4 Ciri-Ciri Kulit Acne Prone yang Harus Anda Ketahui

Selama ini banyak orang yang salah menganggap, bahwa acne prone adalah jenis kulit. Namun, sebenarnya acne prone itu sendiri adalah permasalahan kulit. Acne prone merupakan permasalahan kulit yang disebabkan oleh hormon atau bisa juga karena bakteri. Nah, ada beberapa ciri-ciri kulit acne prone. Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-Ciri Kulit Acne Prone

Agar cara perawatan wajah sehari-hari menjadi lebih optimal,  maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa jenis kulit anda.  Nah,  di bawah ini merupakan ciri-ciri kulit acne prone.

1. Kulit acne prone biasanya memiliki jenis kulit berminyak sensitif, namun meskipun begitu bukan berarti jenis-jenis kulit wajah yang lainnya tidak bisa berjerawat.

2. Masalah kulit acne prone juga bisa menyerang mereka pemilik kulit kering yang sensitif.

3. Ciri-ciri kulit acne prone lainnya yaitu tentu mudah mengalami jerawat pada wajah.

4. Selain itu, acne prone menjadi salah satu masalah yang dialami oleh pemilik kulit sensitif.  Jadi kulit acne prone biasanya lebih sensitif dibandingkan dengan tipe kulit yang lainnya.

Perawatan Kulit Acne Prone

Jika anda sudah mengetahui bahwa acne prone merupakan salah satu permasalahan kulit sensitif,  maka anda harus tahu cara merawat kulit sensitif atau kulit acne prone yang tepat. Anda dapat menghindari hal-hal yang dapat merusak kulit. Beberapa hal yang dapat merusak kulit di antaranya yaitu mencuci wajah terlalu keras dengan menggosok,  menggunakan scrub,  serta mencuci wajah menggunakan sabun yang mengandung detergen.

Jika kulit anda termasuk tipe kulit kering yang mengalami acne prone,  sebaiknya hindari benzoyl peroxide dan salicylic acid.  Pasalnya kandungan tersebut akan dapat menjadikan kulit wajah semakin kering. Anda dapat menggunakan skin care yang dapat sebagai cara melembabkan kulit atau cara melembabkan kulit wajah yang kering dan kusam namun tanpa memicu jerawat.

Skincare yang Harus Dimiliki Oleh Kulit Acne Prone

Pemilik kulit acne prone harus memiliki beberapa skincare seperti berikut ini:

  • Acne Spot Treatment

Produk ini merupakan produk perawatan untuk jerawat dengan aneka rupa.  Produk ini mengandung bahan yang tinggi sehingga harus digunakan pada bagian kulit yang bermasalah saja. Selain itu,  penggunaannya pun harus sesuai dengan aturan.

Hydrating Toner

Selain bermanfaat untuk mengembalikan pH kulit sesudah mencuci wajah, produk ini juga dapat digunakan untuk mengompres wajah yang berjerawat.

  • Masker Oat

Oat merupakan bahan alami yang dikenal ramah untuk semua jenis kulit. Kandungan yang terdapat dalam oat dapat membantu mengatasi kulit wajah yang rusak, serta iritasi. Oat memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Selain itu,  kandungan lainnya pada oat bisa menyerap kelebihan minyak pada wajah atau sebagai cara mengatasi wajah berminyak.

  • Acne Patch

Selain menutupi jerawat dari debu dan kotoran yang lainnya,  acne patch juga bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan mengempisakan jerawat.

  • Soothing Cream

Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat menenangkan kulit yang berjerawat atau iritasi. Bahan alami yang bisa digunakan di antaranya yaitu,  manfaat lidah buaya untuk kulit,  pegagan dan lain sebagainya.  Mengoleskan soothing cream dapat membantu mengurangi iritasi pada bagian kulit yang bermasalah.

Itulah ciri-ciri kulit acne prone, perawatan kulit acne prone dan produk  skincare apa saja yang harus dimiliki oleh kulit acne prone. Semoga bermanfaat.