Categories
Makanan Sehat

19 Makanan Yang Membuat Kulit Hitam Sekaligus Sehat

Saat ini, trend warna kulit hitam nan eksotis telah menjadi trend dunia untuk wanita namun juga pria dan ada sebagian orang Indonesia yang juga mengikuti trend warna kulit ini.  Meskipun terlihat menghitam, namun warna kulit eksotis ini tetap terlihat sehat dan sehat yang bisa didapat dengan cara berjemur dibawah sinar matahari atau dikenal dengan istilah tan. Untuk mendapatkan warna kulit ini, ternyata juga bisa didapat dengan cara mengkonsumsi makanan yang membuat kulit hitam sehat sekaligus terlihat lebih segar dibandingkan warna kulit putih yang pucat.

  1. Wortel

Manfaat wortel untuk kulit sangat banyak karena memiliki kandungan beta karoten yang merupakan protein alami untuk pemberi warna kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2011 menemukan jika mengkonsumsi makanan tinggi beta karoten seperti wortel akan merubah warna kulit jadi lebih hitam karena peningkatan pigmentasi kulit dari bahan kimia bernama karotenoid. Akan tetapi, jika wortel dikonsumsi terlalu berlebihan, maka bisa menyebabkan tampilan kulit kurang enak dilihat bernama karotenemia sehingga jangan di konsumsi terlalu berlebihan.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan sehat yang berguna untuk membersihkan serta mengelupas kulit secara bersamaan namun tidak akan melukai kulit dan tidak menghilangkan kelembaban alami pada kulit. Selain berguna untuk menjaga kesehatan kulit, minyak zaitun juga berpengaruh dalam pemberian warna pada kulit sehingga penggunanya akan memiliki kulit yang sedikit hitam. Selain itu, ada kegunaan lain dari olive oil yang sangat menyehatkan ini yakni manfaat minyak zaitun untuk bibir.

  1. Paprika

Tips agar kulit menjadi putih secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan paprika, akan tetapi khasiatnya menjadi berbeda saat paprika ini dikonsumsi. Dalam paprika mengandung beta karoten tinggi seperti yang terdapat dalam wortel sehingga bisa menambah kehangatan warna kulit lebih hitam namun tetap bercahaya.

  1. Tomat

Dalam tomat juga memiliki kandungan karotenoid tinggi yang berperan dalam memberi warna pada kulit. Dari hasil survei membuktikan jika kebanyakan orang lebih menyukai warna kulit berkarakter karotenoid dibandingkan dengan melanin. Mengkonsumsi buah tomat akan memberikan warna indah pada kulit seperti habis berjemur di bawah terik matahari. Akan tetapi, jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan karena efek samping tomat untuk wajah akan membuat teksturnya menjadi terlalu kering.

  1. Aneka Buah Berry

Buah berry seperti strawberry, raspberry, blueberry dan sebagainya sudah dikenal baik sebagai buah sehat yang membantu melawan berbagai tanda penuaan dini. Selain itu, aneka jenis buah berry ini juga berkhasiat memberikan warna pada kulit sehingga terlihat lebih hitam karena kandungan anthocyanin yaitu pigmen untuk memperkuat serat kolagen.

  1. Kacang Brazil

Kulit yang terlihat kurang elastis dan kendur karena terbakar sinar matahari bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi segenggam kacang brazil. Kandungan selenium yang merupakan protein antioksidan ini akan mengurangi berbagai tanda kerusakan kulit karena sinar UV sekaligus memberikan tampilan warna kulit yang lebih hitam.

  1. Jambu Biji

Jambu biji menjadi salah satu buah yang mengandung likopen tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai tabir surya alami. protein ini juga sangat baik untuk memberi warna pada kulit, meningkatkan elastisitas kulit sehingga berbagai masalah penuaan dini seperti keriput bisa dihilangkan. Selain itu, bagian lain dari buah ini juga bisa dipakai diantaranya adalah manfaat daun jambu biji untuk wajah.

  1. Persik

Dalam buah persik mengandung banyak vitamin C, beta karoten dan juga asam hidroksi dimana semuanya ini sangat dibutuhkan wajah untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, buah persik juga ampuh dalam memberi dan menyamakan warna kulit serta melindungi dari kerusakan akibat sinar UV berbahaya.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi dan baik untuk menghaluskan kulit, memberikan kelembaban ekstra, mengurangi warna kemerahan kulit akibat radang, mengatasi jerawat serta memberikan warna kulit lebih hitam.

  1. Kacang Almond

Kacang almond yang terasa nikmat ini mempunyai sifat anti inflamasi sehingga bisa mengurangi kemerahan akibat jerawat meradang. Selain itu, kandungan magnesium, asam lemak omega 3 serta vitamin E dalam almond sanggup mengurangi hormon stress penyebab jerawat sekaligus memberi tone atau warna pada kulit anda sehingga terlihat lebih gelap.

  1. Ubi Jalar

Jika anda menyukai kentang goreng, sepertinya anda juga harus mencoba salah satu penganan umbi lainnya yakni ubi jalar. Nutrisi dalam ubi jalar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan manfaat kentang untuk wajah ternyata juga mengandung beta karoten tinggi yang akan memberi warna kulit lebih hangat dan menghitam secara alami.

  1. Rumput Laut

Rumput laut atau spirulina memiliki kadar tirosin tinggi yang sangat baik di konsumsi untuk menjaga kecantikan kulit. Mengkonsumsi rumput laut akan mengembalikan kekenyalan kulit, menambah kelembaban, mencegah penuaan dini sekaligus memberi warna pada kulit anda. Selain itu, rumput laut ini juga sangat baik dikonsumsi sebagai cara menghilangkan diperut secara alami.

  1. Rempah dan Herbal

Beberapa jenis rempah dan herbal memiliki kandungan riboflavin tinggi seperti paprika bubuk, ketumbar bubuk, kunyit bubuk dan sebagainya. Berbagai jenis bumbu ini tidak hanya bisa digunakan untuk menambah cita rasa masakan, namun juga baik untuk menurunkan berat badan dan membuat tampilan kulit terlihat lebih hitam.

  1. Bayam

Cara menyuburkan rambut bisa dilakukan dengan memanfaatkan bayam, akan tetapi bayam juga berguna untuk membuat tampilan kulit terlihat lebih menarik. Jenis sayuran bayam yang sering kita konsumsi sehari hari juga mengandung beta karoten tinggi dan juga lutein. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan tubuh untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet berbahaya. Beta karoten yang merupakan senyawa karotenoid ini akan larut dalam lemak yang ampuh untuk melindungi kulit dari penuaan serta kanker sekaligus meningkatkan produksi melanin sehingga kulit terlihat lebih hitam.

  1. Brokoli

Tidak hanya jeruk yang memiliki kandungan vitamin C tinggi, namun dalam 1 cangkir brokoli mengandung dua kali lipat jumlah vitamin C seperti yang ada dalam 1 buah lemon. Vitamin C ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen sehingga luka yang ada pada tubuh bisa sembuh lebih cepat. Kombinasi dari vitamin C dan juga karotenoid dalam brokoli membuatnya menjadi tanaman super untuk memperbaiki warna kulit.

  1. Labu Parang

Labu parang yang memiliki rasa nikmat juga baik dikonsumsi untuk memberikan tampilan kulit yang lebih hitam. Kandungan karotenoid dalam labu parang yang sangat kuat ini akan meningkatkan warna kulit sekaligus menyehatkan kulit anda. Sedangkan kandungan serat didalamnya sangat baik untuk pencernaan dan membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Mangga

Mangga yang menjadi salah satu buah tropis tidak hanya nikmat dan menyegarkan untuk di konsumsi, akan tetapi kandungan antioksidan kuat didalamnya seperti quercetin, astragalin dan asam galat terbukti ampuh untuk memberikan warna pada kulit sekaligus mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker usus besar, leukemia, kanker prostat dan juga kanker payudara.

  1. Keju

Cara merawat kuku agar cantik dan bersih bisa dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai produk olahan susu. Keju dan berbagai produk olahan susu memiliki kandungan selenium yang tinggi. Protein ini tidak hanya berguna untuk melindungi kulit dari sengatan matahari berbahaya namun juga menghambat penuaan dini, melawan berbagai radikal bebas dan menampilkan kulit eksotis yang lebih hitam.

  1. Aneka Jenis Seafood

Aneka jenis seafood khususnya udang juga mengandung selenium yang tinggi dan bermanfaat untuk memberikan tampilan kulit berwarna hitam merata dan sehat sekaligus mencukupi kebutuhan tubuh secara menyeluruh khususnya menjaga kesehatan kulit tubuh anda.

Beberapa jenis makanan yang membuat kulit hitam ini sangat baik di konsumsi setiap hari. Tidak hanya membuat warna kulit anda lebih indah dan segar, namun ada banyak nutrisi penting lain yang ada dalam setiap makanan ini untuk mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan kulit anda secara menyeluruh. Beberapa makanan yang harus anda hindari karena bisa membuat kulit terlihat hitam namun kusam dan tidak sehat adalah kafein, gula, makanan berlemak dan juga makanan yang tinggi akan karbohidrat karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit anda.