5 Scrub Wajah Alami Untuk Kulit Kusam yang Ampuh

Membersihkan dan mencuci wajah Anda setiap hari belum berarti perawatan kulit yang dilakukan sudah tuntas. Bahkan setelah mencuci dan membersihkan wajah setiap hari, masih ada sel kulit mati yang akan sulit dibersihkan oleh pembersih wajah paling hebat sekalipun. Pembersih wajah memang dapat menghilangkan penumpukan kotoran pada kulit wajah, tetapi kurang efektif dalam menggali kotoran yang ada di dalam kulit. Manfaat eksfoliasi wajah adalah sebuah proses yang tidak saja membantu menghilangkan sel kulit mati, komedo hitam dan komedo putih, tetapi juga melembutkan tekstur kulit Anda. Untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing dan cantik, sangat penting bagi Anda untuk membuat proses ini menjadi bagian penting dari perawatan kulit yang rutin. Anda tidak perlu membeli produk scrub wajah berharga mahal untuk dapat menghindar kulit kusam karena kotoran yang menumpuk. Bahan – bahan alami yang segar pun dapat menjadi scrub yang lembut untuk kulit dan juga aman serta ekonomis. Berikut ini adalah beberapa cara membuat scrub wajah alami untuk kulit kusam yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1.Kopi

Cara membuat scrub kopi untuk wajah bisa Anda lakukan dengan mudah. Kafein dalam kopi memperbaiki sirkulasi darah dan merangsang kulit agar tampak muda dan bercahaya. Selain itu kopi juga mengandung antioksidan, melindungi dari kerusakan dari sinar UV dan mencegah kehilangan kelembapan pada kulit. Cara membuat scrub wajah alami untuk kulit kusam dari kopi adalah:

  • Campur tiga sendok makan kopi segar yang baru digiling dengan setengah cup yoghurt.
  • Jika Anda memiliki kulit kering, ganti yoghurt dengan susu full fat.
  • Campur dalam mixer dan biarkan selama lima menit.
  • Ketika sudah mengental, tambahkan satu sendok teh madu dan aduk merata.
  • Oleskan campuran ini pada wajah dan gosok dengan gerakan melingkar selama 8 sampai 10 menit.
  • Bilas dengan air dingin, gunakan scrub ini dua kali seminggu untuk hasil yang terbaik.

2. Cokelat

Cokelat tinggi akan antioksidan serta mengandung khasiat anti penuaan. Cokelat juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menghidrasi kulit dan memberikan kilau pada wajah sehingga tampak lembut dan halus. Cara membuat scrub wajah dengan coklat yaitu:

  • Siapkan tiga sendok makan cokelat dark yang sudah dilelehkan, satu cup gula pasir, dua sendok makan kopi bubuk dan setengah cup minyak kelapa.
  • Campur semua bahan bersamaan dan simpan dalam toples kedap udara.
  • Jika Anda ingin menggunakannya, ambil beberapa sendok penuh dalam mangkok tahan panas dan panaskan dalam microwave selama 6 hingga 8 detik. Gosok untuk mendapatkan kulit yang lembut dan kenyal setelah tidak terlalu panas.

3. Santan dan Almond

Cara membuat scrub alami untuk kulit kusam ini akan mengeksfoliasi kulit dan membantu mengurangi penampilan selulit pada bagian tubuh lainnya. Cara membuat scrub wajah alami untuk kulit kusam dari santan dan almond adalah:

  • Siapkan dua cup white clay, satu cup oat bubuk, empat sendok makan almond giling dan dua sendok makan mawar yang dihancurkan.
  • Campur semua bahan dan tambahkan santan secukupnya sampai menjadi pasta yang mulus.
  • Gunakan ramuan ini untuk eksfoliasi wajah agar mendapatkan kulit bebas kusam yang lembut dan kenyal.

4. Madu, Lemon dan Gula

Lemon mengandung bahan eksfolian alami yang dapat menghilangkan sel kulit mati, komedo, jerawat dan juga warna kulit yang tidak merata. Manfaat madu untuk kulit berminyak dan kusam bekerja sebagai antioksidan alami dan membantu melembapkan serta menyembuhkan kulit yang meradang. Cara membuat scrub wajah alami untuk kulit kusam dari madu, lemon dan gula yaitu:

  • Campur satu cup gula, setengah cup minyak zaitun dan satu sendok makan madu.
  • Tambahkan air perasan dari satu buah lemon besar, aduk dengan cepat selama beberapa waktu hingga tercampur.
  • Oleskan pada wajah dan gosok selama beberapa menit sebelum mencuci dengan air dingin.
  • Jika kulit Anda kering, pastikan Anda tidak meninggalkan scrub terlalu lama di wajah karena bisa membuat kulit menjadi mengelupas.

5. Madu dan Kayu Manis

Kombinasi madu dan manfaat bubuk kayu manis untuk wajah tidak saja akan membersihkan pori – pori, tetapi juga akan menambahkan kilau pada kulit. Khasiat anti bakteri untuk keduanya juga dapat membantu mengurangi jerawat pada kulit yang berminyak dan rentan berjerawat. Namun Anda perlu juga mewaspadai efek samping kayu manis untuk wajah jika digunakan berlebihan. Cara membuat scrub wajah alami untuk kulit kusam dari madu dan kayu manis yaitu:

  • Campur tiga sendok makan madu murni dengan satu sendok makan bubuk kayu manis segar.
  • Campur sampai merata hingga menjadi pasta yang lembut.
  • Gunakan kuas untuk mengaplikasikannya di wajah Anda. Gosok perlahan dalam gerakan melingkar dan bilas dengan air setelah 7 – 8 menit.
  • Setelah beberapa jam, bersihkan wajah Anda dengan pembersih seperti biasanya dan diikuti dengan pelembap.

Cara membuat scrub wajah alami untuk kulit kusam bisa bekerja dengan baik pada kulit Anda  yang lelah dan kusam jika Anda memilih bahan yang tepat sesuai dengan tipe kulit Anda. Untuk kulit kering, pilih bahan scrub wajah dengan partikel yang sangat halus dan bahan seperti gula merah atau minyak biji anggur. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, gunakan scrub yang lembut seperti baking soda, oats dan lainnya untuk menghilangkan sumbatan di pori – pori dan mengurangi produksi sebum. Untuk kulit normal, Anda bisa memilih scrub dengan partikel yang halus seperti gula yang akan menyerap minyak dari area T wajah Anda.