Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun

Sponsors Link

Kulit mulus yang dimiliki wanita tentu akan ternoda apabila terdapat munculnya flek hitam di wajah. Selain jerawat dan komedo, flek memang menjadi salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan seseorang. Flek hitam ini berbeda dengan komedo ataupun jerawat. Biasanya tampak seperti titik – titik berwarna gelap yang muncul secara berkelompok atau tersebar di seluruh wajah dan bagian kulit tubuh lainnya. Flek ini dapat terletak pada permukaan kulit ari (epidermis) atau pada kulit dalam. Flek yang terletak di kulit dalam lebih sulit dihilangkan daripada flek yang terdapat di epidermis.

ads

Minyak Zaitun

Apakah minyak zaitun itu? Minyak zaitun ini atau dalam bahasa Inggrisnya disebut olive oil, dihasilkan dari buah pohon zaitun yang banyak tumbuh di daerah Mediterania atau Timur Tengah. Bentuk buahnya bulat hijau ketika mentah dan ketika mulai matang warnanya berubah menjadi kekuningan. Minyak zaitun banyak digunakan untuk memasak, bahan kosmetik, bahan bakar untuk lampu minyak dan juga menjadi bahan dalam pembuatan sabun. Ada beberapa jenis minyak zaitun yang banyak terdapat di pasaran, yaitu:

  • Extra Virgin Olive Oil

Berasal dari proses pemerasan pertama menggunakan buah zaitun berkualitas tinggi, minyak jenis ini dihasilkan tanpa melalui proses pemanasan dan bahan kimia. Teknik tersebut disebut teknik cold press. Karena berasal dari bahan nomor satu, harga minyak jenis ini juga lebih tinggi dari jenis lainnya. Biasanya berwarna kehijauan, namun tidak bagus untuk dijadikan minyak goreng atau untuk menumis atau dimasak dengan suhu tinggi. Extra virgin olive oil sebaiknya diminum langsung atau dijadikan bahan pelengkap salad atau dressing makanan lain.

  • Virgin Olive Oil

Berasal dari proses pemerasan kedua, minyak zaitun jenis ini juga menggunakan teknik cold press. Tingkat keasaman minyak zaitun virgin oil lebih tinggi daripada jenis ekstra virgin oil. Bisa langsung dikonsumsi atau dijadikan bahan pelengkap salad.

  • Fino Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini merupakan jenis yang terbuat dari percampuran extra virgin dan virgin olive oil.

  • Pure Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini dihasilkan dari proses penyulingan dan terkadang ditambahkan jenis virgin untuk memperkuat cita rasanya. Kandungan nutrisi didalamnya lebih rendah daripada extra virgin namun harganya lebih terjangkau, minyak zaitun jenis ini yang dapat digunakan untuk memasak.

  • Pomace

Ini adalah residu yang tersisa dari proses pemerasan kedua dari buah zaitun. Residu tersebut tidak dibuang melainkan diolah kembali untuk menjadi bahan baku kosmetik dan lainnya. Jenis ini lebih cocok disebut sebagai limbah dari proses pembuatan minyak zaitun.

Minyak zaitun mempunyai sifat anti bakteri, anti radang atau anti inflamasi, dan mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang pada akhirnya dapat merusak kesehatan serta kecantikan kulit. Kandungan anti radang, anti bakteri dan anti inflamasinya juga sangat efektif untuk mencegah dan mengobati jerawat serta masalah kulit lainnya, termasuk menghilangkan noda – noda atau flek hitam di wajah. Karena berbagai macam khasiatnya tersebut, minyak zaitun juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi kulit mengelupas di tangan. Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak juga telah terkenal baik untuk membantu proses pertumbuhanny agar tebal dan hitam.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang digunakan untuk perawatan wajah adalah yang berjenis Extra Virgin Olive Oil. Untuk menghilangkan flek hitam dengan minyak zaitun, bisa dilakukan dengan bahan minyak zaitun saja atau mencampurnya dengan bahan sebagai scrub atau masker wajah, caranya seperti di bawah ini :

Sponsors Link

1. Minyak Zaitun

Pemakaian minyak zaitun saja tanpa campuran bahan lain berguna sebagai masker wajah. Pakailah minyak zaitun setiap malam sebelum tidur di wajah secara merata sambil dipijat perlahan. Biarkan selama 10-15 menit setelah itu basuhlah wajah dengan air hangat.

2. Minyak Zaitun dan Baking Soda

Campur 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan baking soda hingga rata, kemudian gosok merata di wajah dengan gerakan melingkar secara perlahan – lahan. Setelah beberapa menit, bersihkan wajah menggunakan lap handuk yang dicelup ke air hangat. Campuran ini berfungsi sebagai scrub wajah. Bila digunakan secara teratur  minimal seminggu sekali, Anda akan merasakan manfaat eksfoliasi wajah, salah satunya yaitu berkurangnya flek hitam atau noda di wajah.

3. Minyak Zaitun dan Tea Tree Oil

5 tetes minyak zaitun dicampur 3 tetes tea tree oil hingga merata, lalu usapkan ke wajah menggunakan kapas yang dicelupkan. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Untuk penggunaan tea tree oil, sebaiknya Anda lakukan uji alergi terlebih dulu. Caranya dengan menggosokkan sedikit minyak tersebut ke bagian belakang telinga, dan biarkan semalaman. Lihatlah keesokan paginya apakah ada tanda alergi yang muncul seperti kulit memerah, gatal, atau ruam. Jika tidak ada, itu berarti Anda dapat menggunakannya dengan aman. Manfaat air teh untuk wajah juga dapat membantu mengatasi wajah yang terbakar matahari yang akan mengakibatkan flek hitam.

4. Minyak Zaitun dan Lemon

Manfaat lemon untuk rambut sama baiknya dengan manfaat jeruk lemon untuk wajah, karena itu lemon juga baik sebagai bahan campuran perawatan wajah dengan minyak zaitun. Caranya, satu sendok minyak zaitun dicampur dengan setengah sendok teh air perasan lemon hingga rata. Kemudian aplikasikan ke seluruh wajah menggunakan kapas, biarkan selama 5-10 menit. Cuci dengan air hangat. Campuran yang tersisa dapat disimpan di kulkas untuk digunakan lagi. Penggunaannya dapat dilakukan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

5. Minyak Zaitun dan Rosehip Oil

Rosehip Oil adalah minyak yang terbuat dari biji bunga mawar. Biji dari bunga mawar ini sendiri bisa dilihat ketika semua kelopaknya sudah rontok. Campurkan satu sendok teh Rosehip Oil dan dua sendok teh minyak zaitun, ke dalam botol kaca, lalu kocok hingga kedua jenis minyak ini tercampur sempurna. Celupkan kapas bersih ke campuran ini, lalu oleskan ke wajah sampai merata. Biarkan selama sekitar 5 menit, lalu bilas. Selain campuran ini, manfaat daun mint untuk wajah salah satunya juga dapat menghilangkan noda hitam.

6. Minyak Zaitun dan Sea Salt

Sea salt adalah garam laut biasa yang belum melalui proses menjadi garam yang biasa dikonsumsi atau yang dikenal sebagai garam meja. Campuran minyak zaitun sebanyak satu sendok makan dan dua sendok makan garam laut dibuat hingga menjadi pasta, lalu dipakai di wajah sebagai bahan scrub. Setelah digosokkan perlahan dengan gerakan melingkar selama beberapa menit, bilas wajah dengan air hangat. Selain menggunakan campuran minyak zaitun, jika digunakan sebagai bahan tunggal, banyak juga manfaat dari garam seperti manfaat air garam untuk wajah dan manfaat air garam untuk kulit serta manfaat garam untuk rambut berketombe.

Nah, ramuan yang telah dibahas di atas bisa menjadi sangat berguna untuk Anda yang memiliki masalah kulit berupa flek hitam. Normalnya, flek hitam tidak berbahaya bagi kesehatan, namun pada kasus yang jarang terjadi, flek hitam dapat menjadi tanda atau gejala dari kanker kulit. Jika ada kecenderungan seperti ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli untuk mendapat diagnosa yang tepat.

Penyebab Komedo Pada Wajah

Walaupun penyebab utama timbulnya flek hitam di wajah adalah karena paparan sinar UV yang pada akhirnya menyebabkan kelebihan produksi melanin, tidak menutup kemungkinan lain bahwa penyebab timbulnya flek ada bermacam – macam yaitu:

  • Hiperpigmentasi

ads
Flek atau noda di wajah dapat timbul karena penumpukan pigmen melanin pada kulit atau hiperpigmentasi, yaitu produksi pigmen yang berlebih sehingga menumpuk di bawah kulit, dan membuat bagian tertentu kulit wajah terlihat lebih gelap. Penggunaan kosmetik yang kurang cocok dengan jenis kulit bisa menyebabkan hiperpigmentasi ini. Oleh karena itu sangat penting mewaspadai bahan kosmetik yang berbahaya dan bahaya kandungan paraben pada kosmetik untuk mencegah kulit mengalami kerusakan.

  • Keadaan Hormonal

Kondisi hormon dalam tubuh yang tidak stabil atau tidak seimbang juga dapat memicu timbulnya flek hitam di wajah. Keadaan hormon yang tidak seimbang ini dapat disebabkan karena kehamilan, usia remaja, penggunaan obat – obatan tertentu atau efek samping dari kontrasepsi  yang juga memicu produksi pigmen berlebihan. Untuk wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik dan mengalami flek hitam pastinya ingin tahu apa saja cara menghilangkan flek hitam akibat KB suntik.

  • Bekas Luka

Selain karena penumpukan pigmen, flek hitam juga bisa terjadi karena bekas luka di wajah. Luka di wajah bisa disebabkan bekas jerawat yang dipencet, gatal yang digaruk sampai menimbulkan luka atau karena penyakit kulit lainnya. Agar wajah menjadi mulus kembali, ada banyak cara menghilangkan bekas luka yang bisa dicoba. Untuk perawatan lainnya yang bisa mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan bekas luka, ada manfaat daun pegagan untuk kulit yang dapat Anda coba. Sedangkan untuk bekas jerawat yang agak besar hingga menyebabkan kulit agak berlubang, Anda bisa mencoba teknik modern seperti mikrodermabrasi.

  • Faktor Genetis

Adapun jika penyebabnya adalah faktor genetis, maka itu berarti bahwa seseorang memang telah mempunyai kecenderungan mengalami bintik – bintik hitam di kulitnya sebagai bawaan dari lahir. Manfaat daun kelor bagi kecantikan salah satunya juga untuk menghilangkan flek pada wajah,

  • Reaksi Alergi

Flek hitam juga bisa timbul karena reaksi alergi yang tampak di kulit kita. Penyebab alergi pada kulit wajah bisa timbul dari apapun yang merupakan paparan alergen bagi kita misalnya makanan, debu, cuaca ataupun juga karena kosmetik yang digunakan.

  • Stress

Keadaan pikiran yang tidak tenang atau sedang mengalami stress juga dapat membuat flek hitam muncul. Stress biasanya menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang tidak seimbang juga, atau membuat daya tahan tubuh menurun disebabkan gangguan psikis ini karena kurangnya selera makan, perubahan pola tidur dan lainnya. Manfaat kentang untuk kulit wajah sangat bagus untuk mengatasi flek hitam juga.

  • Sinar Matahari

Seringnya terpapar sinar matahari langsung juga dapat memicu timbulnya flek hitam di wajah. Oleh karena itu tabir surya sangat penting digunakan sebelum Anda melakukan aktivitas di luar rumah untuk melindungi wajah dari ganasnya panas matahari. Paparan sinar UV dapat memancing kulit untuk memproduksi pigmen berlebih yang menimbulkan flek hitam. Manfaat masker kunyit untuk wajah juga dapat membantu mengatasi flek hitam.

  • Penuaan Dini

Flek hitam bisa jadi merupakan tanda – tanda penuaan dini pada wajah Anda. Penuaan dini bisa disebabkan oleh banyak hal, tetapi  untuk cara mencegah penuaan dini yang terutama adalah dengan mengembangkan kebiasaan hidup sehat, seperti memakan makanan yang sehat, memperbaiki pola tidur, hindari merokok dan memperbanyak buah serta sayuran. Polusi juga dapat menjadi salah satu faktor pencetus penuaan dini, karena tubuh otomatis membentuk radikal bebas jika terpapar polusi yang lumayan sering. Untuk mengencangkan wajah yang sudah agak kendur, ada beberapa buah – buahan seperti pisang dan alpukat yang dapat dibuat menjadi masker untuk mengencangkan kulit wajah. Bila ingin meremajakan kulit, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan manfaat daun jambu biji untuk wajah.

Flek hitam yang cukup banyak atau berukuran besar di wajah memang sangat mengganggu, dan untuk menutupinya Anda harus menggunakan make up yang agak tebal sehingga penampilan tidak berkesan alami. Salah satu cara yang alami untuk mengatasi masalah flek hitam ini adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 18th, July 2016 / 06:13 Oleh :
Kategori : Wajah