9 Cara Memakai Softlens Untuk Mata Sipit Agar Mahir

Lensa kontak sekarang ini tidak saja berfungsi untuk alasan kesehatan saja, akan tetapi fungsinya sudah bergeser menjadi alat pelengkap kosmetik yang menunjang penampilan seseorang. Kaum wanita terutama menggunakan lensa kontak agar mata terlihat lebih besar dan menawan. Tetapi ternyata masih banyak orang yang awam terhadap cara memakai softlens yang benar, dan bahkan sebagian orang yang sudah berpengalaman dengan cara memakai softlens yang benar masih  memiliki beberapa pertanyaan mengenai lensa kontak tersebut misalnya mengenai cara membedakan softlens kanan dan kiri atau mengenai tips memilih softlens.

Belajar memakai lensa kontak memang cukup menantang bagi pemilik mata yang besar, namun lebih sulit lagi bagi pemilik mata sipit yang biasanya tidak memiliki kelopak mata. Mempelajari cara mudah untuk memakai softlens memang membutuhkan latihan yang cukup. Mata yang sipit atau kecil mungkin memang membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk terbiasa melakukan cara pemakaian sebelum terasa mudah dan nyaman, akan tetapi usaha Anda tidak akan sia – sia. Berikut ini adalah cara memakai softlens untuk mata sipit yang benar.

  1. Pastikan tangan Anda sudah dicuci secara menyeluruh dengan sabun dan air. Lensa kontak bisa terasa tidak nyaman apabila terdapat debu atau partikel kecil lainnya. Jika Anda menemukan ada kotoran atau debu di tangan ketika memakai lensa kontak, cucilah tangan dan keringkan di udara terbuka.
  2. Biasanya masalah umum yang dialami pemilik mata sipit adalah tidak adanya lipatan pada kelopak mata. Anda bisa menggunakan scotch tape untuk masalah ini. Potong scotch tape dalam bentuk bulan sabit antara 2 – 3 mm. Lalu tempatkan selotip di bagian garis mata Anda sehingga mata tampak memiliki lipatan.
  3. Kocok perlahan wadah lensa kontak yang mengandung larutan khusus untuk melepaskan lensa kontak yang tersangkut. Jangan menariknya dengan jari karena bisa merusaknya. Tuangkan lensa ke telapak tangan Anda, bilas secara menyeluruh dengan larutan lensa kontak khusus. 
  4. Gunakan kedua tangan untuk memasang lensa kontak Anda. Ambil lensa kontak dengan satu jari telunjuk atau jari tengah yang kering dan tempatkan menghadap keatas pada jari di tangan dominan Anda. Lakukan dalam satu gerakan cepat sehingga lensa tidak terlalu lama berkontak dengan jari tangan.
  5. Mengedip terlalu awal akan membuat lensa sulit menempel pada mata ketika sedang berusaha melakukan cara memakai softlens untuk mata sipit. Jika Anda cenderung berkedip atau memejamkan mata sebelum lensa kontak dimasukkan, Anda harus menahan kelopak mata agar tetap terbuka. Gunakan dua jari dari satu tangan untuk menahan kelopak atas dan bawah mata terbuka sehingga mencegah Anda berkedip.
  6. Buka mata Anda lebar – lebar ketika melakukan cara memakai softlens untuk mata sipit. Anda pasti ingin kelopak mata terbuka selebar mungkin. Bisa juga membantu untuk melihat ke atas atau ke bawah atau kiri dan kanan jika Anda tidak ingin lensa menempel langsung ke pupil mata.
  7. Dengan jari yang memegang lensa kontak, lakukan cara memakai softlens untuk mata sipit dengan menyentuh bagian putih mata tanpa berkedip. Cara ini mungkin akan memerlukan beberapa kali latihan untuk menguasainya.
  8. Softlens mungkin tidak akan langsung menempel pada mata segera. Tahan jari Anda di mata selama satu atau dua detik sebelum Anda menarik jari agar lensa menempel lebih dulu. Anda mungkin juga harus sedikit menggeser jari di lensa agar cara memakai softlens untuk mata sipit berhasil.
  9. Kemudian dalam cara memakai softlens untuk mata sipit, berkediplah beberapa kali setelah lensa berhasil menempel di bola mata untuk memperbaiki posisinya di bagian tengah mata.

Melepaskan Lensa Kontak dan Tips Pemakaian

Setelah cara memakai softlens untuk mata sipit , Anda tentu juga perlu melepasnya ketika selesai digunakan.

  • Selalu cuci tangan sebelum melepaskan lensa kontak. Untuk melepaskan softlens, lihat keatas atau kesamping sementara Anda menarik turun kelopak mata bagian bawah. Dengan jari, lakukan dengan lembut pengambilan lensa pada bagian putih mata Anda. Lalu cubit dengan sangat lembut menggunakan jari jempol dan telunjuk Anda lalu angkat dari mata. Sampai Anda menguasai cara melepaskan lensa kontak, Anda mungkin ingin menjaga kuku jari tetap pendek untuk menghindari goresan yang tidak disengaja dan merusak mata.
  • Selalu gunakan cara memakai softlens untuk mata sipit lebih dulu sebelum Anda membubuhkan make up apapun misalnya sebelum cara memakai eyeliner untuk mata sipit. Eye shadow berbahan krim dengan bahan dasar air akan lebih berkurang resikonya mengenai lensa kontak Anda dan menimbulkan iritasi sehingga bisa menjadi cara mempercantik mata dengan aman.
  • Jika Anda lebih suka eyeshadow bubuk, maka tips memakai eyeshadow dengan lensa kontak adalah untuk menutup mata selama pemakaian dan gunakan kuas untuk menyapu kelebihan bubuk eyeshadow sebelum membuka mata. Gunakan merk eyeshadow untuk pemula dan pelajari tips make up tahan lama agar tidak luntur.
  • Jangan membubuhkan eyeliner antara bulu mata dan mata Anda. Aplikasikan eyeliner hanya di bagian bulu mata yang tidak dekat dengan bola mata. Lakukan juga cara memakai eyeliner agar tidak luntur dan beresiko mengenai lensa kontak Anda.
  • Bersihkan dulu tangan dan keringkan sebelum melepaskan lensa kontak. Setelah itu lepaskan lensa kontak Anda dengan hati – hati agar tidak mengenai sisa make up apapun, lalu gunakan pembersih make up.

Pada kenyataannya walaupun Anda sudah melakukan cara memakai softlens untuk mata sipit dengan hati – hati, Anda tetap saja beresiko mengalami infeksi mata. Para peneliti menemukan kasus kontaminasi jamur pada larutan lensa kontak di dalam kotak penyimpanan yang digunakan oleh pemakai asymptomatic. Padahal semua peserta penelitian memakai softlens disposable setiap harinya dan semua lensa dirancang untuk penggantian setiap bulan, dan menyimpannya dalam wadah berisi larutan khusus. Hal ini menunjukkan bahwa bahkan pada pemakai yang paling teliti sekalipun tetap ada kemungkinan infeksi mata, sehingga mengganti dan membersihkan wadah penyimpanan softlens juga perlu menjadi perhatian khusus.