Sponsors Link

35 Cara Memutihkan Ketiak Paling Alami

Sponsors Link

Anda suka mencukur bulu ketiak sehingga menimbulkan bekas hitam dan gelap yang menurunkan rasa percaya diri? Ada berbagai cara memutihkan ketiak yang aman dan alami yang bisa Anda coba supaya kulit ketiak Anda kembali cerah. Tanpa efek samping berbahaya, bahan-bahan di bawah ini bisa Anda perhatikan dan coba gunakan untuk membuat ketiak putih dan sehat.

ads

(Baca juga: cara menghilangkan bintik hitam di wajah)

1. Minyak Kelapa

Untuk memutihkan bagian ketiak, Anda bisa mencoba minyak kelapa di mana kandungan vitamin E-nya cukup tinggi sehingga tak hanya mencerahkan, kulit ketiak juga makin halus. Bahkan Anda juga bisa menjadikan minyak kelapa ini sebagai deodoran alami yang efektif.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak kelapa yang kemudian dapat Anda oles sambil memijat-mijat bagian ketiak. Setelah itu, tinggalkan selama sekitar 10-15 menit lamanya supaya minyak teresap sempurna. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan sisa minyak di ketiak. Ulangi 2 atau 3 kali dalam sehari perawatan ini sampai ketiak Anda menjadi benar-benar putih.

2. Baking Soda

Apabila baking soda diketahui sebagai bahan pembuat kue, Anda bisa mencoba bahan ini sebagai scrub yang mampu memutihkan kulit ketiak yang gelap dan hitam. Tugas dari baking soda ini adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan gelap di bagian ketiak. Penyumbatan pori-pori pun akan diatasi dengan bahan satu ini.

  • Caranya: Baking soda secukupnya bisa Anda siapkan yang kemudian Anda campur bersama dengan air sesuai kebutuhan juga. Setelah terbentuk adonan pasta kental, pasta scrub inilah yang Anda gosok-gosokkan ke ketiak Anda selama beberapa menit. Bilaslah bagian ketiak lalu keringkan secara alami. Ada baiknya untuk mengulangi perawatan ini beberapa kali dalam 1 minggu.

(Baca juga: cara menghilangkan belang di wajah)

3. Kentang

Seperti yang kita sudah tahu bahwa penggunaan kentang merupakan salah satu cara alami menghilangkan flek hitam di wajah, jadi tak salah kalau Anda pun mengandalkannya demi kulit ketiak lebih putih. Karena alami, maka zat-zat pemutih alami di dalam kentang tak akan membuat kulit teriritasi.

  • Caranya: Siapkan 1 buah kentang dan irislah secukupnya di mana irisan kentang ini dapat Anda gosok-gosokkan langsung ke bagian ketiak. Sari atau jus kentang adalah yang dibutuhkan oleh kulit ketiak Anda. Atau, parut saja kentang tersebut dan balurkan di area ketiak sampai 15 atau 20 menit hingga kering. Barulah Anda membasuh menggunakan air hangat sesudahnya.

4. Kulit Jeruk

Untuk meningkatkan kecerahan kulit ketiak Anda, cobalah untuk menggunakan kulit jeruk yang memang berkandungan zat-zat pemutih alami. Ingat bahwa kulit jeruk banyak digunakan untuk mencerahkan kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati tanpa memberikan efek samping yang berbahaya.

  • Caranya: Ambil kulit jeruk secukupnya untuk diletakkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari di mana tujuannya adalah untuk mengeringkannya. Setelah memperoleh kulit jeruk kering, hancurkan hingga menjadi bubuk; kemudian ambil 2 sendok teh bubuk kulit jeruk kering ini ditambah air mawar secukupnya dan susu untuk membuat pasta. Gosokkan pasta ke ketiak secara merata dan tinggalkan hingga 15 menit sebelum membasuhnya menggunakan air dingin. Seminggu 3 kali adalah waktu perawatan yang lebih dianjurkan.

5. Lemon

Sama seperti kulit jeruk, lemon adalah buah yang juga ampuh dalam meningkatkan kecerahan kulit ketiak. Di dalam lemon, ada vitamin C yang begitu berkhasiat ditambah juga sifat antiseptik dan antibakteri yang kuat untuk memutihkan lemon. Namun setelah pemakaian lemon, hendaknya Anda selalu memakai pelembab kulit karena efeknya bisa menjadikan kulit kering.

  • Caranya: Untuk mengangkat sel kulit mati pemicu warna gelap pada kulit ketiak, Anda bisa menggosokkan lemon yang sudah Anda belah lebih dulu langsung ke ketiak. Setelah beberapa menit, tunggulah sekitar 10 menit sebelum akhirnya Anda membasuh menggunakan air biasa supaya dalam waktu tersebut jus lemon dapat terserap dengan baik. Anda bisa menggunakan cara ini seminggu beberapa kali supaya hasil maksimal dapat Anda peroleh secepatnya.

(Baca juga: manfaat timun untuk wajah)

6. Mentimun

Berkandungan air cukup tinggi, mentimun adalah bahan ampuh yang bisa membantu Anda menghilangkan mata panda serta menyegarkan kulit wajah. Namun ternyata untuk warna kulit yang gelap atau tidak merata, mentimun pun dapat diandalkan. Termasuk bagian ketiak Anda yang gelap, Anda dapat menggunakan bahan ini untuk perawatan.

  • Caranya: Demi kulit ketiak putih alami, Anda bisa menggunakan potongan atau irisan timun yang langsung diusapkan ke bagian ketiak. Atau, Anda juga bisa memarutnya lebih dulu, barulah jusnya Anda aplikasikan ke area ketiak secara merata. Supaya hasilnya memuaskan dan sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda bisa menggunakan cara ini sehari 2 kali setiap harinya.

7. Cuka

Bila Anda membutuhkan bahan alami dalam memutihkan ketiak, cuka pun bisa menjadi pilihan. Selain dapat mencerahkan bagian kulit ketiak yang hitam, cuka pun akan berperan sebagai pembasmi segala bakteri dan kuman yang memicu penumpukan sel-sel kulit mati. Cuka pun akan membantu Anda dalam menjadi solusi bau badan.

  • Caranya: Sediakan tepung beras secukupnya untuk dicampur bersama cuka sesuai kebutuhan dan campurkan keduanya sampai terbentuk adonan pasta kental. Setelah mandi, barulah Anda bisa mulai mengaplikasikan pasta ini ke area ketiak secara menyeluruh. Tunggu pasta mengering di ketiak selama 15 menit, dan bersihkan dengan air hangat; lakukan perawatan ini seminggu beberapa kali demi hasil yang luar biasa.

8. Susu

Asam lemak di dalam susu bersama dengan kandungan berbagai vitamin tak hanya bisa dikonsumsi dan menyehatkan tubuh Anda. Kulit gelap pada ketiak pun bisa diatasi dengan susu, bahkan kulit pun dijamin menjadi lebih halus dan sehat.

  • Caranya: Sediakan susu full-fat sebanyak 2 sendok makan bersama tepung 2 sendok makan ditambah juga yogurt sesendok teh untuk dicampur dan membentuk adonan pasta. Campuran inilah yang penting untuk diaplikasikan ke area kulit ketiak Anda selama 15 menit. Gunakan air dingin untuk nantinya membasuh ketiak Anda; melakukan perawatan ini beberapa kali seminggu pasti Anda membuat Anda merasakan sendiri manfaat susu untuk kulit.

9. Tepung Gram

Bahan lainnya yang juga efektif dalam memutihkan ketiak adalah tepung gram di mana tepung ini akan mencerahkan secara alami tanpa efek samping.

  • Caranya: Sediakan tepung gram sebanyak 2 sendok makan bersama dengan yogurt tawar sesendok teh serta jus lemon, tak lupa juga bubuk kunyit secukupnya demi membentuk pasta kental. Pasta inilah yang bisa Anda oles merata ke ketiak, lalu biarkan selama 30 menit lamanya. Setelah itu, pakai air hangat untuk membilasnya; penggunaan cara ini bisa Anda lakukan setiap hari selama 2 minggu lamanya, lalu lanjutkan dengan penggunaan 3 kali dalam 1 minggu supaya hasil yang diperoleh benar-benar maksimal.

(Baca juga: cara menghilangkan kulit belang)

10. Bubuk Cendana

Bahan lainnya yang terbukti pula mampu mencerahkan kulit gelap, termasuk di bagian ketiak adalah bubuk cendana. Bagi yang bermasalah dengan bau badan, bahan ini pun sangat bagus untuk Anda gunakan.

  • Caranya: Sediakan bubuk cendana 2 sendok makan saja beserta 2-3 sendok makan air mawar supaya membentuk pasta kental. Pasta ini yang Anda oles merata ke area ketiak dan tinggalkan selama 15 menit atau sampai pasta tersebut mengering. Gunakan air dingin untuk membasuhnya nanti; melakukan cara ini setiap hari akan mencerahkan kulit ketiak hanya dalam beberapa hari asalkan penggunaan cara ini dilakukan secara rutin.
ads

11. Cuka Sari Apel

Dengan mengangkat sel-sel kulit mati, cuka sari apel ini bakal memutihkan ketiak secara alami. Namun karena cukup dapat berefek mengiritasi kulit, tes dulu apakah kulit Anda cukup sensitif terhadap bahan ini.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel sebanyak sebanyak 1-2 sendok makan, lalu campurkanlah bersama sedikit air biasa. Campuran inilah yang Anda aplikasikan pada area ketiak, tinggalkan beberapa menit sebelum dibasuh. Penggunaan beberapa kali seminggu secara rutin akan memaksimalkan hasilnya.

12. Minyak Zaitun

Berkandungan sifat antioksidan begitu tinggi, minyak zaitun merupana komponen yang dapat menjadikan kulit terlihat begitu cantik dan sehat. Minyak ini jugalah yang bisa Anda pakai sebagai solusi bau badan.

  • Caranya: Siapkanlah minyak zaitun ekstra virgin sebanyak 3 sendok makan yang bisa Anda kombinasikan dengan gula merah secangkir saja. Sebelum mengaplikasikan campuran ini, basahi dulu ketiak Anda, tinggalkan 5 menit saja setelah pengaplikasian dan gunakan air biasa untuk membasuhnya. Ulangi seminggu 2 kali supaya hasilnya maksimal dan gunakanlah setiap sebelum mandi.

(Baca juga: cara menghilangkan noda hitam di wajah)

13. Minyak Vitamin E

Salah satu tips agar kulit menjadi putih secara alami dengan tidak adanya efek berbahaya adalah dengan memanfaatkan minyak vitamin E. Jadi apabila minyak ini sangat bermanfaat bagi kulit tubuh dan wajah, Anda pun dapat menggunakannya khusus untuk memutihkan bagian ketiak.

  • Caranya: Ambil minyak vitamin E dari kapsul yang kemudian Anda gosokkan pada daerah kulit ketiak yang hitam. Sesudah beberapa menit dibiarkan, Anda dapat menggunakan air untuk mambasuhnya supaya kulit senantiasa halus juga.

14. Yogurt

Jika Anda menginginkan kulit ketiak yang lebih putih, sehat dan lembut, yogurt tawar dengan kandungan probiotiknya akan membunuh segala bentuk kuman dengan efektif. Yogurt jugalah yang bakal membantu meredakan gatal-gatal bila hal ini terjadi pada ketiak Anda.

  • Caranya: Cukup ambil langsung 1-2 sendok makan yogurt lalu terapkan pada kedua sisi ketiak Anda secara merata. Usap-usapkan yogurt ke seluruh bagian ketiak yang warnanya gelap dan tunggulah beberapa menit. Gunakan air biasa untuk membasuhnya; lakukan cara ini setiap hari dan tambahkan madu bila ingin menambah keefektifannya.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

15. Saffron

Perlu Anda tahu bahwa saffron adalah salah satu bahan alami yang mampu membasmi bakteri serta kuman yang menjadikan kulit ketiak gelap dan menghasilkan bau tak sedap.

  • Caranya: Anda dapat mengambil beberapa lembar saffron untuk direndam selama 15 menit di dalam 1-3 sendok makan susu. Setelah perendaman selesai, langsung Anda aplikasikan ramuan ke ketiak Anda dan biarkanlah selama semalaman (jadi sebaiknya Anda menggunakannya tepat sebelum tidur). Keesokan paginya saat sudah bangun barulah Anda segera membasuhnya sampai bersih. Namun penggunaan pada siang hari juga bisa, yakni dengan meninggalkannya selama maksimal 20 menit sebelum dibilas dengan air biasa.

16. Minyak Bunga Matahari

Sebagai pelembab alami, minyak bunga matahari dapat Anda jadikan bahan tepat untuk menghaluskan dan menjaga kulit tetap lembab serta elastis. Namun pemutih alami juga terdapat di dalam bahan ini sehingga kulit ketiak Anda pasti akan jauh lebih cerah.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes saja dari minyak bunga matahari dan aplikasikan ke bagian ketiak yang berkulit gelap. Tinggalkan selama beberapa menit saja sebelum dibasuh dengan air biasa. Prosedur atau perawatan ini akan bekerja lebih maksimal apabila Anda melakukannya sehari 2 kali setiap hari.

17. Pepaya

Buah yang kerap digunakan sebagai solusi sembelit ini adalah salah satu yang terbaik pula dalam memutihkan kulit ketiak Anda. Karena di dalamnya terkandung enzim yang bisa membantu menjadi eksfoliator, Anda bisa mengandalkannya.

  • Caranya: Sediakan pepaya sepotong saja yang kemudian Anda gunakan langsung dengan cara menggosokkannya ke area ketiak hingga merata pada kedua sisi. Selama sekitar 15-30 menit Anda dapat membiarkannya supaya jus pepaya dapat terserap dengan baik. Barulah Anda membilas memakai air biasa; supaya hasil maksimal, lakukan perawatan ini seminggu 3-4 kali secara rutin.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

18. Minyak Telur

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui betul, di dalam minyak telur ada omega-3 tinggi sebagai kandungan baiknya. Justru berkat kandungan inilah regenerasi sel-sel kulit baru dapat Anda promosikan kembali sehingga kulit pun menjadi halus serta bertambah sehat.

  • Caranya: Ambil minyak telur secukupnya yang kemudian dapat Anda terapkan langsung ke daerah ketiak yang hitam sambil memijat-mijatnya beberapa menit. Tunggulah semalaman supaya minyak ini terserap sempurna, barulah esok paginya Anda bilas dan mandi. Lakukan perawatan ini secara rutin supaya kulit dapat dicegah untuk menjadi hitam dan gelap lagi.

19. Madu

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, madu adalah bahan yang sangat luar biasa dalam merawat kesehatan kulit. Manfaat madu untuk masker wajah sendiri terbilang besar, jadi bila Anda menggunakannya untuk ketiak supaya lebih sehat dan cerah pun akan sama efektifnya.

  • Caranya: Ambil saja madu secukupnya yang cukup untuk Anda terapkan pada area ketiak yang kulitnya gelap. Ratakan dan setelah itu Anda bisa biarkan dulu sampai kering barulah Anda menggunakan air hangat untuk membilasnya. Demi hasil optimal, silakan ulangi cara ini setiap hari supaya ketiak Anda cepat putih.

20. Apel

Buah yang menyehatkan tubuh ini juga rupanya mengandung zat nutrisi yang baik juga untuk memutihkan kulit ketiak. Kadar AHA-nya yang tinggi bakal membasmi bakteri dan kuman penyebab warna kulit ketiak yang gelap.

  • Caranya: Bertindak sebagai eksfoliator, Anda bisa menggunakan 1-2 buah apel lalu hancurkan daging buahnya. Setelah lumat dan halus Anda bisa mengaplikasikannya ke kulit ketiak secara merata sambil memijatnya dalam beberapa menit. Sesudah lewat 15-20 menit, bersihkanlah dengan menggunakan kain basah. Akan jauh lebih sempurna bila Anda mengulangi prosedur perawatan ini 1-2 kali dalam 1 minggu.

(Baca juga: cara memutihkan badan secara alami)

21. Batu Apung

Untuk Anda yang memiliki batu apung di rumah, manfaatkan bahan alami ini untuk memutihkan ketiak Anda. Pemutih kulit satu ini tak kalah alami dan aman dari cara dan bahan yang sudah disebutkan sebelumnya.

  • Caranya: Batu apung yang Anda miliki dapat Anda basahi terlebih dulu sebelum kemudian Anda gosok-gosokkan secara perlahan ke area kulit ketiak. Gosokkan selama 10 menit dan lakukanlah sekali sehari secara rutin.
Sponsors Link

22. Bengkoang

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalau bengkoang adalah buah yang bisa mencerahkan kulit sekaligus melembabkannya. Jadi, tak salah kalau Anda pun memanfaatkan bahan alami ini untuk ketiak lebih putih.

  • Caranya: Ambil bengkoang secukupnya yang kemudian buahnya Anda parut. Hasil parutan yang lembut bisa Anda oles langsung ke kulit ketiak dan membiarkannya kurang lebih 10 menit saja. Bersihkan dengan air biasa sesudah itu dan bila ingin hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini serutin mungkin.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen bagi kulit)

23. Kapur Sirih

Bahan alami yang cukup efektif dan aman lainnya yang bisa Anda coba dalam memutihkan kulit adalah kapur sirih. Kombinasikanlah dengan jeruk nipis secukupnya yang kemudian larutan ini dapat Anda terapkan langsung ke bagian kulit ketiak setiap sehabis mandi. Jika hasil maksimal adalah yang Anda harapkan, jangan lupa untuk terus melakukan cara ini supaya ketiak yang gelap menjadi putih secara lebih cepat dan sempurna.

24. Gula

Bahan yang selalu ada di ruang dapur dan makan Anda ini pun memiliki manfaat tinggi dalam memutihkan ketiak yang hitam. Sebagai eksfoliator, gula yang bertekstur kasar memang cocok dijadikan scrub.

  • Caranya: Cukup campurkan saja gula secukupnya dengan sedikit air yang kemudian Anda aduk-aduk sampai merata. Setelah menjadi scrub gula, Anda dapat mengoleskannya ke bagian kulit ketiak secara menyeluruh. Gosokkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa. Melakukan rutin jelas hasilnya bakal lebih maksimal dalam mencerahkan kulit ketiak Anda.

25. Kunyit

Rempah satu ini adalah salah satu yang paling bisa Anda andalkan untuk memutihkan ketiak yang gelap.

  • Caranya: Sediakan kunyit secukupnya yang bisa Anda parut dan campurkan dengan air sedikit. Setelah jadi, Anda bisa coba gosokkan hasil parutan tersebut ke kulit ketiak Anda yang berwarna gelap sampai merata. Tunggu 15 menit barulah Anda bisa membilasnya dengan air biasa. Sehari 1 kali saja sudah cukup untuk melakukan perawatan ini dan asalkan rutin pasti hasilnya pun optimal.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

26. Bubuk Kunyit dan Mentimun

Salah satu tips membuat kulit putih secara alami adalah dengan pemakaian mentimun, seperti yang sudah disebutkan. Kedua bahan dapat Anda kombinasikan untuk hasil yang lebih efektif demi ketiak Anda yang lebih putih dan sehat.

  • Caranya: Haluskan mentimun secukupnya yang kemudian Anda bisa campur rata dengan bubuk kunyit sesuai kebutuhan, tapi biasanya banyaknya sesendok teh saja. Campuran ini bisa langsung Anda terapkan pada ketiak yang kemudian Anda boleh tunggu selama 20 menit. Bersihkan menggunakan air bersih sesudah itu.

27. Ekstrak Raspberry, Aspen dan Akar Licorice

Herbal untuk memutihkan kulit ketiak yang jelas alami dan amannya selain dari bahan-bahan di atas adalah ketiga bahan super ini. Kombinasi ketiga bahan ini bakal mampu memberikan yang terbaik bagi kulit ketiak Anda yang gelap.

  • Caranya: Jumlah yang sama antara akar licorice, ekstrak raspberry dan aspen dapat Anda siapkan lebih dulu. Sesudah tercampur dnegan baik, Anda bisa coba terapkan pada ketiak Anda secara merata. Tunggu selama ½ jam sebelum akhirnya Anda bilas sampai bersih menggunakan air dan keringkan. Ulangi secara teratur perawatan ini demi hasil memuaskan dan seperti yang Anda dambakan.

(Baca juga: cara menghilangkan bulu ketiak secara alami)

Cara Lain Memutihkan Ketiak Anda

Setelah mengintip beberapa cara dan bahan alami di atas yang bisa Anda jadikan pemutih kulit ketiak yang gelap, ada beberapa cara lain atau tips yang bisa Anda ikuti juga.

  1. Tidak Mencukur. Bulu ketiak memang paling mudah dibersihkan dengan mencukur, namun justru sebenarnya mencukurlah yang menjadikan kulit ketiak berubah gelap. Daripada mencukur waxing adalah cara yang lebih oke karena mencabut dari akar dan sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati.
  2. Tidak Menggunakan Krim Penghilang Bulu. Bahan kimia yang terkandung di dalam krim-krim tersebut tak hanya menjadikan kulit ketiak mudah hitam, namun juga gampang memicu iritasi, gatal-gatal, ruam dan gangguan kulit serius.
  3. Tidak Memakai Antiperspirant dan Deodoran. Meski tidak bisa menghindari pemakaian keduanya sama sekali, setidaknya Anda perlu membatasi penggunaan. Ingat bahwa bahan kimia di dalamnya pun mampu memberikan efek kasar dan gelap pada ketiak dan bisa memicu pigmentasi.
  4. Tidak Melakukan Elektrolisis. Apabila Anda bukan termasuk wanita dengan warna kulit gelap, risiko hiperpigmentasi cukup besar dikarenakan elektrolisis, jadi sebagai solusi Anda bisa mencoba waxing.
  5. Membersihkan Ketiak secara Rutin. Setiap kali mandi, jangan lewatkan untuk menggosok bagian ketiak. Ini karena ketika Anda mengabaikan kebersihannya, akan mudah bagi kuman dan sel-sel kulit mati untuk menumpuk yang menjadikan kulit makin gelap.
  6. Tidak Mengenakan Pakaian Terlalu Ketat. Pakaian yang amat ketat berpengaruh terhadap kulit ketiak yang nantinya bakal sulit bernapas. Selain gatal-gatal, pigmentasi pun juga berisiko tinggi. Pakaian sintetis yang ketat akan menjebak keringat dan mendukung pertumbuhan bakteri pemicu gelapnya kulit ketiak.
  7. Turunkan Berat Badan bila Obesitas. Obesitas adalah suatu keadaan yang memperbolehkan lemak terakumulasi di bagian ketiak. Untuk ketiak putih jauh dari gelap, turunkan berat badan Anda karena lemak pada ketiak yang kemudian tergesek-gesek dengan pakaian akan memicu penggelapan warna kulit di area tersebut.
  8. Tidak Mengonsumsi Pil KB. Ada banyak alat kontrasepsi lainnya yang bisa Anda pilih dan pakai selain dari yang berjenis oral. Pil mungkin kelihatan lebih mudah, tapi sebenarnya mampu memicu ketidakseimbangan hormon yang akhirnya menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih gelap.

(Baca juga: cara agar bulu ketiak tidak tumbuh lagi)

Itulah berbagai cara memutihkan ketiak yang perlu Anda ketahui. Semoga cara-cara alami tersebut mampu membantu Anda supaya lebih memerhatikan kesehatan dan tampilan kulit ketiak.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 28th, October 2016 / 05:32 Oleh :
Kategori : Tubuh