9 Cara Menghilangkan Bruntusan di Tangan dengan Mudah dan Efektif

Bruntusan adalah masalah kulit yang tidak hanya muncul di wajah menjadi penyebab muka kasar dan berbintik, namun juga bisa muncul di bagian kulit seluruh tubuh. Munculnya bruntusan di kulit bisa disebabkan oleh banyak hal seperti pengaruh cuaca, gigitan serangga, alergi, iritasi, infeksi, pengaruh obat dan masih banyak lagi. Salah satu bagian yang cukup sering muncul bruntusan adalah tangan, terutama pada daerah ruas-ruas jari. Kali ini akan diulas mengenai cara menghilangkan bruntusan di tangan baik dengan penggunaan produk skincare maupun dengan bahan alami, antara lain:

1. Kompres dengan es batu

Es batu atau air dingin bisa membuat meredakan gatal dan merilekskan sel syaraf karena memiliki efek dingin. Caranya adalah dengan memasukkan es batu atau air dingin dalam plastik lalu dilapisi kain lembut untuk mengompres, juga hindari menggaruk bagian tangan yang bruntusan agar tidak semakin parah.

2. Vaseline petroleum jelly

Salah satu produk yang multifungsi untuk kulit adalah vaseline petroleum jelly, yang bisa berfungsi untuk mengatasi bruntusan sekaligus cara merawat kulit kering dan bersisik. Oleskan vaseline setiap kali dibutuhkan agar bruntusan dan gatal hilang, kulit juga kembali mulus secara alami.

3. Lidah buaya

Gel lidah buaya baik alami atau yang sudah dikemas menjadi produk juga memiliki kandungan vitamin E dan efek dingin yang bisa meredakan bruntusan di tangan secara bertahap. Gel lidah buaya ini bisa diaplikasikan setiap saat atau sesering mungkin ketika bruntusan terasa gatal.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya sangat efektif untuk melembabkan kulit, namun juga efektif untuk mengatasi bruntusan atau iritasi kulit lain. Cara menghilangkan bruntusan dengan minyak zaitun adalah dengan mengoleskan minyak zaitun sambil menekan pelan agar minyak zaitun bisa terserap sempurna.

5. Lemon

Kandungan antibakteri dan antiseptik di dalam lemon dapat mengatasi bruntusan juga mencegah peradangan kulit. Cukup menggunakan air perasan lemon saja sebagai cara menghilangkan bruntusan di tangan, biarkan air lemon sampai mengering sendiri dan bisa digunakan beberapa kali sehari.

6. Lotion kulit

Penggunaan lotion atau hand cream juga memiliki fungsi penting untuk mengatasi bruntusan dan gatal di kulit tangan. Jadi pastikan selalu menggunakan pelembab baik lotion maupun hand cream agar kulit yang gatal dan kering karena bruntusan bisa berkurang.

7. Oatmeal

Oatmeal bisa dimanfaatkan untuk membuat masker kulit, caranya dengan mencampur oatmeal dan air hangat sampai menjadi pasta. Oleskan masker ini pada bagian tangan yang bruntusan setidaknya satu kali sehari, yang juga bermanfaat sebagau cara menghilangkan jerawat di badan.

8. Sunblock

Bruntusan juga bisa semakin parah jika kulit tangan terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung, juga bisa menyebabkan peradangan makin jadi. Sehingga pastikan selalu menggunakan sunblock atau tabir surya setiap kali akan keluar rumah, selain agar kulit tidak cepat hitam juga mencegah bruntusan di tangan tidak semakin parah dan meradang.

9. Sabun mandi

Menggunakan sabun mandi yang mengandung banyak bahan kimia dan busa cenderung akan membuat kulit tangan kering dan mengalami iritasi sehingga muncul bruntusan. Jadi gunakan sabun yang lembut untuk mengatasi bruntusan dan mencegahnya semakin parah, sekaligus cara mengatasi kulit kering dan bersisik.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan bruntusan di tangan dengan berbagai cara, baik secara alami maupun dengan produk skincare. Semoga bermanfaat.