7 Cara Memutihkan Selangkangan Saat Hamil Dengan Aman

Saat sedang hamil sekitar 90% wanita mengalami beberapa derajat penggelapan kulit di beberapa area. Penggelapan warna kulit ini disebut hiperpigmentasi, yang bisa muncul di area khusus pada tubuh seperti bagian tengah perut, wajah, ketiak, bahkan bagian paha dalam atau selangkangan. Warna kulit yang menggelap ini dapat mempengaruhi kulit berupa titik – titik seperti bekas luka dan bercak – bercak, bisa terjadi pada puting dan areola juga. Wanita yang memiliki rambut gelap dan warna kulit lebih gelap lebih mungkin mengalami beberapa tingkat penggelapan kulit.

Penyebab yang pastinya belum dapat diketahui akan tetapi ada dugaan bahwa warna kulit yang menggelap ini disebabkan karena peningkatan tingkat hormon yang diproduksi saat hamil. Hormon tersebut termasuk hormon yang menstimulasi melanosit, yaitu sel dalam tubuh yang memproduksi pigmen dan memberi peningkatan pada warna kulit yang gelap, bercak – bercak, tanda lahir dan sebagainya. Penyebab lainnya adalah produksi hormon estrogen dan progesteron yang meningkat. Hiperpigmentasi cenderung muncul pada trimester pertama kehamilan dan dianggap sebagai salah satu tanda – tanda awal kehamilan, namun pada kehamilan pertama kemungkinan akan muncul beberapa bulan setelahnya.

Memutihkan Selangkangan Secara Alami

Area selangkangan adalah salah satu area yang terpengaruh oleh pigmentasi ini, yang bisa bertambah tingkat kehitamannya selama kehamilan sampai kelahiran. Kondisi ini hampir selalu akan menghilang saat bayi lahir, namun akan memerlukan waktu lama dan pada beberapa wanita tidak akan benar – benar hilang bahkan pada kehamilan lanjutan bisa muncul lebih awal dan lebih gelap dari sebelumnya. Ada beberapa obat pemutih selangkangan yang dapat digunakan, namun tidak aman bagi wanita hamil karena berbahan kimia dan bisa mempengaruhi bayi dalam kandungan. Bagi Anda yang ingin melakukan cara mencerahkan selangkangan saat sedang hamil, hal tersebut bisa dilakukan dengan aman menggunakan bahan alami. Cara memutihkan selangkangan saat hamil dengan bahan alami yaitu:

1. Lemon

Tidak hanya memiliki manfaat eksfoliasi yang akan membantu menghilangkan kotoran pada kulit sehingga bisa menjadi cara menghilangkan daki pada selangkangan paha, lemon juga memiliki manfaat memutihkan pada kulit. Oleskan air perasan lemon segar pada selangkangan, biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan kain basah. Lakukan perawatan ini setidaknya tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang efektif. Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif bisa mencampur lemon dengan air untuk mencegah kulit semakin kering.

2. Lidah Buaya

Tanaman ini memiliki manfaat meremajakan kulit yang luar biasa dan juga efektif dalam cara tradisional memutihkan selangkangan dan mengurangi hiperpigmentasi. Cara memutihkan selangkangan saat hamil menggunakan lidah buaya bisa dilakukan dengan gel yang ada di dalamnya dan mengoleskan pada selangkangan. Pijat sampai terserap ke dalam kulit lalu bilas dengan air hangat dan ulangi dua hingga tiga kali untuk mendapatkan hasil yang efektif.

3. Mentimun

Mentimun memiliki manfaat memutihkan yang membantu memutihkan selangkangan yang gelap, juga membantu menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Anda dapat mengaplikasikan jus mentimun segar pada selangkangan dan gosok perlahan selama 10 menit. Bilas dengan air dan lakukan dua kali sehari untuk rona kulit yang lebih terang di selangkangan Anda.

4. Yoghurt

Asam laktat yang terkandung di dalam yoghurt memiliki manfaat pemutih ringan untuk cara mencerahkan selangkangan. Yoghurt juga mengandung sejumlah zinc yang membantu menyembuhkan kulit terbakar matahari. Anda bisa menggunakan yoghurt pada selangkangan selama beberapa menit dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, lakukan perawatan ini setiap hari.

5. Minyak Kelapa

Asam lemak esensial dalam minyak kelapa akan membantu mencerahkan hiperpigmentasi dai memudarkan bintik hitam. Minyak kelapa juga bekerja sebagai pelembab yang bagus. Campur satu sendok makan air perasan lemon dan minyak kelapa lalu aplikasikan pada area selangkangan. Biarkan sekitar 10 menit lalu bersihkan. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang efektif.

6. Almond

Almond mengandung vitamin E yang kaya untuk memutihkan kulit, melembabkan kulit kering dan memperbaiki kulit yang rusak. Tambahkan madu dan bubuk almond dalam susu secukupnya untuk membuat pasta scrub. Oleskan scrub pada area selangkangan dan biarkan mengering selama beberapa menit. Bersihkan dengan air dingin, ulangi tiga kali seminggu untuk cara memutihkan selangkangan saat hamil.

7. Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki manfaat mengelupas dan memutihkan yang akan membantu mencerahkan kulit gelap di selangkangan. Keringkan kulit jeruk dan buat menjadi bubuk, lalu tambahkan dua sendok teh bubuk kulit jeruk pada air mawar secukupnya sampai menjadi pasta kental. Tambahkan sejumlah madu murni kedalamnya. Oleskan pada selangkangan dan biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air dingin gan ulangi 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil paling baik.

Beberapa bahan alami dalam cara memutihkan selangkangan saat hamil bisa jadi menimbulkan reaksi alergi atau iritasi, jadi sebelum menggunakannya pastikan Anda melakukan tes alergi lebih dulu. Jangan menggunakan bahan secara berlebihan untuk menghindari iritasi. Penggunaan bahan yang berlebihan tidak akan mempercepat pemutihan kulit Anda. Kabar baiknya, semua cara diatas dapat digunakan juga untuk memutihkan bagian tubuh lain seperti siku, lutut, ketiak dan lipatan tubuh lainnya. Jika pada bagian selangkangan atau bagian tubuh lain terdapat luka, jangan gunakan ramuan dan biarkan luka tersebut sembuh lebih dulu. Gunakan ramuan secara teratur dan nikmati hasilnya. Anda bahkan masih bisa melanjutkan perawatan ini setelah bayi lahir. Untuk Anda yang tidak sedang hamil atau menyusui, ada cara memutihkan selangkangan dengan baking soda dan cara memutihkan selangkangan dengan odol yang dapat dicoba.