Sponsors Link

Cara Membuat Lulur Kunyit Paling Mudah

Sponsors Link

Bahan herbal bisa digunakan untuk berbagai jenis pengobatan juga perawatan kecantikan. Sejak zaman dahulu pengolahan ramuan herbal sudah banyak dilakukan di masyarakat. Setiap daerah kaya akan herbal dan kekasannya masing-masing.  Tanaman herbal  dipercaya lebih bagus dan berkasiat dari obat-obatan modern yang menggunakan bahan kimia.

ads

Tanaman yang kaya akan manfaat dan multiguna seperti kunyit sudah tidak asing lagi di masyarakat, kususnya Indonesia. Kunyit adalah bahan yang sering diolah menjadi jamu. Minuman herbal tersebut sudah menjadi tradisi di masyarakat kita. Jamu sebagai minuman sehat untuk berbagai kebutuhan, bisa untuk penambah stamina, penambah nafsu makan, kecantikan dan lain sebagainya.

(Baca juga  : manfaat masker kunyit untuk wajah)

Kunyit sendiri mengandung kurkuminoid yang memiliki banyak manfaat. Kandungan tersebut terdiri dari kurkumin dan desmetoksikumin. Selain itu kandungan Vitamin C dalam Kunyit juga tinggi. Oleh karena itu tanaman yang satu ini, banyak dimanfaatkan sebagai obat. Kasiat dari Kunyit diantaranya bisa mengobati : ambeien, bisul, alergi, iritasi, campak, muntaber, bahkan penyakit berbahaya seperti kangker sekalipun bisa dicegah dengan Kunyit.

Dalam dunia kecantikan Kunyit juga tak asing lagi. Kandungan Kunyit seperti antibacterial dan antioksidan sangat cocok mencegah peradangan dan luka jerawat pada kulit. Oleh karena itu Para penggiat usaha di bidang kecantikan, telah banyak menggunakan Kunyit untuk berbagai jenis perawatan tubuh dan kulit dari dalam maupun luar. Salah satu produk kecantikan yang bisa di olah dari Kunyit adalah lulur untuk perawatan kulit tubuh.

Manfaat Kunyit Untuk Kulit

Kunyit sangat bagus untuk perawatan kulit, karena kandungan dalam kunyit yang bermanfaat untuk merawat kecantikan.  Diantara manfaat Kunyit untuk kecantikan dan perawatan adalah:

  1. Mengobati jerawat

Salah satu kegunaan Kunyit yang sering dimanfaatkan adalah sebagai pengobatan wajah yang berjerawat. Kandungan antibacterial pada Kunyit inilah, yang berfungsi untuk mematikan bakteri pada kulit dan wajah. Untuk mengobati jerawat, anda bisa menggunakan masker Kunyit dengan campuran madu dan yogurt.

(Baca juga : manfaat jeruk lemon untuk wajah)

  1. Memutihkan kulit

Selain mengobati  jerawat, Kunyit ternyata salah satu dari cara merawat kulit wajah agar putih. Kandungan Kunyit berupa zat mineral alami mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Dengan terangkatnya sel kulit mati tersebut, maka kulit akan tampak lebih cerah dan berseri.

(Baca juga : cara merawat kulit kering)

  1. Mengatasi kulit yang berminyak

Kulit berminyak membuat kita tidak nyaman. Wajah akan mudah kotor dan dihinggapi bakteri, sehingga menimbulkan iritasi dan jerawat. Untuk itu anda bisa menggunakan Kunyit, Karena dipercaya mampu meringkas pori dan sebum. Cara mengatasinya, anda bisa menggunakan Kunyit dan perasan Jeruk Nipis untuk bahan masker wajah.

  1. Mengurangi kerutan dan mencegah penuaan dini

Semua orang pasti ingin tampak awet muda, untuk itu perawatan bahan alami menggunakan Kunyit  adalah salah satu solusinya. Ramuan Kunyit dan campuran Tomat dan susu tawar bisa anda jadikan cara mengatasi kerutan di wajah serta membuat anda tetap awet muda.

(Baca juga : tips agar awet muda)

Sponsors Link

  1. Menghaluskan tumit dan siku

Daerah yang sering mendapat perhatian agar terlihat halus adalah tumit dan siku. Anda bisa menggunakan Kunyit sebagai perawatan penghalus kulit tumit dan siku anda. Caranya cukup sederhana, cukup campurkan bubuk Kunyit dan santan kelapa menjadi adonan. Dan oleskan pada tumit dan siku anda sambil di gosok perlahan, agar sel kulit mati pada tumit dan siku terangkat sempurna.

Baca juga :

  1. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati pada kulit akan membuat kulit kusam.  22 cara mengatasi kulit kusam secara alami, anda bisa menggunakan lulur atau masker Kunyit. Caranya sangat mudah, cukup campurkan bubuk Kunyit dan ampas teh, lalu aplikasikan sebagai masker atau lulur sambil di gosok lembut agar kulit bersih.

(Baca juga : manfaat teh untuk wajah)

  1. Memulihkan kulit terbakar

Akibat sering beraktifitas di luar ruangan, membuat kulit menjadi terbakar dan gelap karena paparan sinar UV. Untuk itu anda bisa memulihkan kembali kulit anda dengan menggunakan masker kunyit yang dicampur dengan Mentimun.

Baca juga :

Beberapa manfaat di atas hanya sebagian dari sekian banyak kegunaan kunyit yang dapat diambil dan dimanfaatkan sebagai bahan alami kecantikan dan kesehatan tubuh. Pada kesempaan kali ini kita akan membahas cara membuat lulur dari kunyit untuk perawatan kulit tubuh.

Cara Membuat lulur kunyit

Sebagai mana uraian di atas tentang menfaat kunyit untuk kulit, maka kita tahu bahwa kunyit adalah bahan herbal yang sangat bagus untuk mengangkat kulit mati serta memberikan kulit halus dan cerah. Oleh karena itu sangat tepat sekali jika anda menggunakan kunyit sebagai lulur untuk perawatan kulit tubuh anda.

(Baca juga : jenis produk pemutih badan)

Lulur adalah suatu cara untuk merawat dan meremajakan kulit tubuh. Akibat dari regenerasi sel kulit dan radikal bebas maka kulit akan kelihatan kusam dan gelap. Oleh karena itu perawatan lulur menggunakan kunyit atau bahan herbal lainnya sangat diperlukan. Agar kulit kembali cerah halus dan sehat. Untuk itu berikut ini ada cara membuat lulur kunyit dan cara penggunaanya.

Sponsors Link

Bahan bahan lulur kunyit yaitu :

  • Sediakan beras 60 gr
  • Bubuk Kunyit 10 gr
  • Bubuk Temu Giring 25 gr
  • Bubuk susu 5 gr
  • Air Mawar atau air secukupnya

Langkah-langkahnya adalah :

  1. Haluskan beras menjadi tepung dengan lembut
  2. Setelah itu campurkan beras yang telah halus dengan bubuk Kunyit, Temu Giring dan bubuk susu
  3. Aduk semua bahan hinga tercampur rata
  4. Tambahkan air Mawar pada bahan yang tercampur tadi dan aduk hingga menjadi adonan

Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Setelah ramuan lulur selesai, balurkan pada tubuh secara merata
  2. Biarkan beberapa saat sampai lulur setengah kering
  3. Pijat atau gosok semua bagian tubuh yang terkena lulur, agar semua kotoran dan kulit mati terangkat
  4. Lalu bilaslah dengan air bersih atau dengan cara mandi

Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan lulur setiap hari agar kulit tubuh anda tetap terjaga dan bercahaya. Selain itu tubuh juga akan merasakan sensasi releks yang sangat nyaman.

(Baca juga : cara merawat kulit tubuh)

Demikianlah cara yang bisa anda lakukan untuk merawat tubuh dan kulit cantik anda dengan lulur kunyit yang diracik sendiri. Selamat mencoba.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 27th, December 2016 / 07:16 Oleh :
Kategori : Kulit