7 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Air Hangat yang Efektif

Penumpukan sel kulit mati dapat menjadikan kulit kusam atau bahkan sampai muncul flek hitam pada wajah. Jika dibiarkan tentu masalah pada wajah lainnya bisa saja muncul. Oleh karena itu, penting untuk mengangkat sel kulit mati guna kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, cara mengangkat sel kulit mati dengan air hangat bisa anda coba. Selain mudah dilakukan, cara ini juga aman karena tidak akan meninggalkan efek samping. Yuk simak cara mengangkat sel kulit mati dengan air hangat berikut ini.

1. Air Hangat

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengangkat sel kulit mati yaitu dengan melakukan proses pengangkatan sel kulit mati. Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan cara alami. Cara mengangkat sel kulit mati dengan cepat yang pertama yaitu dengan menggunakan air hangat.

  • Silahka siapkan air hangat secukupnya saja, beserta handuk lembut.
  • Kemudian rendam handuk yang sudah anda siapkan tersebut ke dalam air hangat. Lalu kompres wajah anda dengan menggunakan handuk hangat.
  • Letakan handuk dengan lembut pada wajah anda.
  • Kemudian anda bisa menepuk pelan wajah anda dengan handuk. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 sampai 2 menit.

Handuk hangat akan membantu membuka pori-pori wajah anda, sehingga proses eksfoliasi akan menjadi lebih siap. Nah, dengan keadaan pori-pori wajah terbuka, maka sel kulit mati yang tersumbat akan lebih mudah terangkat. Serta sapuan lembut handuk akan membantu mengikis sel kulit mati.

2. Basuh Wajah dengan Pembersih Lembut

Setelah anda selesai  menggunakan handuk hangat, cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih lembut. Membersihkan kulit dapat membantu proses eksfoliasi sehingga menjadi lebih efektif. Setelah anda membersihkan wajah, pastikan anda tidak lupa untuk mengeringkan kembali wajah anda. Cara mengeringkannya yaitu dengan menepuk handuk kering dan halus dengan lembut pada wajah.

3.  Gunakan Bahan yang Tepat Untuk Proses Eksfoliasi

Untuk bahan proses eksfoliasi itu sendiri anda bisa menggunakan produk atau bahan yang mengandung bahan kimia ataupun dengan menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami diketahui efektif untuk proses pengangkatan sel kulit mati.

4. Jeruk Nipis

Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu cara mengangkat sel kulit mati pada wajah.

  • Caranya yaitu silahkan potong jeruk nipis menjadi dua bagian.
  • Kemudian anda bisa memerasnya dan memanfaatkan airnya saja.
  • Setelah itu, anda bisa mengoleskan air perasan jeruk  nipis tersebut pada wajah anda dengan merata dan lembut.
  • Setelah itu,  silahkan bilas dengan menggunakan air hangat. Kemudian lap dengan handuk dingin sampai wajah benar-benar bersih.

5. Baking Soda

Selain dijadikan sebagai bahan  untuk membuat makanan,  baking soda juga dapat membantu proses mengelupaskan kulit dengan alami.  Cara menggunakannya sangat mudah yaitu cukup dengan mencampurkan air dan baking soda, kemudian oleskan pada wajah anda. Setelah beberapa kali pemakaian wajah anda akan terlihat lebih segar dan mulus.

6. Teh Hijau

Dalam teh hijau terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui antioksidan baik untuk kesehatan kulit, juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

7. Madu

Manfaat madu untuk wajah dan manfaat madu untuk kulit sangat bagus. Madu dapat membantu meremajakan kulit dan cara menghilangkan komedo membandel, membuat kulit lembab dan mengangkat sel kulit mati,  juga sebagai cara mencerahkan kulit.

Itulah cara mengangkat sel kulit mati dengan air hangat dan bahan alami lainnya. Selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat.