7 Cara Memakai Eyeshadow Untuk Pemula

Make up mata Anda memegang kekuatan untuk membawa keseluruhan tata rias wajah menjadi hal yang luar biasa. Akan tetapi bagi pemula, memakai eyeshadow bisa menjadi bagian yang cukup tricky dalam penampilan make up. Ada sangat banyak warna yang berbeda yang bisa dipilih, belum lagi beragam macam kuas untuk mengaplikasikannya. Bagaimana Anda bisa tahu warna apa yang cocok untuk digunakan atau jenis kuas yang perlu dibeli?

Untungnya walaupun Anda baru saja memulai menggunakan make up, memilih dan mengaplikasikan eyeshadow bisa menjadi hal yang mudah. Eyeshadow bisa menambahkan kedalaman dan dimensi pada mata Anda. Kunci dari pengaplikasian eyeshadow yang layak adalah terletak pada cara pembauran warnanya yang benar. Sekali Anda mendapatkan dasar – dasarnya dengan benar. Anda bisa bereksperimen dengan penampilan apapun yang disukai. Cara memakai eyeshadow yang benar  untuk pemula berikut ini bisa menjadi sedikit panduan untuk Anda yang berniat mencoba.

1. Gunakan eyeshadow primer

Untuk memulai cara memakai eyeshadow yang benar hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaplikasikan eyeshadow primer atau eyeshadow base pada kelopak mata Anda. Tips memakai eyeshadow ini akan memastikan warna eyeshadow lebih menonjol dan juga tahan lama serta tidak mudah pudar. Anda bisa menggunakan eyeshadow base yang bagus dan merk eyeshadow untuk pemula.

2. Memilih warna eyeshadow

Pilih warna netral dan shade yang lebih gelap. Anda hanya perlu menciptakan penampilan eyeshadow yang alami dan simpel dengan dua warna saja dari eyeshadow palette yang bagus. Ini adalah teknik dasar yang mendekati warna kulit Anda dan satu warna lagi dengan tone yang lebih gelap. Anda bisa memilih warna apapun yang disukai, tetapi warna netral yang melengkapi warna kulit Anda akan tampak paling alami. Jika Anda berkulit terang, gunakan warna dasar yang sedikit gelap dari warna kulit asli. Jika kulit Anda lebih gelap, pilih warna yang sedikit lebih terang dari kulit Anda untuk memastikannya tampak menonjol.

3. Aplikasikan kuas eyeshadow

Usapkan kuas secara ringan pada warna dasar ketika mencoba cara memakai eyeshadow. Tahan kuas eyeshadow diantara jari jempol dan telunjuk serta jari tengah di tangan dominan Anda lalu pulaskan ujung kuas secara ringan ke warna eyeshadow. Kebanyakan palet eyeshadow memiliki aplikator spons yang juga bisa Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan cotton bud jika tidak memiliki kuas. Pilih beberapa merk eyeshadow matte yang bagus dan segera Anda akan dapat menguasai cara memakai eyeshadow 3 warna.

4. Hilangkan kelebihan eyeshadow

Ketika melakukan cara memakai eyeshadow, terkadang masih ada sedikit sisa pemakaian sebelumnya di kuas Anda. Ketuk – ketuk kuas untuk menghilangkan bubuk eyeshadow yang tertinggal tersebut sehingga aplikasi pada mata akan seimbang. Ketuk pada bagian punggung tangan Anda, kemasan eyeshadow ataupun bagian lainnya. Lakukan tips agar make up tahan lama dan kelak Anda bisa mencoba menggunakan eyeliner putih untuk bawah mata dengan mudah.

5. Aplikasikan warna dasar

Sapukan kuas ke arah maju mundur di kelopak mata mulai dari garis mata dan membaurkannya hingga ke alis mata. Jika diperlukan, aplikasikan sedikit lagi eyeshadow di kuas untuk memastikan Anda membubuhkan warna yang seimbang, tetapi pastikan untuk berkonsentrasi warnanya di sepanjang garis bulu mata. Baurkan kuas ke arah atas dengan cara maju mundur hingga ke bawah tulang alis. Warnanya seharusnya akan memudar sedikit ketika diaplikasikan ke arah lipatan mata. Cara memakai eyeshadow ini akan menjadi dasar dari seluruh penampilan.

6. Aplikasikan warna gelap

Sapukan kuas ke bagian warna lebih gelap dan tepuk – tepuk kelebihannya. Warna gelap ini akan tampak lebih jelas daripada warna dasar, maka Anda dapat menggunakannya lebih sedikit. Kuas shadow besar akan bekerja dengan baik untuk pengaplikasian shade pertama, lalu Anda bisa beralih ke kuas yang lebih kecil untuk shade yang akan memberi aksen pada mata. Aplikasikan warna gelap di lipatan antara tulang alis dan kelopak mata dalam gerakan menyerupai setengah bulan dari ujung luar mata hingga sekitar 3/4 arah bawah lipatan kelopak mata.  Hindari pengaplikasian warna gelap dari bagian terdalam ujung mata Anda karena hal ini bisa membuat mata Anda tampak lebih kecil. Terus sapukan kuas maju mundur untuk membaurkan warnanya atau sapukan jari Anda di area tersebut beberapa kali. Jangan tinggalkan garis yang jelas antara kedua warna.

7. Ulangi prosesnya pada mata yang lain

Untuk cara memakai eyeshadow yang benar, lebih baik fokus pada satu mata pada satu saat daripada berpindah – pindah antara kedua mata. Ketika Anda mengerjakan mata yang lain, coba membuatnya semirip mungkin dengan mata yang sebelumnya. Untuk memastikan Anda mendapatkan warna yang sama, bersihkan sisa eyeshadow dari kuas dengan melapnya pada tisu atau punggung tangan. Gunakan jari, cotton bud atau kuas untuk menggosok warna yang tidak sama atau berlebihan agar Anda mendapatkan tampilan yang lebih alami daripada menambahkan warna pada bagian yang kekurangan.

Cara memakai eyeshadow yang benar bisa membuat bulu mata tampak lebih tipis daripada biasanya. Untuk mengatasi ini, sapukan selapis maskara. Sikat sisi tongkat maskara di tabung untuk menghilangkan sisa maskara yang tertinggal lalu gunakan pada bulu mata Anda ke arah atas hingga ke ujung bulu mata. Maskara berwarna coklat akan tampak paling alami jika Anda memiliki bulu mata terang. Sedangkan untuk bulu mata gelap, pilih warna hitam. Untuk tampilan yang paling alami, gunakan maskara yang bening, yang akan menonjolkan bulu mata Anda tanpa menambahkan warna apapun.