5 Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya Secara Cepat

Memiliki rambut yang lurus dan mudah diatur menjadi dambaan banyak wanita. Kita dilahirkan dengan jenis rambut yang berbeda – beda, dan tidak semua orang memiliki tipe rambut lurus secara alami. Sebagian wanita dianugerahi rambut yang keriting dan bergelombang, sehingga untuk membuatnya tampak lurus dibutuhkan usaha yang ekstra. Ada beberapa cara yang dilakukan seseorang untuk berurusan dengan rambut yang keriting atau bergelombang. Menggunakan alat penata rambut bersuhu panas, produk berbahan kimia, perawatan dengan bahan kimia atau menata rambut dengan kasar agar rambutnya bisa menjadi lurus.

Masalahnya semua cara meluruskan rambut itu mengandung resiko bagi kesehatan rambut, karena bahan kimia dan suhu panas berpotensi merusak susunan struktur helai rambut. Sehingga jika dilakukan terlalu sering, rambut justru akan menjadi rusak, kering, pecah – pecah, rontok dan lain sebagainya. Bukannya mendapatkan rambut lurus, Anda justru akan berakhir dengan keharusan untuk melakukan berbagai perawatan untuk memulihkan kondisi rambut. Untuk itu, sebaiknya mencoba cara meluruskan rambut secara alami untuk meluruskan rambut Anda. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut adalah lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Lidah buaya merupakan tanaman yang terdiri dari gugusan yang panjang dan berujung tajam serta berduri di pinggirannya.  Tanaman lidah buaya memiliki sejarah panjang dari Afrika dan Timur Tengah dan dikenal untuk manfaatnya bagi kesehatan namun juga memiliki manfaat bagi kecantikan, termasuk kulit wajah, tubuh dan rambut. Gel lidah buaya adalah suatu anugerah bagi para pemilik rambut yang keriting dan berombak sebagai cara meluruskan rambut yang mengembang. Gel lidah buaya akan membantu memperbaiki kerusakan dari alat – alat penata rambut yang menggunakan suhu panas. Gel dari tanaman ini sudah menjadi bahan penata rambut yang tidak ada tandingannya, membuat rambut menjadi sangat halus dan mudah diatur tanpa kesan kaku, dan cara merawat rambut agar lurus. Apapun gaya rambut Anda, ini adalah bahan alami yang sangat tepat untuk digunakan. Itulah sebabnya gel lidah buaya banyak digunakan pada produk rambut yang ditujukan untuk rambut keriting.

Lidah Buaya Untuk Rambut Lurus

Tanaman lidah buaya sangat mudah didapatkan, bahkan Anda bisa mencoba menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Siapa saja bisa mencoba menanamnya karena tanaman ini tumbuh dengan mudah dan tidak memerlukan terlalu banyak perawatan untuk memeliharanya. Lidah buaya sangat mudah menembus lapisan helai rambut dan melembabkan rambut sehingga mudah untuk diluruskan. Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya yaitu:

1. Lidah Buaya Saja

Anda bisa hanya menggunakan lidah buaya tanpa campuran bahan apapun untuk cara meluruskan rambut tanpa rebonding. Siapkan daun lidah buaya saja yang telah dipotong dari tanamannya, kupas dan ambil gel yang ada didalam. Haluskan gel tersebut sampai menjadi seperti pasta. Oleskan merata pada semua bagian rambut dengan pijatan lembut selama lima menit agar meresap ke dalam kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih satu jam agar meresap dengan sempurna. Bilas sampai bersih dengan keramas seperti biasa.

2. Lidah Buaya dan Biji Rami

Ekstrak biji rami berguna untuk menumbuhkan rambut yang sehat, juga dapat melembutkan dan membuat rambut mudah dirapikan, juga sebagai cara merawat rambut mengembang menjadi lurus. Kandungan  omega 3 dan vitamin E akan memelihara folikel rambut dan mendukung pertumbuhan rambut agar kuat dan sehat. Siapkan secangkir air panas dan rebus, tambahkan tiga sendok teh biji rami ke dalam air rebusan tersebut. Atur api kecil sampai mendidih, lalu dinginkan. Siapkan dua sendok makan gel lidah buaya, satu sendok makan jus lemon, dua sendok teh minyak jarak dan dua sendok teh madu lalu aduk sampai rata. Basahi rambut sampai merata lalu aplikasikan masker ini, biarkan sampai kering. Bilas rambut dengan air hangat sampai bersih dan keringkan di udara terbuka.

3. Lidah Buaya dan Minyak Esensial

Cara meluruskan rambut secara tradisional bisa dilakukan dengan campuran berikut ini. Siapkan setengah cangkir gel lidah buaya dan minyak zaitun secukupnya, lalu hangatkan. Teteskan minyak rosemary dan minyak cendana sebanyak masing – masing 6 tetes ke dalam gel lidah buaya yang telah dihangatkan tadi. Aduk semua bahan sampai rata, lalu aplikasikan masker ke dalam helaian rambut dan kulit kepala dengan jari tangan. Sebarkan masker secara merata di rambut sambil memijat kulit kepala perlahan. Tutup rambut dengan handuk atau shower cap dan biarkan selama dua jam. Bilas rambut dengan air dingin dan keramas seperti biasa.

4. Lidah Buaya dan Minyak Kelapa

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya juga bisa Anda lakukan dengan kombinasi minyak kelapa yang akan menjadi cara membuat rambut hitam dan lurus. Siapkan gel lidah buaya dan minyak kelapa dengan perbandingan jumlah yang sama. Aplikasikan pada helaian rambut sampai rata dari ujung ke pangkal rambut. Biarkan semalaman dan tutup rambut, lalu bilas pada pagi harinya dengan keramas seperti biasa. Keringkan rambut di udara terbuka dan sisir perlahan sampai rapi.

5. Lidah Buaya dan Madu

Madu akan membantu memberi efek deep conditioning, memudahkan akar rambut untuk diatur dan memperbaiki rambut kusut sehingga menjadi halus dan lurus. Siapkan lidah buaya dan madu secukupnya, blender gel lidah buaya dengan ditambahkan sekitar 2 sendok makan madu sampai berbentuk seperti pasta. Oleskan ke seluruh bagian rambut menggunakan tangan sambil dipijat lembut selama sekitar 5 menit. Biarkan cara merawat rambut dengan lidah buaya ini kurang lebih satu jam agar meresap. Bilas sampai bersih dengan menggunakan sampo.

Anda juga dapat melakukan cara meluruskan rambut dengan lidah buaya dan susu atau air perasan lemon yang bisa mencegah ketombe dan membuat rambut berkilau, minyak kastor untuk mencegah kerusakan kutikula dan memperbaiki rambut rusak. Namun yang paling penting apabila Anda tidak memiliki rambut lurus alami, sadarilah bahwa apa yang Anda miliki itu adalah anugerah dari Tuhan dan perlu disyukuri. Dengan demikian Anda tidak akan terlalu menyesali kondisi rambut yang bergelombang atau keriting sehingga melakukan usaha berlebihan untuk meluruskannya. Ketahuilah bahwa pada masa sekarang ini, rambut bergelombang atau keriting justru kembali menjadi trend yang diiikuti bahkan oleh para wanita berambut lurus.