Categories
Kulit

9 Cara Menghilangkan Selulit Setelah Melahirkan Secara Cepat dan Alami

Wanita hamil dan baru selesai melahirkan seringkali memiliki masalah yang umum terjadi yani selulit. Selulit yang juga disebut dengan istilah kulit jeruk ini terjadi karena lemak menumpuk di bawah lapisan kulit yang kemudian menyebabkan ketidakseimbangan jaringan lemak. Beberapa area selulit terjadi sesudah melahirkan diantaranya adalah perut, paha dan bokong dengan tingkat keparahan dari mulai ringan sampai berat. Kondisi selulit ini terjadi karena jaringan ikat fibrosa diantara jaringan lemak dengan jaringan kulit sudah kehilangan tingkat elastisitasnya dan bahkan sampai terputus sehingga akumulasi lemak jadi tak merata. Lemak yang semakin menumpuk tersebut kemudian menyebabkan timbulnya gurata, gumpalan dan permukaan kulit yang tidak merata atau dikenal dengan nama selulit. Hormon estrogen dan progesteron yang meningkat tajam selama masa kehamilan juga memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak lemak sehingga selulit tersebut semakin sulit untuk dihilangkan. Untuk cara menghilangkan selulit setelah melahirkan sebenarnya tidak harus menggunakan krim atau produk perawatan kecantikan lain yang mengandung bahan kimia, namun bisa diatasi dengan beberapa bahan alami cara menghilangkan selulit di paha dan area lain seperti rekomendasi terbaik berikut ini.

  1. Lidah Buaya

Gel atau lendir yang ada dalam lidah buaya mengandung vitamin E tinggi yang sangat baik untuk merawat kulit seperti mengatasi selulit sesudah melahirkan secara manfaat lidah buaya untuk kulit sangat efektif dan aman untuk digunakan.

  • Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada selulit dan diamkan selama beberapa menit atau hingga mengering.
  • Lanjutkan dengan membilasnya sampai bersih dan dilakukan secara teratur 2 kali sehari.
  1. Wortel

Manfaat wortel untuk kulit yang sering dikonsumsi sebagai sayur, kue, semoothie dan juga jus ini ternyata juga sangat baik digunakan untuk mengatasi selulit karena kandungan vitamin serta mineral yang tinggi.

  • Haluskan wortel secukupnya lalu tambahkan dengan sedikit madu.
  • Oleskan campuran ini secara merata ke area selulit dan diamkan sampai mengering.
  • Bilas sampai bersih dan lakukan 2 kali sehari.
  1. Ginkgo Biloba

Tanaman ini sudah digunakan sejak lama untuk berbagai keperluan medis seperti meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit bisa lebih sehat dan teksturnya lebih rata. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, maka transfer lemak akan tersimpan dengan efektif dari selulit ke jaringan otot dan kemudian akan di pakai sebagai energi.

  1. Teh Hijau

Selain banyak manfaat teh hijau untuk wajah, tanaman ini juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus membakar lemak sehingga produksi enzim penyerap minyak bisa dihentikan. Katekin yang ada dalam teh hijau juga sangat baik untuk mengurangi resistensi insulin. Minum 3 cangkir teh hijau sehari sangat baik untuk membakar kalori sebanyak 80 kalori sehingga penumpukan lemak penyebab selulit bisa dikurangi secara drastis.

  1. Gelatin

Kurangnya kolagen sesudah melahirkan juga menjadi penyebab utama dari selulit dimana kulit akan terlihat kelelahan, kering dan juga keriput. Gelatin yang merupakan sumber kolagen ini sangat baik untuk mengatasi masalah selulit sekaligus tips agar awet muda. Gelatin yang merupakan sumber protein, asam amino, prolin dan glisin ini sangat penting untuk mengatur lemak dan berat badan.

  • Gunakan gelatin pada saat membuat kaldu sup untuk dikonsumsi sehari hari.
  • Cara lainnya adalah menambahkan 1 sendok makan gelatin ke dalam smoothie dan minum setiap hari.
  1. Menyikat Kulit Selulit

Menyikat kulit yang kering juga banyak digunakan para wanita untuk mengurangi selulit secara aman. Menyikat selulit dengan sikat lembut seperti sikat gigi sangat ampuh untuk meningkatkan aliran darah, mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan cara merangsang sistem limfatik yakni kelenjar getah bening yang ada tepat di bawah permukaan kulit area selulit. Menggabungkan perawatan eksternal yakni menyikat area selulit dengan perawatan internal seperti beberapa cara diatas sangat baik dilakukan setiap hari untuk menghilangkan selulit lebih cepat.

  • Sikat seluruh bagian tubuh mulai dari kaki sampai ke bahu khususnya pada area selulit dan sikat dari arah kiri ke kanan tubuh.
  • Jaga tekanan gerakan menyikat supaya fokus pada jantung sehingga sirkulasi darah bisa ditingkatkan.
  • Lakukan penyikatan ini selama 5 sampai 10 menit lalu mansi seperti biasa untuk menyingkirkan sel kulit mati.
  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga menjadi ramuan kesehatan terbaik untuk kesehatan manusia termasuk mengurangi lemak dan selulit sekaligus cara merawat kulit kering. Minyak kelapa ini bisa digunakan sebagai pengobatan internal maupun eksternal untuk selulit. Minyak kelapa sangat baik untuk menghidrasi kulit sekaligus memecah selulit lebih cepat sesudah melahirkan.

  • Untuk internal, hanya cukup mengkonsumsi 1 hingga 2 sendok makan minyak kelapa mentah sebanyak 3 kali sehari.
  • Untuk penggunaan eksternal, kombinasikan minyak kelapa dengan minyak jeruk lalu gosok pada area selulit selama 3 hingga 5 menit.
  • Lanjutkan dengan mandi seperti biasa dan gosok kulit kering yang menempel pada kulit.
  1. Pasta Tomat

Dalam tomat mengandung likopen yang merupakan sumber antioksidan tinggi. Dalam sebuah studi memperlihatkan jika likopen sangat baik untuk mencegah kerusakan kolagen dan menjaga lapisan kulit tetap sehat sekaligus mengeluarkan sel lemak penyebab selulit.

  1. Cabe Rawit

Cabe rawit merupakan makanan pembakar lemak yang ampuh untuk meningkatkan panas di dalam tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, cabe rawit juga membantu untuk menghilangkan sel kulit mati dan menggantinya dengan sel yang sehat sekaligus cara mencegah penuaan dini. Mengkonsumsi cabe rawit sangat baik untuk mengurangi selulit di beberapa bagian tubuh sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  • Campurkan 2 sendok teh bubuk cabe rawit dengan sari 1 buah lemon dan 1 sendok teh jahe parut lalu campur dengan 1 gelas air hangat.
  • Minum campuran ini 3 kali setiap hari selama 1 sampai 2 bulan.

Cara menghilangkan selulit setelah melahirkan bisa dilakukan dengan beberapa cara alami yang sudah kami berikan diatas sekaligus diimbangi juga dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa mengurangi berat badan dan penumpukan lemak dalam tubuh sebagai salah satu penyebab dari terjadinya selulit.