Categories
Buah Sehat

8 Manfaat Pepaya Muda untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh

Semua orang mengenal buah pepaya. Buah ini mudah dijumpai di berbagai wilayah. Pepaya mengandung vitamin A yang tinggi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat yang perlu disoroti dari pepaya adalah manfaatnya untuk kecantikan kulit. Apabila kita cermati, ternyata banyak juga kosmetik di pasaran yang menggunakan bahan utama pepaya.

Enzim pada buah pepaya muda ternyata ada dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan pepaya yang masak. Enzim ini berfunsi menganalisis protein pada tubuh, mendorong metabolisme, dan mempercepat penghapusan kelebihan lemak. Namun, buah pepaya tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang mengandung, khususnya pada awal kehamilan.

Manfaat Pepaya Muda untuk Kecantikan

Beberapa manfaat buah pepaya mudah yang Anda bisa dapatkan untuk kecantikan, antara lain:

1. Melembutkan kulit wajah

Di dalam pepaya terdapat enxim atau AHA yang berguna menghilangkan sel kulit mati. Jika Anda menggunakan pepaya sebagai perawatan kecantikan secara teratur, Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan lembut. Cara Anda memanfaatkan pepaya:

  1. Gunakan pepaya secukupnya, haluskan menggunakan blender, bisa juga dengan tumbukan.
  2. Tambahkan 2 sdm madu, aduk semua bahan itu menjadi satu.
  3. Oleskan pada wajah dan leher, tapi tidak usah sampai daerah mata dan bibir.
  4. Tunggu sampai seperempat jam.
  5. Bersihkan masker ini pakai air hangat
  6. Lakukan rutin setiap hari untuk hasil maksimal.

2. Mencegah penuaan dini (anti aging)

Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi wajah kita dari radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan beraneka ragam masalah kulit, seperti kulit kering, keriput, dan masalah lainnya.

Cara menggunakan pepaya sebagai anti aging:

  1. Gunakan 1/4 buah pepaya.
  2. Haluskan buah pepaya.
  3. Gunakan sebagai masker untuk wajah dan leher, hindari penggunaannya pada daerah mata dan bibir.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Bersihkan pakai air hangat.
  6. Lakukan setidaknya dua kali dalam 1 minggu.

Nb: Lebih bagus lagi kalau pakai pepaya yang sudah matang.

3. Menyembuhkan kaki yang pecah-pecah

Tumit kaki yang pecah-pecah sering dialami pada saat musim kemarau. Cuaca panas menyebabkan kulit kehilangan kelembaban. Inilah yang memicu timbulnya pecah-pecah pada tumit kaki. Tentu saja, kita tidak menginginkan tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Bagaimana cara mengatasinya?

Anda bisa menggunakan getah dari buah pepaya mudah untuk menyembuhkan kaki Anda yang pecah-pecah sehingga kaki Anda menjadi lebih cantik dan mulus. Selain cara menghaluskan kaki, ada juga cara menghaluskan telapak tangan.

4. Mengangkat sel kulit mati

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pepaya mengandung enzim yang mampu mengangkat sel kulit mati. Ini bisa membuat kulit jadi lebih halus dan bersih. Kulit juga jadi lebih segar dan sehat.

5. Mencerahkan, memutihkan dan membersihkan kulit

Masker yang dibuat dari buah pepaya muda bisa membantu Anda memperoleh kulit yang cerah. Penyebab kulit menjadi gelap adalah produksi melanin yang banyak pada tubuh. Buah pepaya mengandung vitamin dan enzim tironase yang bisa menghambat produksi melanin. Kandungan inilah yang bisa membuat kulit jadi cantik, bersih, dan cerah. Selain menggunakan pepaya, Anda juga perlu menghindari kebiasaan yang membuat kulit hitam. Untuk cara alami lainnya, Anda juga bisa melakukan cara memutihkan wajah dengan daun binahong.

6. Menguruskan badan

Enzim pada pepaya dapat mengurai protein, lemak, dan karbohidrat. Mengonsumsi pepaya muda bisa membantu Anda memperbaiki sistem metabolisme. Proses pembakaran lemak menjadi energi bagi tubuh menjadi lebih baik.

7. Mengatasi jerawat

Menghilangkan jerawat tergolong sulit. Kenapa? Karena jika sudah hilang pun akan muncul lagi, bahkan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Tapi, dengan masker pepaya, Anda bisa menghilangkan jerawat Anda dan menyamarkan noda, flek, bahkan bekas jerawat.

Pepaya mampu menyerap produksi minyak pada kulit. Enzim papain yang ada pada pepaya juga mampu melawan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Cara membuat masker pepaya untuk jerawat:

  • Siapkan buah pepaya secukupnya, blender sampai halus.
  • Tambahkan beberapa sendok makan madu. Aduk hingga rata.
  • Oleskan masker ini pada kulit wajah yang ada jerawatnya.
  • Tunggu hingga 20 menit. Bilas pakai air hangat. Keringkan pakai handuk.

Dalam mengatasi jerawat di wajah, lebih baik gunakan pepaya yang sudah matang daripada pepaya yang masih muda.

8. Menghilangkan bekas luka terbakar

Manfaat ini bisa Anda rasakan ketika mengalami luka bakar ringan. Caranya cukup simpel. Tinggal cuci pepaya muda, gores-gores kulitnya sampai getah pepaya keluar. Oleskan getah yang keluar pada luka bakar Anda. 

Cara Menggunakan Pepaya Muda Sebagai Perawatan Kulit

Caranya cukup mudah. Ikuti cara-cara berikut ini:

  1. Kupas buah pepaya mudah.
  2. Cuci pepaya mudah sampai bersih.
  3. Potong pepaya muda tipis-tipis.
  4. Untuk mendapatkan telapak kaki dan tumit yang mulus, Anda bisa menggunakan pepaya muda ini sebagai masker pada kaki dan tumit yang pecah-pecah. Lakukan rutin supaya kaki jadi mulus.
  5. Untuk memperoleh kulit yang cerah, haluskan pepaya mudah dan gunakan sebagai masker.
  6. Anda bisa juga mengkonsumsi pepaya masak secara langsung guna merawat kulit dari dalam tubuh.

Apakah Anda tertarik untuk melakukan perawatan kecantikan dengan pepaya mudah? Lakukan perawatan ini secara rutin di rumah, baik pada pagi hari maupun sore hari. Apabila terjadi alergi maupun iritasi, segera hentikan perawatan ini karena tidak semua jenis atau tipe kulit bisa menerima perawatan tertentu. Selain membuat masker dari pepaya, Anda juga bisa mengikuti cara membuat lulur ketan tradisional yang bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda dan cara membuat masker jahe dan cuka. Selamat mencoba.