12 Cara Mengatasi Rambut Lepek dengan Bedak dan Cara Efektif Lainnya Tanpa Keramas

Rambut anda lepek namun tidak memiliki waktu keramas? Tidak perlu khawatir, anda bisa mengatasi rambut lepek dengan cara mudah dan praktis. Beberapa cara bisa anda lakukan sehingga rambut anda akan kembali terlihat segar. Berikut ini kami hadirkan cara mengatasi rambut lepek dengan bedak dan cara efektif lainnya tanpa keramas.

1. Bedak

Bedak yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut lepek yaitu bedak bayi atau bedak tabur. Cara ini sangat praktis sekali dilakukan, terlebih lagi bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk keramas. Cara mengatasi rambut lepek dengan bedak juga sangat mudah sekali, silahkan sisir rambut anda hingga benar-benar rapi, juga tidak bergelombang.  Ini dilakukan agar bedak bisa diaplikasikan dengan mudah  dan merata. Setelah itu, turunkan atau tundukan kepala anda sehigga rambut anda posisinya di bawah. Selanjutnya taburkan bedak bayi yang sudah anda siapkan pada rambut anda. Usahakan bedak merata saat diaplikasikan. Terakhir anda bisa menggoyangkan rambut dengan menggunakan jari anda dengan perlahan-lahan. Agar bedak yang masih tersisa pada rambut hilang, anda bisa kembali menyisir rambut anda.

2. Gunakan Hair Spray

Selain dengan menggunakan bedak bayi, anda juga bisa mengatasi rambut lepek tanpa keramas dengan bantuan hair spray. Pertama kali langkah yang  harus anda lakukan yaitu menyisir rambut. Lalu anda bisa menundukan kepala, sehingga rambut ada di bawah. Ambil hair spray yang sudah anda siapkan. Jika sudah, silahkan semprotkan hair spray yang sudah anda siapkan pada rambut anda secukupnya. Selanjutnya, anda bisa mengangkat kepala anda. Lalu dengan kedua jari tangan, silahkan remas dan acak-acak rambut sehingga terlihat lebih bervolume. Sebaiknya jangan gunakan sisir untuk menghindari rambut terlihat lepek.

3. Kucir Rambut

Bagi anda yang memang benar-benar tidak memiliki waktu untuk melakukan cara apapun, anda bisa melakukan cara paling mudah dan praktis, yaitu mengucir rambut. Sebelum anda mengucir rambut, sebaiknya oleskan gel rambut pada seluruh rambut anda sehingga terlihat basah. Belah rambut anda di bagian pinggir. Setelah itu anda bisa langsung mengucirnya.  Gunakan rambut anda sendiri untuk mengikat rambut anda.

4. Dry Shampoo

Dry shampoo juga bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi rambut lepek karena minyak.  Dry shampoo berkhasiat untuk menyerap minyak berlebih pada rambut anda. Cara menggunakannya mudah, anda hanya tinggal menyemportkan dry shampoo pada seluruh rambut anda. Agar tidak menggumpal anda bisa langsung menyisir rambut anda.

5. Gunakan Roll Rambut

Cara mengatasi rambut lepek lainnya  yaitu dengan menggunakan roll rambut. Dengan menggunakan roll rambut, rambut anda akan lebih bervolume. Anda cukup meng-roll rambut selama kurang lebih 30 sampao 60 menit.

6. Kurangi Menggunakan Serum atau Vitamin Rambut

Untuk menutrisi rambut, anda bisa menggunakan vitamin rambut. Dan vitamin rambut itu sendiri bisa dibuat dengan cara membuat vitamin rambut. Namun, gunakan vitamin atau serum rambut dengan  ketentuan yang telah ditentukan. Sebab menggunakan vitamin atau serum  rambut terlalu berlebihan akan menyebabkan rambut lepek. Dan saat menggunakannya sebaiknya gunakan pada ujung rambut saja. Sebab menggunakan vitamin atau serum pada pangkal rambut akan meningkatkan produksi minyak.

7. Lemon

Cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut lepek yaitu dengan menggunakan lemon. Seperti yang kita ketahui manfaat lemon untuk kulit sangat baik. Namun selain itu lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rambut lepek. Dalam lemon terkandung zat asam yang dapat membantu mengangkat minyak berlebih pada kulit kepala. Cara menggunakannya  yaitu  dengan mengaplikasikan air lemon pada kulit kepala anda dan diamkan selama kurang lebih  15 menit.  Terakhir, anda bisa membilas rambut sampai  bersih.

8. Gunakan Bandana

Untuk mensiasati rambut lepek dengan mudah, anda bisa menggunakan bando. Untuk menutupi rambut yang lepek, anda bisa menggunakan bando yang agar besar.

9. Menggunakan Kertas Minyak

Seperti yang kita ketahui, kertas minyak biasanya  digunakan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.  Hanya saja, anda bisa menggunakan kertas minyak untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala anda.

10. Catok Rambut

Anda juga bisa menggunakan catok rambut untuk mengatasi  rambut lepek. Suhu panas yang dihasilkan catokan akan membantu anda menghilangkan minyak berlebih yang menjadi penyebab rambut lepek. Hanya saja, jangan terlalu sering menggunkan catok rambut karena bahaya catok rambut yang ditimbulkan akan merusak rambut.

11. Baking Soda

Dalam kehidupan sehari-hari, baking soda memiliki banyak manfaat. Manfaat baking soda sangat beragam dalam kehidupan, termasuk untuk kecantikan seperti manfaat baking soda untuk memutihkan ketiak. Selain itu, baking soda juga bisa mengatasi rambut  lepek. Cara mengatasi rambut lepek dengan baking soda yaitu dengan menaburkan baking soda secukupnya pada telapak tangan, kemudian anda bisa menggosokan pada rambut anda yang berminyak. Setelah itu, anda bisa menyisir rambut dengan jari tangan atau sisir.

12. Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan produk yang digunakan untuk membunuh kuman. Hanya saja, produk ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kadar minyak berlebih pada rambut. Tuangkan hand sanitizer pada telapak tangan anda. Kemudian anda bisa langsung mengaplikasikan pada seluruh rambut dengan merata. Selanjutnya sisi hingga rapi.

Demikian beberapa cara mengatasi rambut lepek dengan bedak dan cara efektif yang lainnya tanpa harus keramas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.