6 Cara Memanjangkan Alis dengan Kemiri Secara Alami dan Cepat

Kemiri merupakan bumbu rempah yang biasa kita temukan di pasar tradisional dan juga di dapur sebagai bumbu masakan. Kemiri yang memiliki nama latin Aleurites Moluccana juga berkerabat dekat dengan singkong atau cassava. Komposisi kemiri berupa saponin, flavonoid, polifenol, serta protein dan karbohidrat. Mineral yang terkandung di dalam kemiri adalah fosfor, potasium, kalsium dan magnesium. Selain itu juga ada kandungan vitamin A, B1, folat dan fitosterol.

Selain berguna sebagai bahan masakan, kemiri juga memiliki manfaat lain seperti untuk ramuan herbal yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan terutama rambut. Sebagai penegas penampilan dan pelindung mata kita, bentuk alis tentu sangat penting untuk diperhatikan. Tren alis tebal sempurna saat ini membuat banyak wanita menginginkan alisnya juga dapat mengikuti gaya tersebut. Untuk melebatkan alis secara sempurna, diperlukan pertumbuhan alis yang cepat. Kemiri dapat menjadi cara untuk memanjangkan alis dengan cepat. Anda juga dapat mencoba cara menyuburkan rambut dengan kemiri, cara menebalkan rambut dengan kemiri dan cara menghilangkan uban dengan kemiri.

Membuat Minyak Kemiri

Tanpa alis yang berbentuk sempurna, wajah kita akan terlihat kurang proporsional dan aneh. Karena itulah bentuk alis yang terawat sangat penting untuk dipertahankan. Anda dapat menggunakan kemiri sebagai sarana untuk memanjangkan alis dengan cepat. Sebelum dapat menggunakan kemiri untuk memanjangkan alis, Anda terlebih dulu perlu membuat minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak tidak berbeda dengan minyak kemiri untuk alis. Kemiri dapat diolah dan diambil minyaknya dengan beberapa cara membuat kemiri untuk menumbuhkan rambut berikut:

  • Memasak Kemiri

Sebagai cara pertama, Anda dapat memarut biji kemiri atau menggunakan blender. Tambahkan air sebelum di blender, lalu peras beberapa kali sampai air perasan kemiri menjadi bening. Biarkan air perasan kemiri yang bening tersebut di tempat tertutup yang bersih lalu masak sampai minyaknya terpisah dari air. Cara membuat minyak kemiri dengan cara ini biasanya akan menghasilkan minyak yang lebih sedikit, dan bisa jadi tidak semua orang bisa cocok menggunakan minyak kemiri yang dimasak ini.

  • Kemiri Sangrai

Cara membuat minyak kemiri dengan disangrai adalah cara berikutnya. Siapkan biji kemiri secukupnya lalu sangrai atau panggang dalam wajan atau oven sampai matang, kemudian biarkan dingin. Setelah itu Anda bisa menumbuknya sampai hancur dan campurkan dengan air. Setelah itu Anda bisa memerasnya menggunakan kain bersih yang lembut. Anda bisa juga mencoba cara menumbuhkan rambut dengan kemiri bakar.

  • Kemiri Tumbuk

Anda bisa menunbuk biji kemiri secukupnya sampai halus, lalu campur hasil tumbukan dengan air. Saring hasil tumbukan tersebut lalu masak di wajan sambil terus diaduk hingga tersisa hanya kerak berupa minyak berwarna coklat pekat. Proses memasak kemiri ini bisa memakan waktu yang cukup lama hingga tersisa minyaknya. Anda kemudian bisa mendinginkannya lalu memeras dengan kain bersih. Simpan hasilnya dalam wadah bersih atau botol.

  • Kemiri Sekali Pakai

Jika Anda tidak ingin menyimpan minyak kemiri dalam jumlah banyak, Anda dapat membuatnya untuk sekali pakai saja. Anda cukup menggunakan satu buah biji kemiri lalu bakar sampai gosong. Hancurkan kemiri tersebut dan ambil minyaknya. Cara memanjangkan alis dengan kemiri dapat Anda ulangi setiap kali diperlukan.

Minyak Kemiri Untuk Memanjangkan Alis

Apapun cara pembuatan minyak kemiri yang Anda gunakan, hasil akhirnya adalah minyak yang dapat digunakan sebagai cara memanjangkan alis dengan kemiri. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri ke alis, biarkan beberapa saat lalu bilas. Hasilnya bahkan akan lebih efektif jika dibiarkan semalaman. Anda juga dapat menggunakan minyak kemiri yang sudah jadi jika tidak ingin repot membuatnya sendiri. Cara memanjangkan alis dengan kemiri yang lebih detil yaitu: 

  1. Siapkan kapas atau cotton bud
  2. Celupkan kapas atau cotton bud ke dalam beberapa tetes minyak kemiri
  3. Usapkan minyak kemiri ke alis menggunakan kapas atau cotton bud
  4. Diamkan minyak kemiri pada alis minimal 15 menit atau semalaman
  5. Bilas dengan air bersih setelahnyaAnda perlu melakukannya secara rutin sebagai cara memanjangkan alis dengan kemiri sehingga memperoleh hasil yang diinginkan.
  6. Anda juga dapat menggunakan minyak kemiri yang sudah dikemas dan dijual di toko obat atau toko kosmetik.

Manfaat Kemiri Lainnya Untuk Alis

Selain cara memanjangkan alis untuk kemiri, dan manfaat kemiri untuk alis mata, ada pula manfaat minyak kemiri lainnya yang dapat Anda dapatkan untuk kecantikan antara lain:

  • Menebalkan alis – Kemiri bermanfaat untuk kecantikan dengan mempercepat pertumbuhan alis mata sehingga tampak lebat dan subur.
  • Menghitamkan alis – Kemiri juga dapat menghitamkan rambut alis sehingga tampak semakin lebat dan hitam alami.
  • Memperkuat rambut alis – Kemiri dapat memperkuat akar rambut alis dan mencegah kerontokan pada alis sehingga tidak mengalami penipisan.
  • Melindungi alis – Kemiri mengandung antioksidan yang dapat melindungi rambut alis dari radikal bebas sehingga tidak akan merusak pertumbuhan rambut alis Anda.

Cara memanjangkan alis dengan kemiri ini tidaklah dapat dilakukan secara instan. Anda baru akan dapat melihat atau merasakan hasilnya setelah beberapa lama waktu pemakaian. Akan tetapi kemiri merupakan bahan alami yang memiliki efek samping minimal terhadap kulit dibandingkan dengan pemakaian bahan kimia yang keras. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan minyak kemiri yang sudah jadi, pastikanlah bahwa produk tersebut merupakan barang asli dengan mengecek nomor pendaftaran BPOM, membelinya di tempat yang terpercaya dan juga jangan lupa melakukan tes alergi serta mengecek kandungan bahan yang tertera di botol kemasan.