5 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak dan Sensitif

Kesehatan dan kecantikan wajah tentu sangat diperhatikan oleh para wanita, terutama mereka yang memiliki kulit wajah berminyak dan sensitif. Tipe kulit sensitif akan lebih mudah bereaksi dengan berbagai faktor, baik itu bahan kimia pada suatu produk atau perubahan cuaca. Beberapa masalah yang biasanya muncul yaitu  bintik-bintik merah, bisul atau kulit menjadi sangat kering.

Oleh karena itu, sangat penting melakukan perawatan yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi pada kulit. Untuk anda yang ingin tahu cara merawat kulit wajah berminyak dan sensitif, simak berikut ini.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak dan Sensitif

Cara merawat kulit wajah berminyak dan sensitif penting untuk diketahui sehingga anda dapat melakukan cara merawat kulit berminyak dan cara merawat wajah sensitif yang tepat terhadap kulit anda. Berikut ini cara merawat kulit wajah berminyak dan sensitif yang dapat anda simak.

1. Lindungi Kulit dari Sinar UV

Jika anda ingin kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit, maka penting untuk selalu melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari langsung sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat. Sinar matahari lebih dari jam 10 dapat mengancam kesehatan dan kecantikan kulit. Sinar Uv sangat rawan merusak kulit anda sehingga munculnya penyebab kulit kering dan kulit menjadi berjerawat.

Untuk melindungi kulit anda saat berada di luar rumah sehingga kulit tetap sehat dan cantik, sangat disarankan untuk menggunakan krim yang mengandung SPF cukup tinggi. Selain itu anda juga bisa melindungi kulit dengan menggunakan topi untuk meminimalisir paparan sinar matahari mengenai wajah anda langsung.

2. Rajin Mencuci Wajah

Sangat penting bagi anda untuk rajin mencuci wajah agar kesehatan wajah tetap terjaga. Setelah beraktivitas selama seharian, banyak kotoran yang menempel pada wajah anda. Ditambah lagi dengan make up yang anda gunakan. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci wajah dengan rutin minimal sebanyak 2 kali dalam sehari. Pastikan pencuci wajah yang anda gunakan pun tepat atau cocok dengan kulit anda.

Sabun wajah untuk kulit sensitif tentunya berbeda dengan sabun wajah khusus untuk jenis kulit yang lainnya. Tekstur sabun untuk kulit sensitif harus lembut, serta di dalamnya tidak mengandung zat iriatif. Bagi pemilik kulit wajah sensitif juga sebaiknya menghindari scrub wajah karena dapat mengikis lapisan yang berperan untuk melindungi wajah.

3. Terapkan Pola Makan yang Tepat

Menerapkan gaya hidup atau pola makan yang sehat akan membuat anda lebih sehat, termasuk kulit. Penting untuk menerapkan pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit anda. Konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Pasalnya, vitamin yang terkandung pada makanan tersebut akan memberikan nutrisi yang tepat untuk kulit anda.

4. Gunakan Pelembab

Berbagai tipe jenis kulit, baik kulit kering, normal ataupun berminyak membutuhkan pelembab sebagai cara melembabkan kulit wajah. Namun, bagi kulit yang sensitif harus memperhatikan pelembab yang digunakan. Kadar minyak yang terdapat pada pelembab harus seimbang, tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Selain itu, pemilik kulit sensitif harus memperhatikan kandungan pada pelembab yang digunakan. Beberapa kandungan seperti asam glikolat, asam lipoat dan asam alfa hidroksi adalah kandungan yang harus dihindari oleh pemilik jenis kulit sensitif karena akan memicu munculnya jerawat dan iritasi.

5. Gunakan Produk yang Memiliki Formula Hypo-allergenic

Dalam memilih produk sebaiknya pilihlah produk yang sedikit atau tidak mengandung pewangi. Pilih juga produk yang di dalamnya terkandung  hypo-allergenic. Hypo-allergenic itu sendiri menjadi istilah bahwa produk minim menyebabkan alergi. Untuk anda pemilik kulit sensitif, kandungan yang satu ini lebih aman.

Demikian beberapa cara merawat kulit wajah berminyak dan sensitif. Semoga bermanfaat.