5 Perbedaan Kulit Sehat dan Tidak Sehat

Perawatan kulit sangat menentukan kesehatan kulit kita. Perawatan kulit yang tepat akan membuat kulit kita sehat dan cantik sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat. Hanya saja, terkadang meskipun sudah melakukan perawatan yang benar tidak membuat kulit sehat. Oleh karena itu, penting untiuk mengetahui perbedaan kulit sehat dan tidak sehat. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja perbedaan kulit sehat dan tidak sehat, anda bisa simak berikut ini.

Perbedaan Kulit Sehat dan Tidak Sehat

Kulit yang sehat tentu akan terlihat cantik dan terhindar dari masalah kulit. Berbeda halnya dengan kulit yang tidak sehat, berbagai masalah kulit akan muncul dan mengurangi kecantikan kulit. Berikut ini beberapa perbedaan kulit sehat dan tidak sehat.

1. Warna Kulit

Warna kulit setiap orang beragam. Namun, meskipun begitu warna kulit tidak menjadi patokan kriteria kulit yang sehat. Apapun warna kulit anda, baik putih, hitam, sawo matang ataupun kuning langsat, yang terpenting kulit anda sehat dan rona warna kulit merata.

Kulit yang tidak sehat biasanya ditandai dengan adanya perbedaan terhadap warna kulit pada permukaan kulit. Seperti misalkan, terdapat flek cokelat yang disebabkan karena sinar matahari atau terdapat noda bekas jerawat pada kulit anda. Sedangkan, jika pada kulit anda terdapat noda berwarna putih belang-belang, itu berarti panu. Sedangkan jika warna kulit anda kemerahan, itu tandanya  kulit anda mengalami peradangan. Warna kulit yang kusam, serta terdapat lingkaran hitam atau penyebab kantung mata di sekitar mata itu menandakan kulit anda mengalami dehidrasi dan kelelahan.

2. Kulit Lembab

Kondisi kulit yang sehat tentunya terasa lembab, sebab asupan air untuk kulit tercukupi. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sangat penting memenuhi kebutuhan cairan, serta sebagai cara melembabkan kulit. Sebab dengan air, sebum yang terdapat pada permukaan kulit akan menjadi seimbang sehingga kulit berminyak dan jerawat akan dapat dicegah. Selain itu, air juga berperan penting untuk memproduksi kolagen.

Sedangkan untuk kulit yang tidak sehat atau kekurangan air biasanya akan terasa kering dan muncul beberapa tanda penuaan pada kulit menjadi lebih cepat. Selain itu, kondisi kulit yang kering biasanya lebih mudah gatal, kulit menjadi bersisik dan mengelupas.

3. Tekstur Kulit

Kondisi kulit yang sehat tentunya akan terasa lebih lembut, kenyal dan halus. Namun, jika kondisi kulit anda terasa lebih kasar seperti terdapat benjolan kecil, kulit mengendur atau mengering dan keriput itu tandanya kulit anda mengalami masalah. Banyak hal yang dapat menyebabkan kondisi kulit yang kasar, di antaranya karena iritasi, jerawat, penyebab kulit cepat keriput, komedo dan bekas luka.

4. Kenyamanan Pada Kulit

Kulit yang sehat tentunya akan terasa nyaman dan tidak menimbulkan sensasi aneh. Namun, berbeda halnya dengan kondisi kulit yang tidak sehat, dimana akan terasa panas atau sensasi terbakar, kulit akan terasa gatal atau kulit terasa sangat kencang seperti tertarik.

Kondisi seperti itu biasanya dialami akibat dari penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak cocok ataupun terlalu keras. Zat yang keras pada suatu produk akan memicu munculnya reaksi pada kulit, seperti perasaan yang tidak nyaman dan perubahan warna pada kulit. Untuk mencegah kondisi kulit yang semakin parah, anda harus menghentikan pemakaian produk.

5. Kulit Terlihat Segar

Kulit yang sehat akan terasa lebih segar dan bercahaya. Berbeda halnya dengan kulit yang mengalami masalah, biasanya kulit akan terlihat kusam karena penyebab kulit kering dan kusam, serta terdapat beberapa masalah pada kulit.

Demikian beberapa perbedaan kulit sehat dan tidak sehat yang dapat anda ketahui. Semoga bermanfaat.