10 Penyebab Kulit Belang Putih Karena Penyakit dan Kebiasaan Buruk

Timbulnya bercak putih atau belang putih pada kulit tentunya akan sangat mengganggu penampilan dan sering mengurangi rasa percaya. Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kulit belang putih seperti reaksi alergi, infeksi, kelainan autoimun dan bahkan kanker kulit. Belang putih pada kulit hanyalah bersifat sementara dan bukan permanen dengan bentuk beragam seperti bintik, bercak, titik putih dan juga belang putih namun sebagian penyebab lainnya juga bisa menyebabkan belang putih tersebut terjadi secara permanen dan membutuhkan penanganan medis secepatnya agar tidak semakin berkembang. Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, langkah terbaik yang bisa anda lakukan adalah mengetahui apa saja penyebab dari kulit belang putih seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Vitiligo

Vitiligo merupakan belang atau bercak putih yang ada sejak lahir atau terjadi karena faktor turunan. Ini bisa terjadi karena kulit kehilangan pigmen yang menyebabkan belang putih pada kulit terjadi. Sedangkan penyebab vitiligo sendiri belum diketahui secara pasti dan bisa terjadi pada siapa saja akan tetapi lebih sering terjadi pada seseorang dengan kulit gelap. Vitiligo diawali dengan becak putih berukuran kecil di kulit yang kemudian akan menyebar ke seluruh tubuh secara bertahap.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara meratakan warna kulit tangan sekaligus memperlambat perubahan pigmen pada kulit tersebut seperti krim tabir surya, krim untuk menyamarkan belang putih dan juga berkonsultasi dengan dokter kulit agar bisa mendapatkan perawatan tepat untuk mengatasi vitiligo yang anda alami.

  1. Tinea Versicolor

Tinea versicolor atau lebih dikenal dengan sebutan panu ini juga menyebabkan kulit terlihat belang putih yang terjadi karena infeksi jamur. Panu ini bisa berkembang karena jamur namun bukan merupakan penyakit kulit menular. Sedangkan jenis jamur yang menjadi penyebab tinea versicolor adalah jamur Malassezia furfur. Belang putih tersebut sangat mengganggu penampilan dan bisa menyebabkan orang sekitar berpikir jika anda memiliki penyakit menular.

Perawatan terbaik untuk cara menghilangkan belang di kaki dan tangan karena tinea versicolor ini adalah dengan berkonsultasi ke dokter kulit yang biasanya akan diberikan resep obat untuk membantu membasmi jamur Malassezia furfur sekaligus meratakan warna kulit kembali.

  1. Nevus Halo

Nevus halo adalah kulit yang disertai dengan belang coklat, putih atau merah muda yang dikelilingi dengan bercak putih. Nevus halo ini bisa terjadi jika seseorang juga memiliki vitiligo. Meski belang tersebut wajar terjadi, namun ada baiknya juga diperiksakan ke dokter kulit setidaknya 1 kali setahun agar memastikan penyakit kulit tersebut tidak menyebar yang juga menjadi salah satu cara memutihkan wajah agar tidak belang karena nevus halo.

  1. Hipopigmentasi

Hipopigmentasi merupakan istilah medis untuk menunjukkan belang atau bercak putih pada kulit. Belang tersebut umumnya berwarna lebih terang dan lebih putih jika dibandingkan dengan warna kulit asli di sekitarnya dan bisa disebabkan karena banyak faktor. Sedangkan untuk cara menghilangkan belang di tangan dan kaki karena masalah kulit ini juga harus dikonsultasikan dengan dokter kulit.

  1. Liken Sklerosis

Liken sklerosis adalah jenis penyakit kulit yang menyebabkan timbulnya belang atau bercak putih pada kulit dan mengakibatkan area kulit yang terkan semakin tipis. Liken sklerosis ini bisa terjadi di sekitar alat kelamin atau anus dan bisa timbul membentuk kelompok pada satu tempat yang kemudian menyebar seiring waktu.

  1. Morphea

Morphea adalah jenis kelainan kulit yang juga menimbulkan belang putih sekaligus menyebabkan kulit terasa lebih tebal dan mengeras yang umumnya terjadi pada tungkai dan lengan. Belang putih ini juga bisa beragam mulai dari berwarna ungu atau merah yang kemudian akan menebal dan berubah warna menjadi agak kekuningan dan di bagian tengahnya berwarna putih. Cara menghilangkan kulit belang karena morphea ini bisa dilakukan dengan bahan bahan alami dan juga perawatan dari dokter kulit.

  1. Pityriasis Alba

Pityriasis alba merupakan belang putih dengan bentuk oval yang terjadi pada permukaan kulit. Keadaan ini biasanya terjadi pada anak anak dan juga remaja yang memiliki warna kulit gelap. Belang putih ini bisa terjadi di berbagai bagian tubuh seperti lengan atas, wajah, batang tubuh dan juga leher. Sedangkan untuk tekstur penyakit kulit ini sama dengan tekstur dan bentuk pada eksim.

  1. Berjemur

Berjemur atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan tanning adalah aktivitas yang sering dilakukan banyak orang dengan cara berjemur di bawah terik matahari dengan tujuan untuk menghitamkan kulit yang umumnya dilakukan oleh masyarakat Barat dengan kulit putih dan pucat agar tampilan kulit terlihat lebih bagus dan eksotik. Namun, kegiatan berjemur ini juga bisa menyebabkan timbulnya belang putih pada kulit dan biasanya terjadi pada seseorang yang mengkonsumsi pil KB atau obat obatan hormonal lain sebab bisa mempengaruhi tubuh dalam penyerapan sinar UV yang bisa diatasi dengan menggunakan masker untuk wajah belang.

  1. Kerusakan Kulit

Kerusakan kulit yang terjadi karena kondisi medis, luka bakar, sinar laser atau infeksi juga bisa menjadi penyebab timbulnya belang putih pada permukaan kulit dan biasnaya bersifat permanen atau tidak bisa dihilangkan. Saat kerusakan kulit ini terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran medis terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Eksim

Eksim adalah salah satu jenis penyakit kulit atau ruam yang terjadi pada kulit dan juga menyebabkan rasa gatal. Eksim ini biasanya terjadi pada anak anak dan bisa terus terjadi hingga anak beranjak dewasa. Belang putih tersebut umumnya juga memiliki ruam berwarna merah di bagian tengahnya. Cara meratakan warna kulit karena eksim ini bisa dilakukan dengan bahan alami seperti lidah buaya dan kunyit yang bisa membasmi penyebab dari eksim sekaligus menjaga kebersihan kulit anak.

Untuk mengatasi beberapa penyebab kulit belang putih, maka ada beberapa pengobatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah memakai bahan bahan alami. Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik mengenai penyebab belang putih pada kulit yang anda alami.