Categories
Tips

7 Tips Memilih Eyeshadow Untuk Pemula

Merias wajah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk para wanita dengan banyaknya warna – warna produk kosmetik yang cantik saat ini seperti lipstik dan eyeshadow. Selain riasan bibir, mata juga kerap menjadi pusat perhatian di wajah seorang wanita. Karena itu riasan mata yang bagus akan sangat menunjang penampilan Anda. Akan tetapi memilih warna eyeshadow bisa menjadi menyulitkan walaupun ada banyak sekali pilihan yang tersedia di pasaran. Terlebih lagi bagi Anda yang baru hendak memulai menggunakan eyeshadow sebagai bagian dari make up wajah atau yang tidak pernah menggunakan make up mata dengan sering. Beragam palet eyeshadow yang tersedia dari berbagai merk dan gradasi warna tentu akan membingungkan ketika hendak memilih. Untuk itu sebelum membeli Anda perlu memperhatikan tips memilih eyeshadow yang tepat untuk pemula agar bisa mendapatkan yang benar – benar cocok.

1. Pilih jenis eyeshadow

Memilih jenis eyeshadow yang diinginkan perlu dilakukan sebelum Anda memilih palet eyeshadow. Tips memilih eyeshadow sebelumnya bisa Anda perhatikan mulai dari tekstur dan jenis yang Anda inginkan. Anda bisa memilih dari eyeshadow matte, mineral, shimmer, metalik, atau cream. Eyeshadow matte adalah jenis yang flat tanpa kilauan dan bisa bertahan lama, khususnya pilihan bagus bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Eyeshadow mineral dibuat dari komponen mineral alami sehingga baik untuk kulit termasuk yang sensitif, mudah alergi. Sedangkan eyeshadow shimmer dan metalic cocok untuk acara khusus seperti pesta di malam hari, dan eyeshadow cream bertahan lebih lama dan lebih cocok untuk kulit kering.

2. Cocokkan dengan warna mata

Sama seperti warna kulit yang unik, mata juga memiliki warna yang berbeda dan ada beberapa tips memilih eyeshadow yang perlu dicocokkan dengan mata Anda. Bagi wanita Indonesia yang memiliki mata hitam atau coklat, tips memakai eyeshadow adalah apabila Anda ingin memilih warna yang lebih aman dan netral maka pilihlah gradasi warna coklat. Untuk penampilan seksi dan dramatis, Anda bisa memilih warna navy atau midnight blue, atau warna burgundy. Anda juga bisa berlatih cara memakai eyeshadow 3 warna untuk dicoba.

3. Warna nude untuk pemula

Tips memilih eyeshadow untuk pemula ini bisa Anda lakukan dengan memilih palet serbaguna yang bisa cocok dengan semua pilihan busana. Sebagai pemula, palet warna nude paling baik untuk mulai mempelajari teknik merias mata. Anda bisa memahami perbedaan dasar pada warna yang perlu diaplikasikan pada bagian lipatan mata atau garis v luar mata, kelopak dan tulang alis.Pilih merk eyeshadow matte yang bagus dan jangan lupa gunakan eyeshadow base yang bagus. 

4. Tentukan budget

Terkadang kita harus menentukan tips memilih eyeshadow berdasarkan budget karena tidak ingin mengeluarkan biaya banyak pada produk kecantikan. Anda masih dapat menemukan eyeshadow yang cocok dengan biaya terbatas. Yang perlu dilakukan hanya menentukan rentang harga budget Anda, mendaftar merk yang memiliki rentang harga tersebut, lalu mencari review – review dan mencoba beberapa warna di toko untuk memeriksa pigmentasinya sebelum membeli eyeshadow palette yang bagus.

5. Pilih berdasarkan kualitas

Seringkali Anda akan menemukan produk eyeshadow yang menawarkan banyak sekali warna dalam satu palet tetapi sama sekali tidak memiliki pigmentasi yang bagus. Perhatikan selera pribadi Anda dan kepribadian dalam tips memilih eyeshadow. Jika Anda tidak pernah atau jarang menghadiri pesta atau bereksperimen dengan gaya busana dan make up, maka kemungkinan besar pilihan eyeshadow Anda juga akan mencerminkan hal tersebut. Pilih palet mata yang mengandung warna pigmented yang cocok dengan warna kulit Anda, warna mata, juga kepribadian yang akan memastikan pembelian eyeshadow yang bagus.

6. Pilih warna yang terpakai

Selain penting untuk tidak mengutamakan kuantitas warna dalam satu produk, perhatikan juga agar jangan memilih seluruh palet hanya karena ada satu warna yang disukai saja. Sangat penting bahwa Anda merasa bahwa Anda akan menggunakan paling tidak 80 persen warnanya di mata, jika tidak pilihlah eyeshadow dalam kemasan tunggal atau beberapa warna saja. Ketika memilih palet eyeshadow, pastikan memiliki campuran warna yang bagus dan tekstur yang senada dengan warna lainnya dalam kemasan seperti tone terang dan gelap, netral, dan satu warna dengan shimmer.

7. Memilih panduan warna

Tips memilih eyeshadow untuk pemula adalah memilih palet eyeshadow yang memiliki panduan warna dan petunjuk yang menyatakan kegunaan serta cara pengaplikasian dari berbagai warna tersebut. Petunjuk tersebut akan membantu Anda menggunakan warna – warnanya dan meningkatkan keterampilan bermake up seperti cara memakai eyeshadow juga.

Tips memilih eyeshadow memang perlu diperhatikan dengan seksama karena riasan mata bisa menunjukkan dengan jelas gaya make up Anda mulai dari pemilihan warna, cara pengaplikasian dan bentuk yang dibuatnya untuk memaksimalkan tata rias wajah. Tidak ada salahnya membeli produk eyeshadow murah karena tidak selamanya produk murah itu berarti jelek dan yang mahal berarti bagus. Ingatlah untuk selalu memilih produk yang aman, memiliki izin edar BPOM dan bertanda halal. Juga sesuaikan pembelian merk eyeshadow untuk pemula dengan kebutuhan Anda, jangan sampai membeli karena Anda membeli karena melihat warna eyeshadow yang bagus pada orang lain karena belum tentu warna tersebut cocok untuk diri Anda juga. Setiap orang memiliki kebutuhan dan kecocokan berbeda pada produk make up yang perlu ditemukan dengan cara mencobanya sendiri.