Categories
Mata

25 Cara Menghilangkan Kantung Mata Alami dan Ampuh

Diyakini oleh sebagian orang bahwa kantung mata bukannya memperindah penampilan, tapi justru membuatnya menjadi lebih mengganggu. Seorang wanita tentu adalah yang paling terganggu dengan adanya kantung mata karena menganggap hal ini sebagai faktor yang membuat dirinya menjadi kurang menarik. Ada beragam alasan atau penyebab mengapa kantung mata dapat muncul, dan salah satunya adalah kurang tidur.

Apapun yang menjadi penyebab dari timbulnya kantung mata Anda, entah itu karena kurang tidur, minum alkohol, paparan sinar matahari, bahaya dehidrasi, atau anemia, ada cara ampuh untuk mengatasinya. Segudang cara tersedia untuk cara menghilangkan kantung mata secara alami tanpa harus mengandalkan produk kecantikan atau perawatan salon karena Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

(Baca juga: penyebab mata panda)

1. Menghindari Memakai Makeup saat Tidur

Kebanyakan wanita setelah bepergian dengan makeup di wajah akan begitu malas untuk mencuci atau membersihkan wajah sebelum berangkat tidur. Apabila pulang terlalu malam, terkadang sudah seperti tak ada tenaga lagi untuk membersihkan sisa-sisa makeup yang masih menempel. Akhirnya, langsung tidur sampai keesokan harinya.

Inilah hal yang sebaiknya dihindari mulai dari sekarang jika ingin menghindari atau menghilangkan kantung mata. Makeup yang Anda pakai mengandung bahan-bahan kimia yang mampu mengiritasi bagian mata Anda, terutama ketika malam tiba. Membersihkan wajah sebelum tidur sangat vital untuk menjaga kehigienisan wajah serta area mata.

2. Mengurangi Asupan Garam

Asupan garam berlebih bisa jadi menjadi penyebab utama dari mata berkantung yang bahkan mampu semakin tebal hari lepas hari. Bila Anda menginginkan cara menghilangkan kantung mata yang kendur, asupan garam bisa Anda kurangi mulai dari sekarang. Tambahkan sedikit garam saja ketika Anda memasak sendiri supaya tak berlebih.

Kebanyakan orang Indonesia begitu terpaku pada masakan yang sedap, namun selain garam berbahaya untuk yang menderita hipertensi, ini juga menurunkan tingkat kecantikan. Kurangi hingga setengah takaran dari biasanya Anda memasak bila Anda belum mampu mengurangi banyak-banyak. Hindari garam terutama saat makan malam karena Anda juga hendak tidur, jadi biarkan tubuh menyeimbangkan segalanya.

(Baca juga: cara menghilangkan kerutan di mata)

3. Mengurangi Minuman Beralkohol

Beberapa orang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol dan sebagian pasti begitu ketagihan atau mengonsumsi dalam jumlah besar. Ketahui bahwa alkohol mampu menjadi faktor pemicu retensi air yang menyebabkan kantung mata atau mata bengkak. Itulah mengapa keesokan paginya mata akan terlihat lebih besar, kantung pun menebal setelah bangun tidur.

Ketika malam harinya Anda minum minuman beralkohol, jangan lupa imbangi pula dengan mengonsumsi air putih. Seimbangkan asupan alkohol dengan air putih, atau kalau bisa perbanyak air putihnya meski Adan masih mengonsumsi alkohol. Jangan minum terlalu malam karena Anda hendak tidur dan kemungkinan berkantung mata tebal keesokan paginya sangat besar.

4. Memakai Putih Telur

Sudah pasti putih telur adalah cara perawatan mata yang ampuh selain memiliki manfaat dalam mencerahkan kulit. Menggunakan putih telur sebagai masker wajah adalah keputusan terbaik karena bahan ini begitu alami yang sekaligus mampu mengurangi kerutan wajah. Jadi, penuaan dini pun Anda bisa hindari juga.

Pisahkanlah dulu antara kuning dan putihnya, lalu putih telur Anda tempatkan pada mangkuk. Kocok putih telur tersebut hingga konsistensinya menjadi kaku, lalu tambahkan astringent pengencang kulit alami. Gunakan kain lembut atau kuas untuk proses penerapan ke wajah, terutama bagian bawah mata yang ada kantungnya. Tunggu kering sekitar 15 menit baru bilas wajah; lakukan setiap harinya rutin.

(Baca juga: cara alami menghilangkan mata panda)

5. Minum Air

Air biasa juga bisa digunakan sebagai penghilang kantung mata apabila Anda menginginkan cara paling sederhana. Mata berkantung atau mata yang kelihatan bengkak di bagian bawahnya bisa diatasi hanya dengan minum banyak air putih. Tubuh perlu selalu terhidrasi supaya retensi air juga dapat dicegah.

Air jugalah yang akan membawa racun keluar dari tubuh Anda dengan alami, jadi minumlah setidaknya 8 sampai 10 gelas air putih. Lakukan hal ini bukan hanya ketika mata berkantung, tapi minumlah dengan takaran tersebut setiap hari. Minuman yang berkarbonasi tinggi atau berkafein hendaknya mulai dikurangi atau kalau bisa dihindari.

6. Menggunakan Mentimun

Meski ada cream untuk menghilangkan kantung mata hitam dan mengganggu, alangkah lebih aman bila menggunakan bahan alami. Mentimun adalah salah satu bahan yang boleh Anda coba karena efeknya yang bagus dalam mengencangkan kulit. Selain lingkaran hitam dan kantung mata, keriput tanda penuaan dini juga mampu dihilangkan.

Penggunaannya begitu mudah, yakni dengan mengiris mentimun tebal-tebal, lalu irisannya bisa dimasukkan dulu ke dalam kulkas. Tujuannya supaya irisan mentimun lebih dingin, cukup 10 menit saja memasukkannya dan baru boleh Anda terapkan ke bagian bawah mata. Tempelkan selama 10 menit kurang lebih atau sampai tidak dingin lagi; dalam sehari, ulangi proses perawatan ini beberapa kali.

(Baca juga: manfaat kemiri untuk alis)

7. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal bagus khasiatnya bagi kulit, jadi tak salah apabila Anda memanfaatkannya bahkan untuk menghilangkan kantung mata. Kantung dan bengkak pada area bawah mata dapat berkurang. Tak hanya itu, garis-garis halus serta keriput juga dapat turut disingkirkan dengan penggunaan gelnya.

Terapkan saja gelnya langsung ke daerah mata bagian bawah sambil memijat-mijat lembut supaya sirkulasi darah berjalan lancar. Saat proses penerapannya, hati-hati karena gel dapat masuk ke mata, jadi cegah supaya tidak sampai terjadi. Ekstrak lidah buaya juga ada terkandung di dalam sejumlah produk perawatan kulit yang juga bisa Anda peroleh dan gunakan.

8. Memanfaatkan Stroberi

Buah stroberi yang kaya akan vitamin C dan kandungan airnya ini betul-betul mampu menolong kantung mata menghilang. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan stroberi karena adanya kandungan alpha hidroxy aciddi dalamnya yang mampu menghaluskan kulit. Selain itu, kulit juga akan tampak awet muda dengan buah segar satu ini.

Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kantung mata, ambil beberapa stroberi untuk didinginkan lebih dulu di dalam lemari es. Cukup setengah jam saja mendinginkannya, baru iris-iris tebal di mana irisannya bisa diletakkan di bagian bawah mata. Sambil berbaring lebih dianjurkan dan biarkan kandungan-kandungan baiknya meresap sempurna selama beberapa menit ke dalam kulit.

(Baca juga: manfaat sirih untuk alis)

9. Menggunakan Air Garam Hangat

Garam tak hanya bisa dijadikan sebagai penyedap pada setiap masakan Anda, dan walau Anda perlu mengurangi asupannya, bukan berarti Anda tak bisa memakainya untuk perawatan dari luar. Obat sederhana dengan mencampurkan air panas dan garam adalah salah satu cara paling baik untuk menghilangkan kantung mata.

Sediakan mangkuk yang sudah diisi dengan seliter air atau setara dengan 4 gelas dan campur bersama ½ sendok teh garam. Airnya jangan terlalu panas dan siapkan bola kapas yang dapat Anda rendam. Baru setelahnya, Anda bisa meletakkan bola kapas yang basah ke area mata cukup beberapa menit saja. Proses dapat diulangi untuk 15-20 menit.

10. Memakai Air Es

Air es adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kantung mata secara simpel dan murah meriah. Bila kantung mata muncul karena kurang tidur, jangan khawatir lagi karena Anda dapat merawat bagian bawah mata Anda menggunakan air es ini. Air dingin bisa mengurangi kantung dan bengkak pada area mata.

Jadi, mulailah membiasakan membilas wajah menggunakan beberapa cipratan air es dan lakukan hal ini sepanjang hari beberapa kali. Atau, bisa juga Anda mengompres bagian mata dengan handuk yang sudah Anda rendam ke dalam air es. Ini cukup efektif dan bisa Anda ulangi seperti yang diperlukan.

11. Menggunakan Es Batu

Selain dari air es, Anda juga dapat membuat es batu sendiri dengan mendinginkan air di dalam freezer. Es batu yang sudah jadi dapat Anda bungkus menggunakan handuk sebelum akhirnya bisa Anda terapkan atau kompreskan ke area mata, terutama bagian bawahnya yang berkantung.

Efek dari es batu ini sama saja dengan air es, hanya saja ini cara alternatif apabila Anda menginginkan langkah perawatan lain tapi hampir serupa. Cukup meletakkan handuk dingin berisi es batu ke area mata, Anda akan merasakan perbedaannya nanti. Ulangi selama beberapa hari secara rutin untuk memperoleh hasil terbaik.

(Baca juga: cara menghilangkan kantung mata dengan es batu)

12. Memanfaatkan Sendok Dingin

Sebagian dari Anda mungkin belum terlalu familiar dengan perawatan menggunakan sendok dingin ini. Cara ini juga tergolong paling sederhana tapi juga efektif untuk membuat kulit kencang tanpa kantung mata. Selain mengencangkan kulit, pembuluh darah dapat terkendurkan pula dengan cara ini sehingga mata berkantung, mata lelah dan mata bengkak bakal hilang.

Sediakan 5-6 sendok yang terbuat dari logam tentunya dan taruhlah di dalam kulkas sekitar 10 hingga 15 menit saja. Ketika proses pendinginan selesai, tempelkan bagian cekung bulatan sendok ke mata seperti menutupinya (lakukan pada kedua mata). Tunggu beberapa menit hingga sendok tak dingin lagi, ketika sudah tak dingin, ganti dengan sendok lain yang masih dingin.

13. Memakai Kantong Teh

Menggunakan kantong teh apa saja boleh, baik itu teh hijau atau kantong teh hitam karena dua-duanya benar-benar memberikan efek tenang. Efek seperti inilah yang pada dasarnya dibutuhkan oleh mata berkantung, mata yang teriritasi atau mata bengkak. Karena berkandungan anti inflamasi, kantong teh ini sangat bagus.

Ambil 2 kantong teh yang kemudian bisa Anda masukkan ke lemari es kurang lebih 30 menit saja. Posisikan tubuh dalam keadaan berbaring, lalu kantong teh dingin bisa Anda letakkan di area mata berkantung sekitar 10-15 menit. Model pengompresan ini sangat efektif apalagi kalau Anda mengulanginya sehari beberapa kali.

14. Menggunakan Kentang

Apakah Anda ingin menghilangkan kantung mata dengan cepat tapi alami dan jitu? Cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari bisa Anda coba, yakni salah satunya dengan memanfaatkan kentang. Efek yang diberikan kentang hampir mirip dengan mentimun dan karena sifat anti-inflamasinyalah kantung mata bisa diusir.

Kupas dulu kentang berukuran sedang yang sudah Anda siapkan, cuci dan keringkan juga. Kemudian parutlah kentang dan letakkan pada kain yang masih bersih, ikatlah. Kompreskan kain ke area mata berkantung selama beberapa menit saja sebelum nantinya perlu diulangi lagi beberapa kali. Tak hanya kantung mata, lingkaran hitam pun pasti memudar.

(Baca juga: manfaat kentang untuk kulit wajah)

15. Memakai Ampas Teh

Selain kantong teh, ampas teh pun juga bisa Anda andalkan dalam mengatasi dan menghilangkan kantung mata mengganggu. Karena di dalam teh ada kandungan zat tanin, maka tanda penuaan dini dapat dicegah oleh ampas teh. Jerawat dan juga pigmentasi kulit yang disebabkan oleh cahaya matahari pun bukan masalah lagi.

Cara menghilangkan kantung mata, gunakan ampas teh dari yang sudah atau belum digunakan. Simpanlah dulu di dalam lemari es karena yang Anda perlukan adalah ampas teh dingin di mana ini bisa Anda gunakan sebagai masker. Ratakan ke seluruh bagian wajah, termasuk bagian bawah mata yang berkantung. Biarkan beberapa menit sebelum dibilas.

16. Memanfaatkan Bengkoang

Apapun penyebab kantung mata hitam dan bengkak, manfaatkan bengkoang sebagai masker wajah sekaligus penghilang kantung mata. Hanya dengan memarut bengkoang secukupnya, parutan bisa kemudian ditempelkan merata di daerah mata berkantung. Tunggulah sekitar 10 sampai 15 menit sebelum akhirnya Anda membilasnya menggunakan air.

Selain mampu menghilangkan kantung mata, bengkoang menawarkan khasiat lainnya juga. Apabila menginginkan wajah cerah bersinar dan mengangkat segala sel kulit mati, bengkoang dapat menjadi jawaban terbaik bagi perawatan kulit wajah Anda setiap hari. Biarkan kulit wajah berelaksasi menggunakan bengkoang ini, terutama setelah Anda pulang dari kegiatan luar rumah.

(Baca juga: manfaat tomat untuk alis)

17. Tidak Merokok

Cara ampuh lainnya untuk menghilangkan kantung tebal pada mata yang mengganggu penampilan adalah dengan tidak merokok. Merokok merupakan kebiasaan tak sehat yang mampu memperburuk kinerja organ dalam tubuh. Tapi tak hanya itu, bahkan kulit pun dapat rusak dikarenakan zat kimia berbahaya di dalam rokok, jadi hentikan dan perhatikan perbedaan kantung mata Anda.

18. Mengatur Posisi Tidur

Rupanya masalah posisi saat tidur juga dapat menyebabkan kantung mata. Bagi Anda yang suka tidur dengan posisi miring atau tengkurap, ini ternyata bukanlah posisi yang tepat karena mampu memicu kantung mata. Percaya atau tidak, berbaring telentang adalah jauh lebih baik untuk kondisi mata Anda.

Kedua posisi tersebut justru bakal membuat cairan menumpuk pada bagian bawah mata meski posisi tidur miring dan tengkurap adaah hal yang wajar. Dengan posisi telentang, khususnya dengan menambah jumlah bantal agar kepala agak lebih terangkat, ini akan menghindarkan cairan menimbun di bawah mata Anda. Jadi, praktikkan mulai malam ini agar kantung mata dapat memudar.

(Baca juga: cara merawat wajah agar tetap segar)

19. Memakai Minyak Zaitun

Minyak zaitun biasanya digunakan untuk pengganti minyak goreng biasa dalam memasak agar lebih menyehatkan bagi tubuh. Tapi minyak zaitun juga baik digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Khasiatnya untuk menghilangkan kantung mata juga sudah terbukti efektif sebab Ratu Mesir, Cleopatra, pada zaman dulu pun merawat kecantikannya menggunakan minyak zaitun.

Tidak sulit untuk menggunakan bahan ini karena Anda hanya cukup mengambil beberapa tetes saja yang kemudian bisa dioles ke area mata. Berikan pijatan lembut juga, dan lakukan setiap sesudah mandi pada pagi dan sore hari. Tinggalkan selama setengah jam supaya penyerapan nutrisinya sempurna.

20. Minyak Almond

Satu lagi jenis minyak yang pastinya bisa Anda gunakan untuk perawatan kulit wajah, khususnya kulit pada area mata. Kandungan mineral alaminya sangat lengkap, seperti kolagen, asam folat, magnesium, serta kalsium. Untuk kantung mata, kolagenlah yang akan berperan banyak untuk memudarkannya dengan mengencangkan kulit yang kendur.

Sediakan minyak almond sesuai dengan yang dibutuhkan saja dan setiap sehabis mandi, oles area mata dengan minyak ini. Pijat-pijat lembutlah bagian tersebut supaya minyak dapat meresap secara sempurna kurang lebih selama 10 menit. Tunggulah sampai kering di kulit baru Anda bisa membilasnya menggunakan air es atau air dingin hingga benar-benar bersih.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

21. Tidur Cukup

Selain posisi tidur yang harus Anda perhatikan, hilangkan kantung mata dengan mendapatkan tidur yang cukup. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada kemungkinan penyebab dari kantung mata adalah kurang tidur. Ketidakkonsistenan dalam kebiasaan tidur Anda bisa menyebabkan kantung mata hitam juga, jadi beristirahatlah secara cukup.

Tidur di malam hari selama 8 jam adalah yang paling dianjurkan karena hal ini bakal dapat memperbaiki segala masalah pada bagian bawah mata Anda. Kantung mata pun juga bisa diatasi karena tidur yang cukup akan otomatis meningkatkan peredaran darah. Hindari begadang atau kantung mata justru makin tebal dan semakin sulit nantinya untuk ditangani.

22. Menggunakan Susu

Diketahui pula bahwa minum susu dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata yang membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Kantung mata menandakan bahwa mata Anda sedang lelah-lelahnya dan susu akan menenangkan mata yang lelah tersebut. Retensi air yang terjadi pun akan dapat dikurangi sedikit-sedikit.

Atau, ambil bola kapas untuk Anda celupkan ke dalam susu, lalu tempelkan bola kapas ke atas mata Anda. Masker mata satu ini juga merupakan cara ampuh untuk memudarkan kantung mata, apalagi kalau perawatan ini dilakukan rutin selama setengah jam secara rutin. Setelah selesai, bilas area mata dengan air seperti biasa dan lihat bedanya.

23. Menghindari Paparan Polusi dan Sinar Matahari

Sinar matahari serta polutan dalam bentuk apapun dapat menjadi faktor pemicu dari adanya kantung mata, jadi pastikan bahwa Anda melindungi kulit wajah dengan baik selama berada di luar ruangan. Terlalu lama terkena paparan polusi dan sinar matahari bisa berakibat buruk, yakni merusak kolagen dalam tubuh.

Kantung mata terjadi sebagai akibat dari kulit yang mulai kehilangan elastisitasnya karena kedua faktor tersebut. Bahkan garis halus maupun kerutan juga bakal terlihat ketika Anda terlalu sering berada di luar ruangan tanpa melindungi kulit wajah. Gunakan kacamata hitam, topi, tabir surya, maupun krim mata untuk memberikan proteksi maksimal.

(Baca juga: cara menebalkan bulu mata)

24. Tidak Minum Sebelum Tidur

Tak hanya sekadar alkohol atau minuman berkafein saja yang tidak dianjurkan untuk Anda minum beberapa jam sebelum tidur, tapi juga air putih. Banyak minum air putih memang disarankan, tapi konsumsilah dari pagi hingga sore hari. Sedangkan ketika malam tiba, jangan terlalu banyak minum.

Beberapa dokter menganjurkan untuk tidak minum air sebelum tidur, termasuk air putih yang banyak. Hal ini bakal menimbulkan retensi air sehingga menjadi faktor pemicu munculnya kantung mata. Bila ini menjadi kebiasaan Anda minum banyak sebelum tidur, cobalah untuk kurangi supaya air tak kemudian menumpuk di area mata bawah.

25. Rajin Berolahraga

Olahraga tak hanya berlaku bagi mereka yang sedang sakit atau yang sedang ingin menurunkan berat badan saja. Anda pun juga perlu melakukan olahraga untuk menjaga kesehatn kulit tubuh serta wajah. Olahraga seperti jogging, berjalan kaki, berlari, yoga, dan aktivitas fisik lainnya sangat bagus untuk menghilangkan kantung mata.

Kegiatan olahraga yang disebutkan tersebut merupakan contoh kegiatan fisik yang mampu melancarkan sirkulasi darah. Ketika sirkulasi darah sudah mulai lancar, otomatis kantung mata bisa memudar. Buktikan cara ini dengan memraktikkannya segera dan untuk olahraga yang nyaman, pilih alas kaki yang memang pas untuk olahraga.

(Baca juga: manfaat baby oil untuk alis)

Itulah sejumlah cara menghilangkan kantung mata secara alami dan ampuh untuk Anda coba. Apabila kurang percaya dengan segala bentuk krim perawatan kulit, kembalilah pada cara-cara tradisional yang sudah terpercaya sejak zaman dulu.