11 Cara Memakai Softlens yang Benar

Memakai softlens telah menjadi suatu kebiasaan yang umum bagi hampir semua orang, terutama untuk cara mempercantik mata selain mempermak mata dengan biaya operasi kantung mata yang cukup besar. Banyak orang mengetahui bagaimana tampaknya jika menggunakan softlense, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara memakai softlens yang benar. Sebagian orang bahkan sudah merasa ngeri sebelum memakainya karena membayangkan ada benda asing masuk ke mata mereka. Ada juga sebagian orang yang tidak memperdulikan cara yang benar dalam memakai softlens yang dapat menyebabkan masalah di masa depan kelak. Sebenarnya, memakai softlens tidak selalu mudah. Seperti telah disebutkan bahwa memakai softlens seperti menaruh sesuatu pada area yang sensitif yaitu mata Anda. Untuk beberapa alasan, cara terbaik memakai softlens harus menjunjung tinggi standar kebersihan. Berikut ini adalah beberapa tips dari cara memakai softlens yang benar.

Cara Memasang Lensa Kontak

  1. Cuci tangan Anda dengan sabun yang bebas wewangian dan air hangat, bersihkan sampai tidak ada residu dari sabun cuci tangan. Gunakan handuk bersih dan kering untuk mengeringkan tangan, misalnya dari kain yang berbahan microfiber.
  2. Buka satu tutup softlens dalam satu waktu untuk menghindari Anda mencampur kedua lensa kontak atau tidak sengaja merusaknya. Jadikan ini sebagai kebiasaan, misalnya mulai dari mata kanan lalu berlanjut ke mata kiri. Perhatikan apakah ada kotoran atau kerusakan lain pada lensa sebelum digunakan. Anda juga perlu tahu bagaimana cara membedakan softlens kanan dan kiri.
  3. Gunakan ujung jari untuk mengeluarkannya dari wadah ketika akan melakukan cara memakai softlens. Tekan perlahan jari Anda pada lensa kontak, dan tarik ketika sudah menempel dan pindahkan ke telapak tangan Anda. Jangan gunakan kuku karena bisa merusaknya. Jika softlens tersangkut di ujung wadah, goyangkan sedikit untuk melepaskannya. Anda juga dapat menyemprot lensa kontak dengan cairan untuk melembapkannya.
  4. Bilas lensa kontak dengan larutan khusus. Tempatkan di tengah telapak tangan Anda lalu semprotkan larutan khusus. Periksa lebi dulu untuk memastikan softlens Anda bebas dari kotoran. Jika ada kotoran, teteskan lebih banyak larutan khusus dan usap perlahan dengan ujung jari Anda untuk menghilangkan kotoran. Jangan pernah gunakan air keran untuk membersihkan softlens.
  5. Tempatkan softlens dengan sisi bagian cekungnya menghadap ke atas. Taruh lensa kontak di kulit jari Anda dan bukan pada kuku. Pastikan letaknya sudah benar. Jika benar akan terlihat seperti bentuk mangkuk terbuka.
  6. Hadapkan ke arah cahaya. Jika bagian pinggirnya tampak menyala, maka lensa Anda terbalik. Beberapa lensa memiliki indikator tertentu untuk menandakan sisi yang benar. Untuk penampilan yang semakin maksimal dengan softlens, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi keriput pada kelopak mata , cara menghilangkan mata panda keturunan dan cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari.
  7. Tahan mata Anda agar terbuka dengan jari tengah dan tangan satunya jika perlu. Hati – hati menarik kulit di sekitar mata agar tidak menjadi penyebab kerutan mata di usia muda. Gunakan cermin untuk melihat, lalu tarik kelopak mata dengan lembut kebawah dengan jari tengah. Gunakan tangan satunya untuk menahan kelopak mata agar tidak berkedip.
  8. Gerakkan lensa pada mata dengan tenang dan stabil jika melakukan cara memakai softlens. Coba untuk tidak bergerak atau mengedip. Arahkan mata ke atas agar Anda tidak mengedip secara tidak sengaja atau karena refleks.
  9. Taruh lensa pada iris mata Anda dengan lembut. Taruh lensa sejajar dengan bola mata dan tempatkan dengan baik. Lensa seharusnya akan langsung menempel pada bola mata karena tertarik pada kelembapannya.
  10. Jika Anda sulit menahan kedipan, lihat keatas dan tempatkan lensa pada bagian putih mata Anda. Tahan mata agar terbuka dan arahkan mata turun kearah lensa untuk cara memakai softlens yang benar.
  11. Lepaskan kelopak mata dan berkediplah perlahan sampai terasa nyaman. Berkediplah perlahan selama beberapa kali, hati – hati agar tidak menggeser lensa Anda. Lihat ke kaca untuk mengecek apakah lensanya berada di tempat yang seharusnya. Perhatikan jika ada rasa sakit atau iritasi di mata Anda. Jika terasa gatal atau sakit, lepaskan dan bersihkan dengan larutan lalu coba kenakan lagi. Ulangi cara memakai softlens untuk mata yang lain. ketika Anda selesai, buang larutan dari wadah, cuci wadahnya dan tutup. Jangan pernah menggunakan ulang larutan lensa bekas pakai karena akan meningkatkan resiko Anda mengalami infeksi mata.

Cara Melepaskan Softlens

  • Selalu cuci tangan sebelum menyentuh softlens dan keringkan dengan baik.
  • Gunakan cermin dengan pencahayaan yang cukup, tarik kelopak mata bawah Anda turun dengan jari telunjuk dan tangan dominan Anda.
  • Lihat keatas sambil melepaskan lensa dengan perlahan ke bagian putih mata Anda.
  • Gunakan bagian ujung jari tangan jempol dan telunjuk, pencet lembut lensa dan tarik dari mata Anda. Hindari gunakan kuku atau menjepitnya ketika mengeluarkan softlens.
  • Tempatkan lensa dalam larutan khusus atau buang jika sudah lewat masa pemakaiannya.
  • Ulangi langkah tersebut untuk memindahkan lensa pada mata Anda yang lainnya.

Terkadang cara memakai softlens yang benar bisa membuat seseorang menjadi gugup, tetapi sebenarnya tidak perlu. Memasang lensa kontak dan mengeluarkannya bisa jadi lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Mata Anda mungkin akan memerlukan beberapa hari untuk terbiasa pada perasaan menggunakan lensa kontak. Akan tetapi jika Anda mengalami kesulitan maka jangan memaksakan pemasangan lensa pada mata. Beri sedikit waktu agar Anda dapat merasa lebih nyaman dan tidak terburu – buru.