6 Cara Mempercepat Pengelupasan Kulit di Wajah Secara Alami

Mengangkat sel kulit mati penting dilakukan guna mendapatkan wajah yang tetap sehat dan segar. Mengangkat sel kulit mati disebut dengan proses exfoliating atau pengelupasan. Dengan melakukan proses pengelupasan ini diharapkan wajah anda akan menjadi lebih halus, bersih dan kenyal sebagai manfaat eksfoliasi wajah.

Anda bisa melakukan pengelupasan dengan cara alami menggunakan bahan-bahan alami. Nah, penasaran apa saja bahan alami untuk cara mempercepat pengelupasan kulit di wajah secara alami? Untuk mengetahuinya anda bisa simak cara menghilangkan kulit mati di wajah berikut ini.

1 Kopi

Selain dijadikan sebagai minuman, kopi juga diketahui efektif sebagai bahan alami untuk kecantikan. Kopi kaya akan kandungan zat kafein. Manfaat kopi untuk kulit dan khasiat kopi untuk wajah memang sudah banyak diketahui. Kopi dapat membantu mengangkat sel kulit pada wajah. Untuk mengetahui caranya anda bisa simak di bawah.

  • Langkah pertama kali yang  harus  anda lakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan  yang anda perlukan yaitu bubuk kopi yang masih segar atau anda juga bisa menggunakan bubuk kopi yang  telah diseduh. Siapkan juga minyak essensial secukupnya.
  • Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dengan minyak essensial. Aduk sampai merata.
  • Setelah itu silahkan gosokan pada wajah  anda dengan  lembut.

2. Garam Laut

Garam memang terkenal khasiatnya untuk pengelupasan sel kulit mati. Hanya saja, garam yang sebaiknya digunakan yaitu bukanlah garam meja. Garam laut memiliki butiran yang kasar dan besar, serta tidak mudah larut. Sehingga dengan begitu garam ini baik  untuk membersihkan kulit pada bagian tubuh seperti kaki, lengan maupun siku.

  • Siapkan garam laut dengan minyak essensial secukupnya saja.
  • Kemudian campurkan kedua bahan-bahan ini.
  • Setelah itu anda bisa menggosokan pada wajah anda dengan lembut dan perlahan.

3. Gula Pasir 

Gula pasir khasiatnya hampir sama dengan garam laut. Seperti  yang kita ketahui gula pasir memiliki tekstur yang kasar dengan butiran yang kecil. Hal itu menjadikan gula pasir sebagai bahan yang bagus untuk mengelupaskan kulit. Cara mempercepat pengelupasan kulit di wajah dengan gula pasir adalah sebagai berikut.

  • Silahkan campurkan gula pasir dengan minyak essensial yang biasa anda gunakan.
  • Setelah itu silahkan gosokan pada wajah anda dengan perlahan hingga kulit mati terangkat.
  • Selain mampu mengatasi sel kulit mati, gula pasir juga mengandung glikolat yang tinggi. Kandungan ini berfungsi untuk memecah sel kuli mati dan mengurangi garis halus pada kulit.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang digunakan untuk membuat makanan. Namun, disisi lain baking soda juga efektif sebagai bahan untuk mengelupaskan kulit secara alami.

  • Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya saja.
  • Kemudian oleskan pada wajah anda dengan diberikan tekanan lembut.

5. Kacang Almond

Kacang almond memiliiki kandungan  yang baik untuk mengatasi sel kulit mati, serta membuat kulit wajah lembut. Yuk simak cara mengangkat sel kulit mati dengan cepat menggunakan almond berikut ini.

  • Caranya yaitu siapkan kacang almond secukupnya saja. Kemudian anda bisa menghaluskannya.
  • Setelah itu anda bisa mencampurkan dengan  air secukupnya saja.

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan bahan untuk mengelupaskan kulit yang lembut, terlebih lagi jika anda memiliki kulit yang sensitive. Oatmeal sangat pas untuk membantu pengelupasan kulit sensitive. Selain itu, oatmeal juga cocok untuk kulit berminyak, sehingga selain mengangkat sel kulit mati juga efektif untuk memberishkan sisa minyak.

  • Caranya yaitu dengan menghaluskan oatmeal sampai bubuk. Kemudian anda bisa menambahkan air secukupnya saja.
  • Setelah itu, oleskan oatmeal pada wajah dan pijat wajah anda dengan perlahan.

Demikian cara mempercepat pengelupasan kulit di wajah secara alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.