7 Cara Mengatasi Kulit Gosong Setelah Berenang dengan Alami

Selain menyehatkan, berenang juga menyenangkan. Olahraga air ini termasuk salah satu olahraga yang banyak digemari, karena selain melakukan olahraga kita juga bisa sekaligus main air. Hanya saja, olahraga outdoor ini tidak jarang menyebabkan kulit gosong, apalagi jika dilakukan di siang hari saat cuaca terik.

Kulit yang gosong akibat berenang tentu akan membuat anda merasa tidak percaya diri bukan? Kulit gosong di bagian tertentu akan terlihat tidak rata dengan bagian lainnya yang merupakan warna asli kulit anda. Untuk anda yang mengalami masalah ini, sebaiknya anda jangan merasa khawatir. Karena kulit gosong setelah berenang bisa diatasi dengan cara alami dan mudah. Nah, berikut ini kami hadirkan cara mengatasi kulit gosong setelah berenang dengan alami dan mudah.

Aplikasikan Lotion

Sebelum berenang, sangat  disarankan untuk menggunakan lotion atau sunblock. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek buruk sinar matahari saat anda berenang. Sebaiknya pilihlah lotion atau sunblcok dengan kandungan SPV yang tinggi, sehingga kulit dapat terlindungi dengan maksimal.  Dengan begitu kulit anda dapat terlindungi dari sengatan sinar matahari langsung saat berenang, dan kulit belang serta terbakar dapat diminimalisir. Sebaiknya oleskan juga lotion atau sunblock ini pada saat anda naik dari kolam untuk istirahat.

Bersihkan Tubuh Setelah Berenang

Setelah anda selesai berenang, sebaiknya hindari  melakukan aktifitas yang lain dulu. Sesaat setelah naik dari kolam berenang, sebaiknya langsung mandi dan bersihkan diri anda. Untuk membersihkan tubuh, anda tidak perlu menunggu kering terlebih dahulu. Air kolam biasanya mengandung kaporit, dimana efeknya tidak baik untuk kulit ditambah lagi dengan paparan sinar matahari yang cukup lama selama anda berada dikolam berenang.  Bersihkan tubuh anda dengan menggunakan sabun dan air dingin. Setelah mandi, pastikan tubuh anda benar-benar kering sehingga kulit tidak akan terlihat kusam. Akan lebih baik lagi jika anda berendam di dalam air dingin selama kurang lebih15 menit. Hal itu bertujuan untuk menetralkan kulit yang iritasi sebelum akhirnya kulit menjadi gosong.

Luluran

Jika kulit anda kusam dan gosong setelah berenang, cara mengatasi kulit gosong yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan luluran. Luluran merupakan cara merawat kulit tubuh secara alami dan mudah. Seperti yang kita ketahui, luluran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sebaiknya gunakan lulur yang mengandung vitamin agar dapat memberikan hasil yang maksimal. Sehingga dengan begitu kulit hitam atau gosong setelah berenang dapat diatasi, dan warna kulit anda akan kembali seperti semula.

Perbanyak Minum Air Putih

Kaporit yang terkandung di dalam kolam berenang dapat membuat kulit anda dehidrasi, dan menjadi penyebab kulit kering dan kusam. Dan keadaan ini tentu akan membuat penampilan kulit menjadi tidak maksimal. Nah untuk mengatasinya, sebaiknya perbanyaklah minum air putih supaya kulit tidak kering. Agar kulit anda kembali segar dan lembab, tidak ada salahnya anda juga minum jus buah yang sehat dan segar. Jus buah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat membantu mempertahankan warna cerah kulit anda.

Lidah Buaya

Perawatan alami dipercaya lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Nah, anda bisa mengatasi kulit gosong setelah berenang dengan memanfaatkan lidah buaya. Seperti yang kita ketahui, manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan manfaat lidah buaya untuk kulit sangat baik. Agar  warna kulit menjadi netral, anda bisa menggunakan lidah buaya untuk  dijadikan olesan. Berikut ini cara mengembalikan warna kulit setelah berenang dengan menggunakan lidah buaya.

  • Silahkan siapkan sebatang lidah buaya berukuran sedang.
  • Kemudian manfaatkan gelnya saja. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada seluruh bagian kulit yang gosong atau belang.
  • Setelah itu, diamkan beberapa saat sampai kering. Terakhir anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.

Mentimun

Setelah berenang, anda pasti akan menemukan bagian kulit yang hitam sehingga warnanya tidak merata dengan bagian kulit yang lainnya. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan timun. Yuk simak cara memanfaatkan timun di bawah ini.

  • Siapkan mentimun secukupnya saja.
  • Kemudian oleskan mentimun segar pada bagian kulit yang gelap. Sebaiknya oleskan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tunggu beberapa saat hingga kering.
  • Mentimun memiliki sifat pelembab dan pendingin sehingga mampu mengembalikan keadaan kulit yang kusam dan kering.

Kunyit

Kunyit juga efektif untuk mengatasi kulit gosong akibat berenang. Simak cara memutihkan kulit dengan kunyit untuk kulit gosong di bawah.

  • Siapkan kunyit parut, minyak zaitun dan tepung chickpea. Kemudian campurkan semua bahan-bahan tersebut.
  • Oleskan campuran ini pada seluruh badan anda dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.  Jika sudah, bilas menggunakan air dingin.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit gosong setelah berenang dengan alami. Cara-cara di atas bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Selamat mencoba.