudian angkat perlahan ke atas. Lakukan selama empat atau lima kali sehari untuk memperbaiki bentuk hidung. Hati – hati agar tidak mencubit terlalu keras dan terlalu kasar, karena bisa menyebabkan hidung iritasi dan terasa sakit.

3. Teknik Smiling Fish Frenzy

Ini adalah bagian dari gerakan yoga untuk wajah. Cara melakukannya dengan tersenyum selebar mungkin, lalu tahan selama lima belas atau dua puluh detik. Setelah itu, ulangi lagi sebanyak sepuluh atau dua puluh kali. Tujuan dari gerakan yoga wajah ini adalah untuk mengecilkan otot yang ada di pipi dan hidung. (Baca Juga: Cara Membuat Muka Tirus Secara Alami , Manfaat Olahraga untuk Kecantikan)

4. Teknik Mengerutkan Bibir

Cara melakukan teknik ini adalah dengan melakukan pose seperti hendak mencium. Kerutkan bibir sambil ditahan untuk beberapa detik. Cara ini juga dapat melatih otot yang ada di hidung. Lakukan secara rutin sebagai salah satu cara untuk membuat hidung menjadi mancung. Anda bisa merawat kulit bibir dengan cara melembabkan bibir dengan menggunakan manfaat AHA untuk bibir yang terkandung dalam kosmetik untuk bibir.

5. Teknik Pijat Wajah

Cara memijat yaitu dilakukan mulai dari kedua sisi hidung yang berada dekat lubang hidung dan terus ke atas hingga ke bagian hidung yang dekat dengan mata. Gunakan sedikit minyak esensial seperti lavender atau minyak lainnya agar kulit tidak kesat. Berhati – hatilah agar minyak yang digunakan tidak mengenai mata. Selain pijat wajah, ada pula manfaat akupuntur wajah untuk memelihara kecantikan wajah.

6. Teknik Meregangkan Wajah

Meregangkan kulit wajah juga cukup efektif dilakukan untuk memancungkan hidung. Caranya dengan menggunakan jari tengah dan telunjuk pasa salah satu sisi wajah terlebih dulu, lalu gunakan dua jari tersebut ke arah telinga. Lakukan selama beberapa kali ulangan, kemudian pindah ke sisi wajah yang satunya. (Baca Juga: Manfaat Eksfoliasi untuk Wajah , Cara Mengencangkan Kulit Wajah)

7. Menggunakan Alat

Saat ini sudah ada alat yang dapat membantu memancungkan hidung. Nama alat tersebut adalah ‘Nose Up’. Produk semacam ini sudah banyak sekali ditemukan di toko yang menjual kosmetik dan alat kecantikan. Berhati – hatilah agar penggunaan alat ini dilakukan secara sewajarnya saja, dan supaya tidak menjadi penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung.

8. Teknik Latihan Pernapasan

Duduk tegak dengan posisi jempol tangan kanan menutup lubang hidung yang sebelah kanan. Ambil napas melalui hidung sebelah kiri yang tidak ditutup dan hitung sampai empat. Tahan napas dan hitung lagi sampai empat. Kemudian hembuskan napas, hitung lagi sampai hitungan keenam. Ulangi cara tersebut untuk hidung sebelah kiri. Lakukan latihan ini bergantian untuk sisi hidung sebelah kiri dan kanan dua kali sehari secara teratur.

9. Teknik Make Up

Semakin menjamurnya para blogger yang bisa memberikan tips – tips untuk menggunakan make up yang bisa mengoreksi kekurangan wajah, adalah salah satu hal yang menguntungkan. Anda bisa mempelajari teknik make up yang benar untuk membuat hidung tampak lebih mancung dari aslinya. Walaupun hidung Anda akan tampak lebih mancung sementara waktu saja, tidak ada salahnya untuk dicoba pada berbagai kesempatan istimewa. Hindari juga bahaya penggunaan kosmetik yang berlebihan dan bahaya kandungan paraben pada kosmetik yang bisa merusak kulit.

Untuk memiliki hidung yang indah dan bebas masalah kulit, tentu saja diperlukan perawatan yang rutin dan telaten. Berikut ini adalah beberapa cara merawat hidung :

  • Membersihkan secara teratur

Hidung adalah merupakan bagian dari wajah kita. Jadi, untuk membersihkan hidung, kita juga bisa sekaligus membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih atau sabun wajah. Pillihlah pembersih yang cocok dengan jenis kulit wajah sehingga tidak membuat kulit hidung berkomedo.

  • Hilangkan komedo

Masalah utama di hidung adalah komedo. Lakukan perawatan secara berkala untuk menghilangkan komedo di hidung , terutama komedo putih yang bentuknya seperti jerawat dan menonjol sehingga membuat kontur kulit hidung tidak rata. Ada banyak cara menghilangkan komedo putih di hidung dimulai dari cara menghilangkan komedo secara alami menggunakan masker wajah hingga perawatan di salon dan menggunakan beragam produk kecantikan. Menggunakan bahan alami misalnya cara menghilangkan komedo dengan putih telur.

sponsored links

  • Menggunakan pelembab

Kulit wajah yang kering juga bisa mempengaruhi keadaan kulit hidung yang bisa tampak mengelupas. Hindari kulit hidung yang mengelupas dengan menggunakan pelembab untuk kulit kering dan kusam setiap hari. Sesuaikan pemilihan pelembab dengan kondisi kulit wajah. Untuk kulit wajah yang berminyak gunakanlah merk pelembab untuk kulit berminyak yang sesuai. Sementara untuk kulit kering, Anda bisa gunakan merk pelembab wajah untuk kulit kering yang banyak tersedia di pasaran. Pelembab untuk kulit kombinasi cocok untuk Anda yang kondisi kulitnya merupakan campuran antara berminyak dan kering.

  • Menggunakan sunblock

Komedo atau bintik hitam di hidung juga bisa muncul karena pengaruh sinar matahari. Untuk menghilangkan flek hitam pada hidung sama dengan cara menghilangkan flek hitam di wajah, karena hidung juga merupaka bagian dari wajah. Cara menghilangkan flek hitam di hidung dapat dilakukan dengan beberapa perawatan rutin menggunakan bahan alami seperti cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun.

  • Lakukan penguapan pada wajah

Melakukan penguapan pada wajah berguna untuk membersihkan kotoran pada pori – pori wajah termasuk pada bagian hidung. Caranya bisa dengan menggunakan manfaat air hangat untuk wajah dan manfaat air garam umtuk wajah yang berguna untuk membuka pori – pori wajah sehingga mudah dibersihkan dari kotoran yang tersumbat.

Keuntungan Berhidung Pesek

Memiliki hidung yang pesek tidak selalu membawa kerugian atau efek jelek pada penampilan. Justru sebenarnya kondisi hidung yang pesek memiliki beberapa keuntungan tersendiri, yaitu:

  • Tampak lebih awet muda

Pada beberapa penelitian menyatakan, wajah yang dianggap tampak awet muda menurut sejumlah ilmuwan adalah wajah yang memiliki ciri pipi tembem, dagu kecil, dan hidung yang kecil. Sedangkan hidung yang mancung atau mencuat justru dianggap membuat wajah tampak lebih tua. (Baca Juga: Masker untuk Mengencangkan Kulit)

  • Hidung lebih bersih

Kotoran yang terhirup oleh hidung pesek akan lebih sedikit daripada hidung mancung yang biasanya posisi lubang hidungnya mencuat ke atas. Jadi, kondisi lubang hidung akan lebih bersih. Selain itu lubang hidung yang lebih kecil juga memungkinkan bulu hidung untuk menyaring kotoran dengan lebih cepat. (Baca Juga: Cara Menjaga Penampilan Diri Wanita)

  • Lebih disukai 

Sebagai ciri khas orang Asia, hidung pesek ternyata lebih disukai oleh orang Barat karena mereka menganggap struktur wajah kita adalah sesuatu yang unik dan tidak mereka miliki. Sama halnya dengan kulit sawo matang kita yang tidak dimiliki oleh orang Barat yang kebanyakan berkulit putih. (Baca Juga : Tips Membuat Kulit Putih)

Untuk alasan estetika, ingin memiliki hidung yang lebih mancung tentu saja tidak ada salahnya. Akan tetapi, bentuk wajah seseorang termasuk hidung sudah ditentukan sejak dia di dalam kandungan, maka akan sulit mengubahnya menjadi sesuatu yang lain. Jika ternyata sulit untuk mengubah bentuk hidung Anda menjadi lebih mancung, maka sebaiknya tidak memaksakan diri. Yang paling baik adalah jika kita bisa berbesar hati untuk mencintai diri kita dan penampilan kita apa adanya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 01:43 Oleh :
Kategori : Hidung