16 Tips Menebalkan Rambut Paling Ampuh

Sponsored Links

Ketika rambut sangat sedikit dan terlalu sering mengalami kerontokan, maka yang paling dikhawatirkan adalah kebotakan. Untuk menebalkan rambut, tak usah sampai harus mengeluarkan biaya yang mahal karena proses penebalan rambut sebenarnya bisa dilakukan secara alami. Apapun penyebab kerontokan atau rambut yang tips, semoga tips menebalkan rambut di bawah ini berguna dan efektif bagi Anda.

(Baca juga: penyebab rambut rontok pada pria – cara alami mengatasi rambut rontok)

1. Memakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya baik digunakan untuk merawat kulit saja, tapi juga sangat berguna untuk merawat rambut serta menebalkannya. Anda bisa cukup mengambil beberapa tetes minyak zaitun yang kemudian dioles ke rambut dan kulit kepala sekitar 1 jam sebelum keramas.

Saat pengolesan, Anda bisa mengolesi bagian kulit kepala supaya kulitnya juga ikut terjaga kesehatannya. Berikan pijatan lembut untuk melancarkan peredaran darah yang akan menstimulasi pertumbuhan rambut secara lebih sempurna. Setelah dioles, tutup rambut dan kepala dengan handuk yang hangat sebelum akhirnya Anda bisa mengeramasi atau mencuci rambut.

2. Menggunakan Jeruk

Supaya rambut lebih tebal, Anda bisa menggunakan air perasan jeruk juga untuk perawatan sehari-hari. Bahan yang mudah dijumpai dan digunakan ini begitu bagus dan efektif untuk membuat rambut tumbuh lebih banyak. Perasan air jeruk bisa Anda aplikasikan ke rambut secara menyeluruh dan kemudian Anda tunggu kira-kira ½ jam.

Sesudah 30 menit berlalu, Anda bisa mencuci bersih rambut Anda setelah perawatan. Kabar baiknya, air jeruk tak hanya mampu menebalkan rambut, tapi juga mencegah ketombe. Oles air jeruk dan juga sari-sarinya pada kulit kepala secara rutin. Seminggu 1 kali saja sudah sangat cukup, tapi lakukan teratur setiap minggunya supaya hasilnya bisa dirasakan.

(Baca juga: cara menebalkan alis mata)

3. Memakai Seledri

Daun seledri memang sudah terkenal sejak dulu mampu membantu penumbuhan rambut, jadi tak ada salahnya Anda menggunakannya. Ambil daun seledri untuk dihaluskan, lalu cucilah rambut lebih dulu. Setelahnya, gosokkan hasil seledri yang sudah halus pada kulit kepala sampai merata sambil memberikan pijatan lembut.

Tunggulah beberapa menit agar kandungan seledri bisa menyerap hingga ke dalam kulit kepala. Tutuplah kepala dengan shower cap selama 1 jam kurang lebih. Setelah itu, silakan cuci rambut Anda hingga bersih dan lakukanlah perawatan ini paling tidak seminggu 2 kali supaya hasilnya lebih baik dan sempurna. Namun jika Anda bisa lebih rajin melakukannya, maka hasilnya akan lebih maksimal.

4. Menggunakan Madu

Manfaat madu untuk wajah sangat besar, namun sebenarnya madu pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami penumbuh rambut. Agar rambut tumbuh lebih tebal, gunakan madu murni yang bisa Anda oles pada rambut secara menyeluruh, sekaligus pada bagian kulit kepala. Madu bahkan sudah cukup sering dipakai sebagai bahan formula produk sampo.

Cukup dengan mengoleskannya pada rambut sampai merata, lalu mendiamkannya sekitar 10-15 menit, Anda dapat mencucinya bersih setelah itu. Perawatan ini lebih baik dilakukan seminggu 1 kali setidaknya, namun kalau bisa lebih juga sah-sah saja supaya hasil yang didapat pun jauh lebih efektif.

(Baca juga: cara menebalkan alis secara alami)

5. Memakai Santan Kelapa

Santan kelapa pun tak boleh sampai ketinggalan di mana santannya bisa Anda ambil dan oles pada bagian rambut seluruhnya. Pastikan Anda mengoles atau membalurkannya dari akar hingga ujung rambut, kemudian tunggulah sekitar ½ jam sebelum rambut Anda cuci bersih. Santan yang digunakan pun tidak boleh yang sembarangan, karena harus santan kental supaya efeknya maksimal; lakukan perawatan secara teratur demi hasil memuaskan.

6. Memanfaatkan Kemiri

Mungkin Anda hanya tahu bahwa kemiri adalah bahan penghitam rambut, namun sebenarnya kemiri adalah bahan yang juga siap untuk menjadikan rambut Anda lebih tebal. Kemiri perlu Anda haluskan lebih dulu sebelum akhirnya direbus dengan air secukupnya.

sponsored links

Proses perebusan harus dilakukan sampai minyak keluar dari kemiri dan ketika minyak sudah kelihatan mengapung pada permukaan air rebusan, ambil saja. Minyak kemiri itulah yang perlu Anda gunakan untuk dioles langsung pada kulit kepala sampai merata. Penggunaan cara ini sebaiknya dilakukan rutin demi memperoleh hasil optimal yang lebih cepat.

(Baca juga: manfaat minyak kelapa untuk alis)

7. Memakai Minyak Kelapa

Sama seperti penggunaan minyak zaitun, Anda bisa memakai minyak kelapa dengan mengambil beberapa tetes saja, lalu kemudian dioleskan ke rambut dan kulit kepala. Biarkan meresap sampai sekitar 1 jam. Oles dengan gerakan memutar sambil memijatnya pelan-pelan. Tutup rambut dengan shower cap atau handuk hangat sebelum mengeramasinya.

8. Menggunakan Putih Telur

Kegunaan putih telur dalam merawat rambut ternyata cukup besar di mana salah satunya berkhasiat untuk membuat rambut lebih tebal. Putih telur merupakan bahan alami yang sangat baik untuk mencegah kerontokan rambut. Rambut bisa Anda bilas menggunakan air lebih dulu sehingga dalam keadaan lembab.

Setelah itu, pisahkan dulu antara putih telur dan kuning telurnya sebelum bagian putihnya Anda kocok. Hasil kocokan putih telur itulah yang bisa Anda oles pada rambut serta kulit kepala Anda hingga merata. Tunggulah selama sekitar 1-2 jam sebelum rambut dibersihkan menggunakan air dingin (sebaiknya tidak menggunakan air hangat). Gunakan sampo atau keramasi sekalian untuk mengusir bau amisnya.

(Baca juga: cara mengatasi rambut lepek)

9. Memakai Lidah Buaya

Tentunya manfaat aloe vera untuk rambut sudah tak usah lagi diragukan apalagi dipertanyakan karena sejak zaman nenek moyang kita, tanaman ini dapat secara ajaib merawat rambut. Tak hanya mampu menebalkan, lidah buaya adalah pelembab rambut alami yang juga bisa menjaga kilau dan kelembutan rambut.

Untuk proses perawatan rambut agar lebih tebal, silakan untuk membelah lidah buaya yang kemudian bisa Anda ambil bagian gelnya. Gosok-gosokkan secara merata pada rambut, lalu tunggulah hingga 1 jam sebelum menggunakan air bersih untuk membasuh rambut sampai sisa-sisa lendir lidah buaya hilang. Lakukan rutin setiap hari untuk menebalkan rambut secara maksimal.

10. Memanfaatkan Teh Hijau

Teh hijau terkenal akan sifat antioksidannya yang sangat tinggi dan oleh karena itu banyak orang memanfaatkannya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi satu hal yang perlu Anda tahu adalah bahwa rambut juga bisa dirawat dengan teh hijau ini. Anda bisa menebalkan rambut memakai teh hijau.

Salah satu faktor yang menyebabkan rambut bisa rontok dan menipis adalah kerusakan folikel rambut. Aktifnya enzim 5-alpha reductase disebabkan oleh hal tersebut sehingga berimbas pada peningkatan hormon dihydrostestosterone atau DHT yang bisa membuat usia folikel rambut lebih pendek. Peningkatan DHT dapat Anda hambat dengan menggunakan teh hijau berkat senyawa catechins di dalamnya.

Rambut tak akan mudah rontok lagi setelah dirawat dengan teh hijau ini dan bahkan yang tadinya sudah tipis dapat menjadi tebal kembali. Minumlah teh hijau serutin mungkin untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut dari dalam. Namun Anda juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan luar dengan membilas rambut menggunakan air tehnya.

(Baca juga: cara melebatkan bulu mata)

11. Memenuhi Kebutuhan Vitamin A pada Tubuh

Asupan vitamin A dapat Anda penuhi dengan baik demi menebalkan rambut yang sudah mulai menipis dan terancam kebotakan dini. Vitamin A tak hanya baik untuk kesehatan mata karena nyatanya vitamin ini mampu menjadikan rambut jauh lebih sehat dan normal. Banyak orang yang memiliki masalah hormonal bisa menebalkan rambut dengan cara ini.

Konsumsilah makanan-makanan yang memang mengandung vitamin A tinggi, seperti susu, wortel, bayam serta telur. Perbanyaklah mengonsumsi makanan tersebut supaya tak hanya kesehatan tubuh saja yang mendapat pengaruh baiknya, tapi juga kesehatan rambut. Meminum suplemen juga tak ada salahnya karena dapat mendukung pertumbuhan rambut juga.

sponsored links

12. Menggunakan Daun Pandan

Salah satu cara melebatkan rambut secara alami tanpa efek samping adalah dengan menggunakan daun pandan. Kalau biasanya daun pandan digunakan sebagai penambah aroma pada masakan, kali ini daun pandan dapat Anda manfaatkan sebagai pelebat rambut. Siapkan saja daun pandan seperlunya dan pilih yang masih muda.

Hasil pemakaian daun pandan muda ternyata malah jauh lebih efektif. Lanjutkan dengan mencucinya dan merebusnya di dalam air sebanyak 3 gelas. Didihkan sampai airnya berkurang menjadi 1 gelas. Gunakan untuk membilas rambut seluruhnya dan supaya meresap, Anda dapat mendiamkannya selama sekitar ½ jam sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin.

13. Memijat Kulit Kepala

Bila Anda ingin rambut yang tebal dan tumbuh dengan baik, silakan untuk mulai secara rajin memijat rambut ketika Anda sedang senggang. Peredaran darah yang kurang lancar juga bisa menjadi penyebab dari rontoknya rambut. Jadi sebenarnya dengan memberikan pijatan pada kulit kepala, ini tak hanya berguna ketika Anda sedang pusing saja, tapi juga bisa melancarkan peredaran darah yang sempat menghambat pertumbuhan rambut.

(Baca juga: cara alami menebalkan rambut)

14. Memakai Sampo yang Tepat

Penggunaan sampo yang tepat akan membantu Anda mendapatkan kembali pertumbuhan rambut yang lancar. Beberapa produk sampo bahkan menggunakan bahan kimia yang mampu merusak kesehatan rambut serta kulit kepala yang kalau digunakan setiap hari bisa mengancam kesehatan rambut. Jadi, penting untuk memilih sampo tanpa adanya bahan seperti isopropyl alcohol, momoethanolamine, formaldehyde, laureth sulfate, sodium lauryl dan propylene glycol.

15. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi pada Rambut

Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut antara lain adalah protein serta vitamin B kompleks. Tanpa keduanya, pertumbuhan rambut dapat menjadi terhambat. Itulah mengapa penting adanya untuk mengonsumsi sayuran hijau, buah segar, daging, dan kuning telur supaya nutrisi terpenuhi secara sempurna.

16. Menggunakan Pisang dan Alpukat

Kombinasikan kedua bahan tersebut untuk menjadi ramuan masker rambut. Demi rambut lebih tebal, kedua buah ini dapat Anda haluskan bersama, campur rata, lalu oleskan langsung ke area rambut secara menyeluruh, bahkan sampai kulit kepala juga. Tunggulah sekitar 30 menit sebelum Anda mencuci rambut.

(Baca juga: cara menebalkan rambut secara alami – cara menumbuhkan jambang)

Itulah beberapa tips menebalkan rambut paling efektif yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Perawatan yang diimbangi dengan asupan gizi yang seimbang akan memaksimalkan pertumbuhan rambut Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 05:29 Oleh :
Kategori : Rambut