8 Cara Memutihkan Wajah Agar Tidak Belang Secara Alami

Penyebab kulit wajah bisa terlihat belang sangat beragam seperti melasma yang menyebabkan kulit berwarna kecoklatan yang umumnya di derita wanita usia 20 tahun keatas dan wanita hamil, Lentigo surya yang disebabkan karena terlalu sering berada di terik matahari, vitilio yang merupakan hiperpigmentasi akibat produksi warna kulit yang terlalu berlebihan, akibat luka seperti lecet, infeksi atau terbakar sehingga menyebabkan perubahan warna kulit susah disembuhkan dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini, kami punya beberapa cara memutihkan wajah agar tidak belang secara alami yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

  1. Scrub Teh Hijau, Madu dan Gula

Teh hijau memiliki efek anti penunaan yang akan mengurangi noda pada wajah penyebab belang, mencegah keriput sekaligus menyamarkan bekas luka parut. Akan lebih baik jika menggunakan teh hijau yang harus disaring dan bukan teh celup. Sementara manfaat madu untuk kulit memiliki sifat anti bakteri yang sangat baik untuk melembabkan sekaligus mengatasi bekas luka penyebab kulit wajah belang.

  • Seduh 2 sendok makan teh dalam mangkuk dan diamkan hingga dingin.
  • Tambakan dengan 1 sendok makan gula dalam larutan sampai teksturnya tetap basah dan sedikit masih kasar untuk menggosok kulit.
  • Tambahkan 1 sendok makan madu lalu bisa disimpan dalam stoples tertutup untuk digunakan beberapa minggu ke depan.
  • Ambil sedikit bagian scrub kemudian gosok pada seluruh bagian wajah dan gunakan handuk basa untuk membersihkan lalu perciki dengan air dingin untuk menutup kembali pori wajah.
  1. Lemon, Minyak Kelapa dan Gula

Minyak kelapa sudah digunakan sejak lama sebagai tonik kulit yang sangat baik. Sedangkan gula dan lemon berguna untuk melembutkan dan mengelupas sel kulit mati penyebab kulit hitam sehingga tampilan warna kulit wajah bisa terlihat merata tanpa belang.

  • Tuang minyak kelapa secukupnya dalam mangkuk atau bisa diganti dengan jenis minyak lain seperti minyak zaitun, minyak almond atau minyak biji anggur yang berkhasiat serupa.
  • Tambahkan 2 sendok makan gula dalam mangkuk sampai teksturnya berpasir.
  • Tambahkan dengan 1 sendok makan air perasan lemon dan aduk hingga rata.
  • Oleskan secara merata ke wajah secara lembut dan diamkan selama beberapa menit.
  • Bilas bersih dengan handuk basah dan perciki dengan air dingin untuk menutup pori wajah kembali.
  1. Pepaya dan Madu

Cara menghilangkan belang pada wajah selanjutnya bisa dilakukan dengan madu dan pepaya. Dalam buah pepaya mengandung enzim papain yang sangat baik untuk mencerahkan warna kulit wajah yang belang. Sedangkan madu akan memberikan kelembapan pada wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati penyebab kulit susah putih sehingga tampilan wajah bisa lebih halus dan merata.

  • Campurkan 4 sendok pepaya matang yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan madu lalu aduk hingga rata.
  • Terapkan campuran ini pada wajah dan diamkan selama 20 menit supaya nutrisi didalamnya bisa menyerap secara sempurna.
  • Bilas bersih dengan air dan tepuk lembut memakai handuk.
  1. Kentang dan Lemon

Kentang dan lemon juga menjadi solusi terbaik untuk tips agar kulit menjadi putih secara alami dan menghilangkan noda penyebab kulit wajah terlihat belang. Lemon dan kentang menjadi sumber vitamin C sebagai detoksifkasi dari dalam untuk menyamarkan bintik gelap pada wajah, lingkar hitan di sekitar mata dan memutihkan kulit wajah secara alami.

  • Kupas 1 buah kentang lalu parut hingga menjadi pasta.
  • Tambahkan perasan 1 buah lemon lalu oleskan secara merata pada wajah.
  • Diamkan selama 20 menit dan bilas bersih dengan air.
  1. Pisang dan Almond

Kombinasi pisang dan almon tidak hanya ampuh untuk memutihkan wajah yang belang, namun juga membuat kulit elastis sehingga tampil lebih awet muda. Cara memutihkan wajah secara alami dalam 1 minggu ini bisa anda pilih untuk mengatasi kulit belang.

  • Haluskan 1 buah pisang matang dan tambahkan dengan 1 sendok teh minyak almond.
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 20 menit lalu bersihkan seperti biasa.
  1. Kunyit dan Tepung Gram

Kunyit menempati urutan teratas dalam perawatan dan pemutih alami kulit sebab bisa mengangkat seluruh sel kulit mati sekaligus sebagai antiseptik yang sangat baik untuk mengobati penyakit kulit seperti psoriasis. Sedangkan tepung gram berkhasiat untuk menyamakan warna kulit sekaligus membuat wajah terlihat lebih bercahaya. Kedua bahan ini ampuh mengatasi bercak pada wajah akibat sinar matahari sehingga bisa digunakan untuk memutihkan seluruh jenis kulit wajah. Untuk cara memutihkan kulit dengan kunyit dan tepung gram bisa dilihat berikut ini.

  • Siapkan 1 sendok makan kunyit bubuk, 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan tepung gram.
  • Campur kunyit bubuk dan tepung gram dalam mangkuk kecil dan tambahkan susu murni hingga menjadi adonan pasta.
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu cuci muka seperti biasa.
  1. Tomat dan Mentimun

Banyak orang yang belum menyadari jika tomat dan mentimun merupakan bahan alami yang mengandung antioksidan alami untuk mengatasi wajah belang akibat sinar matahari sekaligus bahan pemutih alami rumahan. Jus mentimun beserta pulp-nya akan memperbaiki kulit, menyembuhkan pigmentasi, mengurangi noda dan bekas luka. Cara memutihkan wajah dengan tomat dan mentimun selengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

  • Haluskan 1 buah tomat dan 1/2 buah mentimun.
  • Oleskan campuran ini pada wajah dan diamkan kurang lebih 20 menit lalu bersihkan seperti biasa.
  1. Strawberry dan Susu

Strawberry merupakan buah yang bisa digunakan untuk cara mencerahkan wajah dan memutihkan kulit secara alami sekaligus melindungi wajah dari polutan berbahaya dan mengangkat sel kulit mati penyebab wajah belang. Strawberry juga menjadi bahan alami pemutih kulit terbaik untuk mengatasi noda karena sinar UV karena kandungan asam ellagic. Strawberry juga akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru karena tinggi akan vitamin C.

  • Haluskan 2 buah strawberry matang dan 1 sendok makan susu.
  • Oleskan campuran ini pada wajah dan diamkan selama 20 menit baru dibilas bersih dengan air.

Cara memutihkan wajah agar tidak belang memakai bahan alami menjadi cara terampuh dan aman yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit secara sering tanpa efek samping yang berbahaya. Gunakan beberapa cara diatas dengan rutin untuk hasil lebih maksimal.