20 Cara Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis dan Tomat

Keinginan untuk memiliki kulit yang putih dan mulus tentunya wajar dirasakan oleh para wanita. Kulit wajah yang putih bersih memang masih menjadi standar kecantikan wanita Asia, sehingga wanita yang berkulit gelap atau kurang putih seringkali merasa ada yang kurang pada penampilannya. Banyak wanita yang mencari jalan pintas untuk memutihkan wajah dengan menggunakan produk krim pemutih wajah, akan tetapi banyak diantara produk tersebut bukan merupakan krim pemutih wajah yang bagus, namun berupa krim yang palsu sehingga mengandung bahan pemutih wajah berbahaya.

Bagi wanita yang kurang jeli memilih produk pemutih kulit wajah tentu saja akan beresiko mengalami efek samping buruk dari bahan palsu tersebut. Belum lagi, penggunaan bahan kimia dalam jangka panjang sebenarnya juga kurang baik bagi diri kita. Sekarang ini produk berbahan alami ramai dicari orang karena maraknya trend yang kembali berkembang mengenai kembali ke alam, termasuk untuk perawatan kecantikan. Ada cara yang lebih aman untuk memutihkan wajah, yaitu menggunakan bahan pemutih wajah yang terbuat dari bahan alami seperti jeruk nipis dan tomat. Kedua bahan ini bisa digabungkan untuk membentuk ramuan masker wajah yang efektif untuk memutihkan kulit.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah tumbuhan yang termasuk ke dalam jenis jeruk – jerukan, atau termasuk dalam genus citrus. Bernama latin Citrus Aurantifolia, tanaman ini banyak tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Di Indonesia juga dikenal dengan nama jeruk pecel. Pohonnya bisa tumbuh hingga setinggi tiga sampai enam meter, bentuk buahnya bulat dan juga ada yang berbentuk bulat telur, warnanya hijau sampai kekuningan. Kulit buahnya tipis namun mengandung banyak minyak atsiri. Rasanya sangat asam karena mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat.

Bagaimana Jeruk Nipis dapat Memutihkan Kulit

Jus jeruk nipis telah banyak diketahui disarankan sebagai bahan pemutih kulit, namun apakah yang membuat jeruk nipis bisa begitu berkhasiat untuk memutihkan kulit? Jawabannya, manfaat buah jeruk nipis untuk wajah  memang memiliki khasiat untuk memutihkan kulit, namun akan memakan waktu yang lama dan bukan merupakan solusi yang permanen. Bagaimana cara jeruk nipis memutihkan kulit ada pada uraian berikut ini:

  • Mengandung Vitamin C

Buah – buahan yang berada dalam genus citrus terutama jeruk nipis sangat efektif untuk merawat noda hitam, kerusakan pada tekstur kulit wajah akibat jerawat serta bekas jerawat dan bercak – bercak hitam,  karena mengandung vitamin C yang merupakan anti oksidan yang sangat kuat. Ketika dioleskan ke kulit, air jeruk nipis telah terbukti memperlihatkan khasiat untuk mencegah hiperpigmentasi.

  • Eksfoliasi

Manfaat eksfoliasi wajah yang akan menjadi cara menghaluskan wajah akan didapatkan melalui kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis yang merupakan scrub alami yang dapat mengelupas sel kulit mati dengan efektif sehingga dapat mencerahkan kulit dan memperbaiki rona kulit. Lapisan terluar kulit yaitu epidermis akan dikelupas oleh asam, menghilangkan lapisan kulit lama termasuk kulit yang mengalami pigmentasi. Lapisan terluar kulit secara alami akan mengelupas setiap tiga sampai empat minggu ketika sel baru bergerak naik ke permukaan kulit. Vitamin C akan menstimulasi produksi sel kulit baru yang akan membuat kulit semakin tampak muda dan cerah. Setelah beberapa bulan penggunaan baru akan terlihat pengurangan garis halus dan perbaikan menyeluruh pada rona kulit dan teksturnya.

  • Menstimulasi Kolagen

Sebagai anti oksidan yang kuat, vitamin C dapat membantu meminimalkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan juga dapat menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Vitamin C mudah diserap oleh tubuh sehingga mudah untuk melindungi sel – sel di dalam tubuh, selain itu juga dapat membantu mendorong kenaikan jumlah vitamin E pada tubuh yang dapat melindungi sel – sel dari oksidasi, yang akan menghasilkan kulit yang lebih sehat dan rona kulit yang lebih segar. Banyak orang yang mencoba manfaat suntik kolagen pada kulit atau suntik vitamin c dan kolagen, namun sedikit orang yang menyadari bahaya suntik kolagen yang bisa terjadi jika dilakukan dengan berlebihan.

  • Mengurangi Produksi Melanin

Vitamin C dalam bentuk ascorbyl telah diuji secara klinis dan terbukti mengurangi produksi melanin pada kulit. Melanin pada dasarnya mempunyai peranan penting yaitu untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun kelebihan produksi melanin dapat menghasilkan masalah kulit berupa pembentukan noda hitam dan area lain yang berupa hiperpigmentasi. Vitamin C dapat memutihkan kulit dengan mencampuri kinerja enzim tyrosinase yang dapat menstimulasi produksi  melanin pada kulit.

Tomat

Cara memutihkan wajah dengan tomat juga sudah dikenal sebagai salah satu bahan alami perawatan wajah. Tomat dapat mendinginkan wajah yang terbakar matahari dan juga mengandung manfaat astringent untuk memperkecil pori – pori wajah. Selain itu, manfaat tomat  untuk wajah juga dapat membantu untuk cara menghilangkan muka berminyak secara alami. Nutrisi yang ada dalam tomat dan manfaatnya untuk kulit wajah antara lain yaitu:

  • Vitamin A – Vitamin A bisa menjadi cara alami menghilangkan flek hitam di wajah dengan memudarkan flek hitam dan juga noda hitam di kulit wajah dan melembutkan kulit yang kasar.
  • Vitamin B Tips mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan menggunakan manfaat vitamin B dan memperlambat proses penuaan kulit, melawan radikal bebas yang menyebabkan garis halus dan kerusakan sel kulit yang sehat.
  • Vitamin C – Membantu pembentukan kolagen dan mempertahankan kekencangan serta kekenyalan kulit wajah.
  • Kalsium – Kalsium berkhasiat untuk menyusun lapisan terluar kulit, menyembuhkan kulit yang kering parah.
  • Potasium – Mengatasi kulit kering dengan melembabkan dan menghidrasi sel kulit.
  • Magnesium – Berguna untuk penampilan kulit yang muda dan bersinar, memperlambat proses penuaan kulit.
  • Tomat membantu kulit untuk menghirup oksigen dan memperlambat proses penuaan.
  • Lycopene – Membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya dan mencegah kanker kulit.

Masker Wajah Jeruk Nipis dan Tomat

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan tomat bisa digunakan sebagai salah satu alternatif perawatan wajah alami. Gunakan gabungan dari jeruk nipis dan tomat untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan segar secara alami. Cara membuat masker tomat dan jeruk nipis, juga cara menggunakan masker tomat dan cara menggunakan masker jeruk nipis yaitu:

  • Cara 1:
  1. Siapkan setengah buah tomat matang dan setengah sendok teh air perasan jeruk nipis.
  2. Hancurkan tomat menjadi bubur yang lembut.
  3. Campur dengan air perasan jeruk nipis tadi.
  4. Gunakan kapas bersih yang dicelupkan ke dalam ramuan untuk mengoleskan masker ke wajah.
  5. Biarkan menyerap sekitar 10-15 menit.
  6. Bilas dengan air dingin, keringkan dengan ditepuk perlahan menggunakan handuk.
  7. Gunakan setetes minyak zaitun untuk melembabkan kulit.
  8. Lakukan perawatan ini dua kali sehari selama lima belas hingga dua puluh hari untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Cara 2:

Atau Anda juga bisa menggunakan cara berikut ini untuk membuat masker jeruk nipis dan tomat:

  1. Siapkan satu buah tomat matang dan peras hingga mendapatkan airnya.
  2. Campur dengan beberapa tetes air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan air perasan tomat.
  3. Gunakan campuran pada kulit wajah dan biarkan menyerap selama lima belas menit.
  4. Bilas dengan air hangat lalu ikuti dengan air dingin.
  5. Lakukan perawatan ini tiga kali seminggu.
  • Cara 3:
  1. Siapkan buah tomat segar secukupnya dan iris menjadi potongan kecil – kecil setelah dicuci bersih.
  2. Hancurkan dengan satu atau dua tetes air perasan jeruk nipis, tambahkan sedikit air suling sampai menjadi pasta yang kental.
  3. Bersihkan wajah dan keringkan dengan handuk lembut.
  4. Gunakan masker secara menyeluruh di wajah dan pijat perlahan dengan gerakan melingkar.
  5. Biarkan wajah mengering secara alami dan bilas sampai bersih.
  6. Keringkan lagi dengan lembut.
  7. Jika kulit terasa iritasi setelahnya maka gunakan pelembab yang cocok bagi wajah Anda.

Kiat Menggunakan Jeruk Nipis dan Tomat

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang tinggi dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan iritasi. Anda dapat memperhatikan beberapa kiat berikut ketika melakukan cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan tomat sebagai masker wajah agar terhindar dari iritasi:

  • Cuci bersih jeruk nipis dan tomat sebelum diperas atau dipotong.
  • Potonglah jeruk nipis dan tomat dengan pisau yang bersih, untuk menghindari kotoran juga masuk ke dalam masker yang dibuat.
  • Masker jeruk nipis cukup dipakai satu hingga dua kali dalam seminggu saja. Efek memakai masker jeruk nipis setiap hari akan membuat wajah mengalami ciri  – ciri kulit sensitif.
  • Gunakan tomat seperlunya saja, karena efek samping tomat untuk wajah juga bisa membuat wajah sensitif dan alergi.
  • Hindari membiarkan masker jeruk nipis lebih dari 60 menit di kulit wajah, karena dapat mengiritasi kulit dan membuatnya mengelupas.
  • Bilas wajah sampai bersih dan keringkan perlahan menggunakan handuk yang berbahan lembut setelah menggunakan masker yang terbuat dari jeruk nipis dan tomat, jangan digosok.
  • Sebelum menggunakan jeruk nipis dan tomat, tes lebih dulu kulit Anda dengan mengoleskan sedikit air jeruk nipis atau air tomat untuk mencari tanda alergi.
  • Efek samping masker jeruk nipis dan tomat akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari, karena itu sebaiknya jangan beraktivitas di bawah terik matahari sesaat setelah menggunakannya, dan juga jangan keluar ruangan selagi menggunakan masker jeruk nipis.
  • Jangan gunakan jeruk nipis dan tomat apabila kulit wajah sedang terluka atau cedera.
  • Hindari menggunakan jeruk nipis di dekat mata atau kelopak mata.
  • Air jeruk nipis dapat membuat kulit menjadi kering, maka sebaiknya gunakan pelembab atau minyak zaitun pada kulit wajah setelahnya.
  • Lakukan perawatan ini dua kali sehari selama lima belas sampai dua puluh hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara memutihkan wajah dengan masker jeruk nipis dan tomat memang bisa menjadi salah satu pilihan apabila Anda ingin memutihkan wajah sehingga tampak lebih segar. Akan tetapi, Anda juga harus melakukannya secara rutin karena hal ini tidak akan menghasilkan wajah yang putih secara permanen, namun walaupun demikian cara ini tetap lebih aman dan bebas bahan kimia. Walau bagaimanapun, ingatlah bahwa lebih penting untuk tetap mencintai diri Anda sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya dan tidak memaksa untuk tampil yang tidak mirip dengan kepribadian Anda sendiri.