8 Ciri-Ciri Rambut Lepek yang Penting Diketahui

Apakah anda pernah mengalami rambut lepek? Rambut lepek tentu akan menjadikan rambut anda tidak terlihat segar, anda juga tentu akan merasa kurang percaya diri. Salah satu penyebab rambut lepek yaitu kandungan minyak yang berlebih pada kulit kepala. Untuk anda yang ingin tahu ciri-ciri rambut lepek, anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Rambut Lepek Terlihat Tipis

Berbeda halnya dengan rambut yang segar, rambut lepek biasanya akan terlihat lebih tipis atau tidak mengembang. Untuk anda yang memiliki rambut bervolume, saat rambut anda lepek mungkin rambut anda juga akan terlihat lebih tipis. Keadaan ini disebabkan karena kandungan minyak yang berlebih pada kulit kepala menjadikan rambut tidak mengembang.

2. Berminyak

Salah satu pemicu rambut lepek yaitu karena kandungan minyak yang berlebih pada rambut dan banyak juga faktor yang menjadi penyebab rambut berminyak. Rambut yang lepek akan terlihat berminyak dan basah.  Apabila anda merasa rambut basah dan berminyak, maka itu ciri-ciri rambut lepek. Agar rambut tidak lagi lepek, anda harus mengetahui cara mengatasi rambut berminyak.

3. Menggumpal

Tanda rambut lepek  yang selanjutnya yaitu rambut akan menggumpal dan kusut.  Rambut kusut dan menggumpal ini disebabkan karena kandungan minyak  yang menumpuk pada helai rambut anda.

4. Rambut Lepek Sulit Diatur

Rambut yang lepek biasanya akan terlihat kusut dari biasanya. Rambut kusut akan menjadi susah  diatur. Sehingga dengan begitu anda tidak akan percaya diri saat menata rambut anda. Membutuhkan beberapa langkah untuk membuat rambut lepek menjadi lebih bervolume. Selain dengan keramas, cara mengatasi rambut lepek juga bisa menggunakan bedak bayi atau bedak tabur.

5. Rontok

Rambut rontok menjadi salah satu  permasalahan rambut yang  sering  dialami oleh banyak  orang. Seperti yang kita ketahui, akibat rambut rontok akan menyebabkan rambut tipis. Rontok bisa menjadi salah  satu hal yang menyebabkan rambut lepek. Minyak yang menggumpal pada rambut akan mengganggu proses penyerapan nutrisi oleh rambut, sehingga akibatnya rambut akan menjadi mudah rontok dan patah.

6. Berketombe

Keadaan rambut lepek diakibatkan oleh kandungan minyak berlebih pada kulit kepala. Karena rambut anda dalam keadaan lembab, maka kulit kepala akan rentan ditumbuhi oleh ketombe. Minyak yang berlebih pada rambut akan menyebabkan kotoran mudah menempel dan menumpuk pada kulit kepala, serta pH rambut akan berubah dan pada akhirnya akan berketombe.

7. Bau Kurang Sedap

Saat rambut anda lepek dan berminyak berlebihan, maka keadaan tersebut akan menyebabkan rambut menjadi berbau. Jika anda memegang kulit kepala dan tangan terasa berminyak, serta berbau maka anda bisa segera melakukan perawatan rambut atau setidaknya mencuci rambut anda.

8. Gatal

Kandungan minyak yang berlebih pada kulit kepala akan menjadikan debu dan kotoran menempel pada rambut.  Saat kotoran semakin banyak, maka akan timbul kerak. Sehingga keadaan ini bisa saja menyebabkan gatal pada kulit kepala.

Cara Mengatasi Rambut Lepek

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut lepek yang bisa anda lakukan:

  • Untuk mengatasi rambut lepek, anda bisa mencuci rambut atau keramas. Setelah keramas, keringkan rambut dengan alami, jangan menggunakan hair dryer.
  • Bedak bayi. Dengan menaburkan bedak bayi minyak yang berlebih pada rambut akan mengurang.
  • Mengucir rambut. Agar anda tetap percaya diri meskipun rambut lepek, anda bisa mengikat atau mengucir rambut anda.
  • Menggunakan hair spray. Selain menggunakan bedak bayi, anda juga bisa menggunakan hair spray untuk mengatasi rambut lepek.

Demikian ciri-ciri rambut lepek dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.