8 Cara Membuat Masker Jahe dan Cuka Solusi Kecantikan Kulit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat masker wajah untuk perawatan secara alami seperti salah satunya adalah dengan masker jahe dan juga cuka. Jahe memiliki banyak kegunaan seperti menyembuhkan jerawat, mengatasi bintik hitam, cara menghilangkan bibir hitam, mengatasi penuaan dini, mengatasi kulit berminyak dan juga menghilangkan bekas luka. Sedangkan cuka juga memiliki banyak manfaat untuk wajah sehingga cocok dipakai sebagai bahan dasar masker. Cuka mengandung antiseptik dan anti bakteri yang sangat baik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, menangkal radikal bebas, menjaga keseimbangan pH kulit dan mencegah kulit wajah dari iritasi. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara membuat masker jahe dan cuka yang sangat mudah untuk anda praktekkan di rumah.

  1. Masker Jahe Cuka Untuk Jerawat

Kombinasi jahe dan cuka yang digunakan sebagai masker ini sangat baik untuk menyingkirkan penyebab wajah berminyak dan berjerawat yang berwarna merah karena radang. Jahe dan cuka juga sangat baik mengatasi inflamasi pada kulit wajah sehingga baik digunakan setiap hari untuk hasil memuaskan.

  • Parut jahe secukupnya sekitar 1 sendok teh jahe parut.
  • Campurkan jahe parut dengan 1 sendok teh cuka dan air secukupnya.
  • Masukkan campuran ini ke dalam freezer hingga membeku.
  • Sesudah membeku, haluskan kembali pasta lalu gunakan pada wajah sambil digosok secara lembut lalu bilas hingga bersih.
  1. Masker Jahe Cuka dan Minyak Zaitun

Masker wajah alami ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan bisa diaplikasikan pada wajah sebanyak 2 kali seminggu untuk menghilangkan flek hitam. Penggunaan secara rutin akan membuat kulit wajah terlihat bercahaya dan menyamakan warna kulit wajah. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun bisa dilihat berikut ini.

  • Campurkan parutan jahe dengan olive oil dan cuka secukupnya.
  • Oleskan masker secara merata pada wajah dan leher lalu diamkan selama 1 hingga 2 menit dan bilas hingga bersih.
  1. Masker Jahe Cuka dan Teh Hijau

Kombinasi jahe, cuka dan juga manfaat teh hijau untuk wajah sangat baik untuk menenangkan kulit wajah yang gatal dan iritasi karena jerawat dan sinar matahari. Selain itu, kandungan abti bakterial dalam masker ini sangat cocok digunakan sebagai toning kulit khususnya untuk kulit wajah yang berminyak.

  • Seduh teh hijau secukupnya dengan air mendidih dan tutup selama 10 menit.
  • Campurkan seduhan teh hijau yang sudah dingin dengan parutan jahe dan cuka lalu aduk hingga rata.
  • Oleskan masker ini pada wajah dan diamkan selama 2 menit lalu bilas sampai bersih.
  1. Masker Jahe Cuka dan Lumpur

Masker ini juga cocok digunakan semua jenis kulit namun paling cocok digunakan untuk mengatasi kulit berminyak dan mencegah jerawat. Jahe, cuka dan lumpur ini juga sangat baik untuk menyingkirkan komedo hitam dan cara menghilangkan komedo putih di hidung sekaligus membuat kulit wajah terlihat glowing.

  • Campur 20 gram lumpur putih dengan 10 ml cuka, 15 ml minyak esensial chamomile dan 20 gram jahe parut.
  • Aplikasikan masker ini secara merata pada wajah dan leher.
  • Diamkan selama 4 menit lalu bilas hingga bersih.
  1. Masker Jahe Cuka dan Lemon

Kombinasi parutan jahe dengan cuka dan lemon sangat baik untuk menghilangkan wajah berminyak dan juga mencegah jerawat. Selain itu, masker ini juga sangat baik digunakan untuk tips mencegah penuaan dini pada wajah seperti kerutan dan garis halus.

  • Campurkan jahe parut secukupnya dengan perasan lemon, cuka dan lumpur hijau hingga rata.
  • Aplikasikan masker pada wajah dan diamkan selama 2 menit lalu bilas hingga bersih.
  • Gunakan masker ini antara 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil memuaskan.
  1. Masker Jahe Cuka dan Madu

Masker jahe, cuka dan madu sangat baik digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah pada wajah sekaligus mencegah timbulnya garis halus serta kerutan. Gunakan masker ini sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

  • Campurkan jahe bubuk secukupnya dengan cuka dan madu hingga menjadi pasta yang kental.
  • Oleskan masker ini pada wajah dan leher lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.
  1. Masker Jahe Cuka dan Coklat

Kombinasi ketiga bahan ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit sebagai pencegahan tanda tanda penuaan dini, mengeluarkan racun dari dalam kulit dan mengangkat sel sel kulit mati sebab banyak manfaat coklat untuk kulit sehingga baik digunakan sebagai bahan kombinasi masker.

  • Campurkan jahe, cuka, coklat bubuk dan minyak wijen secukupnya hingga menjadi adonan seperti pasta.
  • Simpan sebentar dalam lemari es hingga dingin lalu aplikasikan pada wajah saat malam hari sebelum tidur.
  1. Masker Jahe Cuka dan Jeruk
  • Masker alami ini sangat baik untuk mengatasi kulit yang kusam, kulit kering dan juga menghaluskan kulit wajah karena mengandung sifat antiseptik yang sangat tinggi sekaligus mengelupas sel kulit mati yang ada di lapisan teratas kulit wajah.
  • Campurkan oat yang sudah dihaluskan dengan jahe bubuk, kulit jeruk yang sudah dihaluskan, cuka dan perasan jeruk hingga menjadi adonan pasta yang kental.
  • Oleskan masker ke wajah memakai kuas atau jari dan diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas hingga bersih memakai air dingin.

Cara membuat masker jahe dan cuka sangatlah mudah dan bahan bahannya bisa didapatkan di sekitar anda. Masker alami ini sangat cocok digunakan sebagai perawatan wajah untuk mengatasi berbagai masalah di wajah anda dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit.