4 Efek Masker Putih Telur yang Penting Diketahui

Memiliki wajah putih dan cantik adalah dambaan setiap wanita. Berbagai perawatan dilakukan untuk mendapatkan tampilan wajah seperti yang diinginkan. Salah satu perawatan yang tidak bisa ditinggalkan yaitu menggunakan masker. Saat ini banyak produk masker yang bagus, namun tidak sedikit yang masih menggunakan masker tradisional  dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang sering dijadikan masker yaitu putih telur.

Meskipun terkenal kaya akan manfaat untuk kecantikan, tetapi efek masker putih telur tetap saja ada. Maka dari itu, anda harus lebih selektif dalam memilih bahan untuk perawatan, terutama perawatan wajah. Untuk mengetahui efek masker putih telur, anda bisa langsung saja  simak pembahasannya di bawah ini.

Efek Masker Putih Telur

Menggunakan putih telur sebagai masker diketahui memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Diketahui, manfaat putih telur utuk wajah di antaranya yaitu sebagai cara mengecilkan pori-pori besar atau tips mengecilkan pori-pori wajah, cara mengencangkan kulit wajah, mengurangi minyak berlebih, cara mencegah penuaan, mengatasi bulu halus pada wajah dan lain sebagainya.

Namun, dibalik khasiatnya yang selama ini kita ketahui, masker putih telur juga dapat menyebabkan efek samping. Nah, untuk mengetahui apa saja efek masker putih telur, anda bisa simak pembahasannya di bawah ini:

1. Dapat Menyumbat Pori-Pori

Masker putih telur diklaim dapat mengecilkan pori-pori. Namun, sebenarnya masker dari putih telur ini dapat menyumbat pori-pori. Pasalnya, molekul protein yang terkandung dalam putih telur terlalu besar sehingga tidak akan dapat menyerap ke dalam lapisan kulit.

Protein yang diketahui dapat menjadikan kulit lebih kenyal pada kenyataannya tidak dapat terserap sehingga akibatnya akan menyumbat pori-pori.

2. Menyebarkan Bakteri Pada Kulit

Tahukah anda? Putih telur yang masih mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan.  Apabila digunakan pada wajah tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan alergi kulit, apalagi untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Putih telur mengandung banyak nutrisi. Dibandingkan menjadikannya masker, kita dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Kolagen yang terkandung dalam putih telur yang diketahui bisa membantu mengurangi kerutan ternyata tidak akan mengisi kerutan pada wajah dengan permanen dan cenderung akan mudah hilang.

3. Menyebabkan Bruntusan

Dalam putih telur terkandung vitamin A yang akan dapat meningkatkan sensitivitas kulit sehingga akan merangsang terjadinya bruntusan pada kulit. Jika kulit wajah anda bruntusan setelah menggunakan masker putih telur, bisa jadi itu dampak dari putih telur. Oleh karena itu, anda harus lebih bijak lagi dalam memilih bahan untuk perawatan kecantikan anda.

4. Menyebabkan Kulit Kering dan Iritasi

Ketika menggunakan masker putih telur, tak  jarang kita menambahkan bahan-bahan alami lainnya dengan tujuan supaya manfaatnya lebih optimal. Namun sebenarnya, tambahan bahan alami lainnya seperti jeruk lemon atau jeruk nipis, meskipun manfaat lemon untuk kulit bagus, namun dicampurkan dengan masker putih telur bisa jadi menyebabkan kulit iritasi dan kering. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan masker putih telur setiap hari pada wajah anda.

Jika anda  tetap ingin menjadikan putih telur sebagai perawatan kecantikan, akan lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui apakah cocok dengan jenis kulit anda atau tidak. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai masalah yang akan muncul pada kulit anda.

Itulah beberapa efek masker putih telur yang dapat anda ketahui. Semoga bermanfaat.