Scrub Wajah Itu Apa, Penjelasan dan Cara Menggunakannya

Saat ini Anda mungkin melakukan perawatan wajah harian secara rutin yang mendasar dengan pembersih wajah dan pelembap. Anda bahkan mungkin juga menambahkan masker wajah dalam rutinitas tersebut seminggu sekali. Tetapi masih banyak yang lupa mengenai scrub wajah itu apa sehingga terkadang terlupakan, membuat Anda kehilangan beberapa manfaatnya untuk kecantikan. Setiap hari sel kulit mati, kotoran dan minyak bisa berakumulasi di permukaan kulit Anda, dan bisa menyebabkan wajah tampak kusam bahkan agak mengelupas. Mengelupasnya dengan scrub wajah bisa menghilangkan penumpukan ini sehingga kulit Anda akan terasa bersih dan lembut serta tampak glowing. Scrub wajah bahkan bisa menjadi produk perawatan kulit yang perlu digunakan sebelum mengaplikasikan make up. Anda tentu tidak mau mengaplikasikan foundation pada kulit yang mengelupas karena akan tampak tidak rata.

Mengapa Scrub Wajah Diperlukan

Scrub wajah itu apa, jawabannya adalah bagian penting dari perawatan kulit harian bagi Anda yang ingin hasil make up tampak mulus di kulit. Produk scrub wajah biasanya merupakan produk berbahan dasar krim yang mengandung sedikit bahan pengelupas kulit, yang ketika diaplikasikan akan membantu menghaluskan kulit dengan mengangkat sel kulit mati dan kulit kering. Produk scrub wajah telah ada selama beberapa waktu lamanya dan sekarang formulanya telah mengalami sedikit perubahan, tetapi tetap menjadi suatu keharusan untuk perawatan kulit rutin harian Anda terutama untuk cara mengangkat sel kulit mati di wajah. Karena pada umumnya berbentuk krim, scrub wajah biasanya sudah mengandung pembersih. Jika Anda mendapati kulit wajah tampak sedikit lesu atau kering beberapa hari ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan menggunakan scrub wajah pada rutinitas perawatan kulit mingguan.

Untuk permulaan sebelum Anda membeli scrub wajah, sangat penting untuk memilih satu yang akan berguna dan tidak merugikan wajah Anda. Produk alami tidak selalu lebih baik karena masih dapat mengakibatkan iritasi. Hindari bahan – bahan seperti aprikot, kerang atau biji – bijian alami yang dapat menyebabkan iritasi khususnya pada kulit sensitif dan rentan berjerawat. Pilihlah formula yang mengandung butiran jojoba, alumunium oksida yang digunakan dalam kristal mikrodermabrasi, atau butiran polyethylene. Apabila bahan – bahan lain memiliki scrub dengan ujung yang tajam, bahan – bahan tadi berbentuk bulat sehingga cukup aman untuk digunakan membersihkan ciri – ciri sel kulit mati pada kulit wajah.

Membaca label berisi kandungan bahan pada produk scrub wajah tidak hanya menjadi cara yang paling diandalkan untuk mengetahui scrub wajah itu apa dan seberapa lembut butirannya. Cobalah untuk mengetes isinya di bagian punggung tangan Anda jika ada testernya. Jika terasa sedikit menggores, maka jangan gunakan itu pada wajah atau tubuh Anda. Cara lain adalah menggunakan merk yang Anda percaya hanya akan menawarkan produk berformulasi baik. Beberapa fakta tentang scrub wajah itu apa akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Scrub apapun yang mengandung butiran besar dan berbentuk tidak beraturan akan menyebabkan robekan mikro di permukaan kulit, yang pada akhirnya akan melemahkan pelindung kulit, membuat kulit semakin kering, mengelupas, memerah dan berbagai ciri – ciri kulit sensitif lainnya. Pemakaian sehari – sehari terlebih dengan kasar akan menyebabkan kuliti kehilangan kemampuan untuk memulihkan diri, terlebih jika produk juga mengandung pewangi alami atau sintetis.
  • Komedo sulit dibersihkan dengan scrub wajah karena terbentuk dalam di pori – pori. Jadi scrub wajah untuk komedo hanya akan dapat menghilangkan bagian yang paling atas, itulah sebabnya komedo tampak cepat sekali untuk muncul lagi.
  • Seperti juga komedo, jerawat juga tidak dapat dihilangkan dengan scrub wajah. Mengobati jerawat membutuhkan lebih dari sekedar satu produk dan menggunakan scrub justru akan memicu kemerahan dan iritasi lebih banyak.
  • Banyak scrub wajah alami ternyata hasilnya buruk untuk kulit seperti garam, kacang dan buah yang terlalu kasar untuk kulit. Bahan alami selain itu seperti butiran jojoba, oatmeal, silica dan tepung beras bisa menjadi lembut dan aktif untuk wajah.

Cara Menggunakan Scrub Wajah

Karena scrub wajah merupakan langkah tambahan selain perawatan wajah dasar seperti pembersih, toner dan pelembab, produk ini seringkali diabaikan. Orang – orang hanya menggunakannya kalau ingat saja atau ketika dirasa perlu. Cara paling mudah untuk memastikan penggunaannya dan mendapatkan manfaatnya adalah dengan menaruhnya di kamar mandi dekat pembersih wajah Anda. Aplikasikan pada kulit yang masih sedikit basah lalu pijat dengan gerakan melingkar di seluruh wajah selama 60 detik. Kunci untuk mendapatkan hasil terbaik dengan scrub wajah adalah jangan menekan terlalu keras pada kulit sebab akan menyebabkan iritasi, bahkan menggunakan butiran yang bulat. Jika Anda merasa kulit membutuhkan pengelupasan lebih, gunakan lebih lama sekitar 90 detik daripada menambahkan tekanan ekstra pada kulit wajah. Bilas dan lanjutkan dengan toner, serum serta pelembap.

Jika ada jerawat aktif di area wajah atau masih ada noda, hindari pemakaian scrub di area tersebut karena bisa menyebabkan iritasi lebih jauh di area yang sedang meradang. Gunakan produk pengelupas kulit yang mengandung salicylic acid. Scrub wajah juga bekerja sangat baik untuk menjaga kulit di leher semakin lembut yang akan memudahkan pengelupasan. Ketika sedang mengelupas kulit, pastikan untuk melihat ke arah atas untuk memudahkan penggunaan pada leher. Scrub wajah adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit wajah, maka sangat penting untuk mengikuti langkah – langkahnya dengan benar untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik. Perhatikan bahwa walaupun menggunakan produk terbaik sekalipun, Anda tetap harus mengikuti aturan pemakaian dan tidak berlebihan. Anda bisa mencoba beberapa krim peeling wajah yang bagus seperti manfaat scrub st. ives dan manfaat scrub jafra.