14 Cara Membuat Bibir Pink yang Sehat

Masalah umum seperti bibir pecah-pecah, gelap, kusam, dan kering seringkali dialami setiap orang. Masalah ini pasti cukup familiar juga bagi Anda. Bibir yang sehat ditandai dengan warna yang cerah. Orang yang memiliki bibir berwarna pink lebih mudah menentukan warna lipstik yang cocok. Lain halnya dengan bibir yang tidak sehat. Bibir yang tidak sehat ditandai dengan warna gelap dan kering pada bibir.

Bibir yang tidak sehat ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Mulai dari sering mengonsumsi kafein, jarang membersihkan sisa make up di bibir, sampai seringnya mengelupas kulit mati bibir dengan paksa. Ada juga aktivitas lain yang bisa membuat bibir menjadi gelap. Jika demikian, maka Anda perlu melakukan cara membuat bibir pink.

Banyak orang memiliki anggapan bahwa untuk memiliki bibir yang sehat dan berwarna cerah dibutuhkan banyak biaya. Namun, sebenarnya ada fakta bahwa bibir yang sehat bisa diperoleh dengan beberapa cara, bahkan ada cara yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang alami.

1. Melembabkan bibir

Melembabkan menjadi salah satu hal penting sebagai cara membuat bibir pink. Caranya, dengan menggunakan lip balm. ada beberapa merk lip balm untuk bibir hitam, salah satunya lip balm wardah. Anda juga perlu memakai petroleum jelly di malam hari. Ini bisa bantu Anda mendapatkan bibir pink secara alami.

Hal ini juga penting untuk dilakukan ketika cuaca sangat panas atau dingin. Cuaca yang seperti ini bisa membuat bibir Anda menjadi kering. Apabila Anda menyukai hal-hal yang bersifat alami, Anda juga bisa menggunakan cocoa butter, minyak zaitun, maupun minyak kelapa.

2. Menghapus make up di malam hari

Tidak membersihkan make up pada bibir bisa membuat bibir menjadi kering. Anda bisa membersihkan lipstick dan lip liner dengan make up remover. Jika make up remover Anda habis, Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond. Anda bisa memakainya dengan kapas.

3. Menggunakan lip balm

Pakailah lip balm. Usahakan yang ada SPF-nya. Sinar matahari bisa merusak bibir Anda sehingga bibir menjadi kering dan berwarna gelap. Lip balm yang ber-SPF ini bisa melindungi bibir Anda.

4. Jangan merokok

Merokok selain berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru, berdampak buruk juga pada bibir Anda. Kandungan tembakau dalam rokok bisa membuat bibir menjadi kusam dan gelap.

5. Melakukan eksfoliasi menggunakan sikat gigi

Eksfoliasi merupakan proses mengelupas kulit mati pada bibir. Caranya, basahi sikat gigi Anda. Gunakan sikat gigi itu untuk menggosok bibir Anda. Lakukan dengan lembut. Langkah ini berguna untuk mengelupas kulit mati sehingga bibir jadi lebih lembut dan terlihat pink.

6. Memakai scrub bibir

Selain menggunakan gosok gigi, Anda bisa juga menggunakan scrub bibir. Scrub gula untuk bibir ini bisa Anda buat sendiri. Caranya, tinggal campurkan 2 sdm gula coklat kasar atau gula putih dengan madu sebanyak 1 sdt dan minyak kelapa organic sebanyak 1 sdm. Pakailah campuran ini pada bibir dengan menggosoknya secara lembut kira-kira selama 30 detik hingga 60 detik. Bilas dengan air yang bersih dan hangat.

7. Minum air putih secukupnya

Melembabkan bibir tidak hanya bisa dilakukan dari luar saja, namun juga bisa dilakukan dari dalam. Lakukan hal ini dengan minum air putih yang cukup sebanyak 8 gelas dalam 1 hari atau sekitar 2 Liter. Anda bisa melakukannya juga dengan memakan buah-buahan yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Misalnya, semangka, tomat, melon, timun, dan sebagainya.

8. Hilangkan kebiasaan menjilat bibir

Kebiasaan satu ini bisa jadi kebiasaan umum yang sering dilakukan. Padahal, menjilat bibir kering hanya akan membuatnya semakin kering. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari kebiasaan ini. Anda juga bisa membawa lip balm untuk mengantisipasi bibir Anda setiap kali terasa kering.

9. Menggunakan kosmetik atau make up

Hal ini bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Gunakan warna lipstick dan lip liner yang sesuai. Pilih lipstick merah muda atau pink kesukaan Anda, gunakan juga lip liner yang sesuai. Anda bisa menggunakan lipstik matte untuk bibir kering dan mengikuti cara memilih lipstik sesuai bentuk bibir.
  2. Gunakan lip liner. Lip liner bisa Anda gunakan pada garis tepi bibir. Pakai jari Anda untuk meratakannya.
  3. Menggunakan lipstick. Pengaplikasiannya diusahakan tidak keluar dari garis tepi bibir. Anda juga bisa menggunakan kuas bibir agar hasilnya tidak berantakan.
  4. Gunakan tisu untuk menghilangkan sisa lipstik. Siapkan tisu yang bersih. Letakkan tisu di antara bibir. Tekanlah bibir secara bersamaan.
  5. Aplikasikan lip balm bening atau lip gloss. Hal ini jika dilakukan mampu membuat bibir tetap lembab, berkilau, dan menutup lipstik dengan sempurna.

10. Memakai biji delima

Produk yang alami juga bisa membantu Anda memperoleh bibir berwarna pink. Caranya, buatlah pasta dengan mencampurkan krim susu dingin dengan biji buah delima yang sudah dihancurkan. Gunakan pasta ini pada bibir Anda. Lakukan hal ini secara rutin agar bibir Anda menjadi pink.

11. Menggunakan kelopak bunga mawar

Hal ini bisa Anda lakukan dengan melumatkan kelopak bunga mawar. Jika sudah dilumatkan, Anda bisa menggosokkannya pada bibir secara perlahan untuk menghasilkan warna merah muda.

12. Menggunakan buah raspberry

Anda bisa membuat masker bibir dari buah raspberry. Dengan masker ini, Anda bisa mengubah warna bibir yang sebelumnya gelap menjadi pink. Caranya mudah. Lumatkan dua buah raspberry kemudian campur dengan 1 sdt madu dan 1 sdt gel lidah buaya. Aplikasikan pada bibir Anda. Tunggu sampai 5 menit. Lalu, bilaslah dengan air bersih yang hangat. Kemudian, pakai lip balm.

13. Menggunakan jus bit

Banyak yang mengklaim bahwa jus bit bisa digunakan sebagai pewarna bibir yang alami. Namun, hal ini harus dilakukan secara bertahap dan teratur.

14. Menggunakan kunyit dan susu

Anda bisa membuat pasta yang berbahan baku kunyit dan susu. Pengaruhnya adalah warna gelap bibir bisa menjadi lebih cerah dan terlihat pink. Aplikasikan pasta ini pada bibir Anda. Tunggu sampai 5 menit. Bilaslah dengan air hangat. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap hari dalam satu minggu, setelah itu Anda bisa melihat hasilnya. Cara memerahkan bibir dengan kunyit mudah untuk dilakukan dan tidak memberikan efek samping. Anda juga bisa merasakan manfaat kunyit asam untuk kulit.

Itulah beberapa cara membuat bibir pink yang bisa Anda lakukan di rumah ketika senggang. Lakukanlah cara-cara tersebut secara teratur untuk memperoleh hasil yang baik. Bibir Anda akan menjadi lembab dan berwarna cerah.