5 Cara Membersihkan Leher Dengan Odol Agar Tidak Hitam

Memiliki kulit sempurna adalah impian hampir setiap wanita. Rona kulit yang merata tanpa cacat sama sekali adalah hal yang paling didambakan saat ini tetapi kebanyakan wanita hanya memedulikan kondisi kulit wajah dan lupa akan bagian tubuh yang lainnya. Leher juga perlu mendapatkan perhatian yang sama seperti kulit wajah Anda. Bayangkan bagaimana jika kulit wajah sudah sempurna tetapi kulit leher Anda tidak sama baiknya.

Anda tentu sering melihat orang dengan leher yang kotor atau hitam, karena seringkali ketika melakukan perawatan orang melupakan area leher. Jika ingin terlihat cantik maka seluruh bagian tubuh termasuk leher juga harus mendapatkan perhatian. Leher adalah bagian paling lembut dan sensitif dari tubuh namun jarang diperhatikan oleh orang – orang kala mereka membersihkan tubuh. Maka seiring waktu leher akan terlihat semakin menghitam dan belang, apalagi jika dibandingkan dengan wajah.

Manfaat Odol Untuk Kulit

Odol yang digunakan pada kulit akan membantu memperbaiki beberapa masalah kulit. Beberapa kegunaan odol untuk kulit yang bisa didapatkan antara lain:

  • Mengatasi Jerawat – Masalah kulit yang dialami hampir semua orang adalah jerawat. Menggunakan odol pada jerawat dapat membantu mengatasi masalah tersebut bahkan tanpa meninggalkan bekas luka.
  • Menghilangkan Cacat Pada Kulit – Dengan bantuan odol, Anda bisa mengatasi adanya cacat pada tekstur kulit berupa noda atau kulit yang tidak mulus.
  • Mengatasi Keriput – Kerutan pada kulit bisa diringankan dengan bantuan odol sehingga tampak tersamarkan.
  • Mengatasi Noda Hitam – Kombinasi air perasan tomat dan odol dapat digunakan pada bagian kulit yang mengalami noda hitam.
  • Menghilangkan Komedo Hitam– Komedo adalah masalah kulit yang dialami oleh banyak orang setiap harinya. Odol bisa membantu untuk membersihkan komedo yang ada di kulit terutama pada area wajah.
  • Membersihkan Komedo Putih – Komedo putih dapat dihilangkan jika kulit digosok menggunakan odol dan air.
  • Memutihkan Kulit – Odol juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk memutihkan kulit dan memperbaiki rona kulit agar lebih merata.

Odol Untuk Membersihkan Kulit Leher

Jika Anda memiliki kesulitan dengan kulit leher yang kurang bersih atau ingin mengetahui cara membersihkan leher dengan efektif, odol merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk keperluan tersebut. Cara membersihkan leher dengan odol yaitu:

1. Cek Kandungan Bahannya

Jika Anda akan melakukan cara membersihkan leher dengan odol, Anda perlu mengecek kandungan bahan dalam odol sebelumnya. Sejumlah bahan tertentu umumnya ditemukan di pasta gigi dapat mengiritasi kulit.

  • Jika odol mengandung sodium lauryl sulfate, triclosan dan sodium fluoride, maka jangan gunakan karena ketiga bahan ini adalah iritan bagi kulit.
  • Cari bahan semacam kalsium karbonat dan zinc yang bisa membawa efek lebih baik pada kulit Anda.
  • Odol yang berwarna putih lebih mengandung sedikit iritan daripada gel bening.

2. Lakukan Tes Lebih Dulu

Oleskan sedikit pada kulit untuk mengujinya di beberapa titik di leher Anda. Jika kulit mengalami kemerahan, menjadi sangat kering atau berubah warna maka jangan lanjutkan untuk menggunakan odol langsung pada kulit.

  • Jika tidak ada reaksi buruk, oleskan sejumlah kecil odol di beberapa titik kulit leher dan biarkan mengering, cuci dulu tangan Anda sebelumnya.
  • Awasi warna kulit di sekitar odol yang dioleskan, jika terjadi iritasi atau perih maka segera bersihkan.
  • Anda bisa membiarkan odol di kulit leher semalaman, namun bagi pemilik kulit sensitif bisa menimbulkan iritasi. Maka gunakan cara membersihkan kulit leher dengan odol menggunakan pertimbangan terbaik.

3. Cairkan Odol dengan Air

Apabila Anda ingin menggunakan odol untuk membersihkan leher lebih dari beberapa titik, maka Anda perlu mencampur odol dengan air. Anda bisa mencampur sejumlah kecil odol dalam satu cangkir air. Gunakan jangan lebih dari satu sendok teh namun Anda harus mempertimbangkan seberapa banyak adanya iritan pada kulit. Cara ini juga akan dapat menjadi cara menghilangkan leher hitam pada orang gemuk dan Anda juga bisa mencoba cara menghilangkan daki di leher dengan minyak zaitun

4. Aplikasikan Odol Pada Leher

Ketika bahan – bahan sudah siap dan tercampur rata, Anda bisa mengaplikasikannya pada wajah yang sudah dibersihkan. Usapkan lembut campuran tersebut pada kulit leher, pastikan tidak terasa menyengat atau menyebabkan iritasi. Gunakan banyak air dan jangan digosok untuk cara memutihkan leher belakang dan cara menghilangkan hitam di leher . Jika kulit terasa perih maka segera bersihkan. Kulit kering, merah atau mengencang bukan merupakan tanda bahwa ramuan bekerja dengan baik, malahan sebaliknya.

5. Bersihkan Sisa Odol

Ketika membersihkan odol di leher, gunakan air hangat dan gerakan melingkar yang lembut. Cipratkan sedikit air dingin pada leher dan gunakan pelembab apabila kulit terasa kencang dan kering. Anda juga bisa menggunakan handuk untuk mengeringkan dan membersihkannya. Odol juga dapat digunakan untuk cara memutihkan leher dan cara menghilangkan leher hitam dengan cepat.

Bagian leher memang merupakan area  yang mudah menghitam karena sering tergesek bahan pakaian dan kulit leher yang hitam akan sangat mudah terlihat apabila Anda mengikat rambut ke atas. Cara membersihkan leher dengan odol bisa Anda lakukan untuk mencegah leher menjadi hitam atau belang karena penyebab leher hitam berupa penumpukan kotoran yang menjadi daki atau karena selalu terpapar sinar matahari. Merawat agar leher tidak mudah menghitam juga bisa Anda lakukan setiap hari dengan selalu menjaga area leher dengan mandi secara teratur dan mengganti pakaian apabila berkeringat agar area kulit leher tidak menjadi lembab.