4 Cara Menghilangkan Kulit Mati Di Kepala yang Membandel

Pada umumnya, orang tidak akan terlalu memikirkan kondisi kulit kepala sampai mengalami masalah di area tersebut. Walaupun rambut sebenarnya terbuat dari sel kulit mati, kulit kepala adalah bagian yang hidup dari kulit Anda yang memerlukan perawatan seperti bagian tubuh yang lain. Normalnya tubuh akan menghilangkan dan mengganti sel kulit mati di kepala dengan sel kulit yang baru. Walaupun demikian, sedikit bantuan dengan eksfoliasi kulit kepala tidak ada salahnya.

Eksfoliasi kulit kepala melibatkan bahan eksfoliant kimia untuk menghilangkan sel kulit mati yang berlebihan, minyak, dan ketombe. Banyak ahli pewarnaan rambut menyebutkan bahwa eksfoliasi kulit kepala secara teratur adalah kunci kepada rambut yang lebih sehat dan berkilau dari akar ke ujung rambut. Pengelupasan kulit kepala bisa menenangkan dan cara melepaskan stress yang menyegarkan untuk kulit kepala. Dengan cara ini, eksfoliasi bisa menguntungkan dalam segala sisi khususnya bagi orang yang bermasalah dengan ketombe, kulit kepala kering dan rambut berminyak.

Cara mengangkat sel kulit mati dengan air hangat bisa juga menjadi cara menghilangkan sel kulit mati dengan cepat. Anda bisa mencobanya untuk kulit wajah dan tubuh. Untuk cara menghilangkan kulit mati di kepala, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan bahan – bahan alami seperti berikut ini:

1. Gula Merah dan Oatmeal

Kombinasi gula dan oatmeal menciptakan eksfoliant fisik yang dapat membantu meluruhkan sel kulit mati. Bahan – bahan ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sel kulit mati di wajah dan cara mengelupaskan kulit wajah secara alami.

  • Siapkan dua sendok makan gula merah, dua sendok makan oatmeal yang digiling halus dan dua sendok makan kondisioner rambut yang biasa digunakan.
  • Cuci rambut lebih dulu dan aplikasikan campuran ke rambut yang masih basah.
  • Campur semua bahan sampai rata dan oleskan pada kulit kepala sambil digosok perlahan dan dipijat.
  • Gunakan gerakan melingkar yang lembut untuk mencapai kulit kepala dan bilas sampai tuntas ketika sudah selesai melakukan scrub.

2. Clarifying Shampoo dan Baking Soda

Tambahkan baking soda pada sampo yang biasa Anda pakai sekali dalam sebulan akan membuat sampo Anda mampu menyerap minyak dan menghilangkan produk perawatan rambut yang tersisa di kulit kepala. Minyak tea tree ditambahkan untuk efek anti jamur dan antiseptik, untuk membasmi bakteri dan ketombe.

  • Siapkan satu sendok makan baking soda, satu sendok makan sampo, dan beberapa tetes tea tree oil.
  • Kombinasikan bahan – bahan dengan mengaduknya sampai rata.
  • Aplikasikan produk di kulit kepala, dengan fokus pada kulit kepala dan akar rambut.
  • Pijat perlahan selama beberapa menit untuk menghilangkan penumpukan kotoran dan sel kulit mati.
  • Bilas menyeluruh dengan air hangat.
  • Scrub dengan bahan ini tidak cocok untuk rambut yang diwarnai.

3. Garam dan Minyak Zaitun

Garam dan minyak dikombinasikan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe atau serpihan kulit lain tanpa mengeringkan kulit kepala. Asam lemak pada minyak zaitun akan melapisi rambut, menyediakan kelembaban dan perlindungan melawan kerusakan sedangkan air perasan lemon akan menguraikan residu dari produk perawatan rambut di kulit kepala. Kedua bahan ini dapat menjadi cara menghilangkan sel kulit mati pada tubuh, cara menghilangkan sel kulit mati di tangan dan cara menghilangkan sel kulit mati di hidung.

  • Siapkan dua sendok makan garam laut, 1-2 sendok makan air perasan lemon dan 1-2 sendok makan minyak zaitun.
  • Campur ketiga bahan bersama sampai rata dan basahi rambut.
  • Pijat scrub pada kulit kepala selama beberapa menit.
  • Bilas sampai bersih dan keramas setelahnya.

4. Kayu Manis dan Cuka Apel

  • Siapkan dua sendok maka bubuk kayu manis, satu sendok makan cuka apel, dua sendok makan air mawar, beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda .
  • Campur semua bahan dan aduk sampai rata hingga tidak menggumpal.
  • Aplikasikan pada rambut yang masih basah.
  • Bilas rambut setelah beberapa menit.

Tips Eksfoliasi Kulit Kepala

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda mencoba pengelupasan kulit kepala. Walau dengan bahan alami sekalipun, tetap saja masih ada resiko yang bisa terjadi apabila dilakukan tanpa panduan yang benar.

  • Anda bisa melakukan cara menghilangkan kulit mati di kepala dengan pengelupasan kulit yang dilakukan sebagai bagian dari perawatan pijat kulit kepala juga. Memijat kulit kepala setiap hari termasuk aman, tetapi sebaiknya tidak mengelupas kulit kepala lebih dari 1-2 kali dalam seminggu. Pengelupasan akan menghilangkan minyak dari kepala, karena itu semakin sering Anda melakukan eksfoliasi maka kulit kepala akan semakin berusaha memproduksi minyak.
  • Lakukan pengelupasan kulit kepala pada rambut yang basah sehabis dikeramas. Setelah disisir dan dibagi menjadi beberapa bagian, aplikasikan ramuan untuk kulit kepala menggunakan ujung jari, sisir sikat atau sarung tangan khusus.
  • Pengelupasan kulit kepala dapat membuat kondisinya menjadi semakin sensitif. Anda mungkin akan ingin untuk menggunakan lapisan tabir surya untuk melindungi rambut agar terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi sensitivitas.

Apabila Anda mengalami psoriasis, luka, lecet, infeksi atau eksim di kulit kepala maka jangan lakukan cara menghilangkan sel kulit mati di kepala. Orang – orang yang mengalami masalah ini harusnya keramas dengan sangat lembut, tanpa mengusap atau menggosok dengan keras. Kulit kepala yang sehat akan tercermin dalam kondisi rambutnya. Apabila masalah terus berlanjut dan cara ini tidak berhasil, maka kemungkinan ada masalah lain yang lebih serius. Jika kulit kepala kering terus terjadi diikuti gejala lunak atau kemerahan, temui dokter untuk diagnosa yang tepat. Usahakan untuk menelusuri penyebabnya agar Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan cara mengatasinya dengan tepat dan segera.