4 Alasan Kenapa Rambut Bisa Bercabang dan Cara Mengatasinya

Rambut bercabang terjadi ketika kutikula rambut yang merupakan lapisan terluar ketiga dari helai rambut menjadi rusak, rambut menjadi rapuh dan mulai retak serta terbelah karena rambut juga menjadi kering. Biasanya kondisi ini terjadi pada rambut yang panjang. Anda akan melihat rambut yang bercabang dengan mengamati dari dekat area ujung rambut. Rambut bisa saja terbelah menjadi dua cabang atau lebih di bagian ujungnya. Kerusakan rambut semacam  ini bisa terjadi pada semua jenis rambut dan tidak terjadi secara mendadak. Kemungkinan bahwa kerusakan telah terjadi selama beberapa waktu hingga mencapai ujung yang rusak dan terbelah pada akhirnya.

Diantara kegiatan keramas, mengeringkan dan menata rambut, rata – rata wanita menghabiskan waktu selama 240 jam setahun atau selama 10 hari penuh untuk merawat rambutnya, namun tetap saja terkadang kerusakan rambut tidak bisa dihindarkan. Rambut bercabang tidak saja mengganggu penampilan rambut, tapi juga merupakan pertanda yang sangat jelas bahwa rambut Anda sedang mengalami kerusakan dan ada sesuatu yang salah serta harus Anda atasi secepatnya. Ujung rambut yang terbelah membuat rambut tampak kusam dan lemah, rambut juga kehilangan tekstur dan volumenya.

Penyebab Rambut Bercabang

Kenapa rambut bisa bercabang bisa diatasi dengan cara tercepat yaitu memotong ujung – ujungnya, namun kerusakan ini bisa saja berulang jika Anda tidak mengetahui penyebabnya secara persis. Dengan mengetahui penyebab rambut bercabang, Anda bisa menghindari akibat rambut bercabang dan melakukan cara mencegah rambut bercabang. Berikut ini adalah alasan kenapa rambut bisa bercabang dilihat dari bentuk cabang yang terjadi pada ujung rambut:

1. Double Split

Bentuk cabang ini adalah yang paling umum dan paling mudah dikenali dari semua tipe yang terlihat pada ujung rambut bercabang. Cabang seperti ini terbentuk ketika kutikula menjadi rusak atau usang sehingga mengekspos sel kortikal di bawahnya. Karena sel kortikal lebih lemah daripada kutikula, rambut yang teregang lebih cenderung bercabang dari peregangan tersebut hingga tampak seperti terbelah dua di ujung rambut. Dalam banyak hal, peregangan pada rambut berasal dari gesekan. Jadi apabila Anda melihat adanya tipe rambut bercabang seperti ini, kemungkinan Anda telah menata dan menyikat rambut terlalu  bersemangat hingga menyebabkan kerusakan yang cepat pada kutikula rambut. Rambut bisa mengalami gesekan dari beberapa macam hal lainnya, antara lain dari gerakan kepala saat tidur. Untuk masalah ini, Anda bisa mengganti sarung bantal dengan yang berbahan satin untuk cara mencegan rambut bercabang karena akan lebih lembut bagi rambut dan mencegah munculnya rambut bercabang lainnya.

2. Partial Split

Sangat mirip dengan double split, rambut bercabang sebagian ini merupakan tanda bahwa tipe double split akan muncul segera dan ditandai dengan cabang pendek di ujung rambut. Tidak seperti double split yang biasanya disebabkan oleh gesekan, cabang sebagian ini merupakan tanda bahwa rambut Anda kering dan rusak serta membutuhkan perawatan serius. Namun ini juga berarti Anda masih memiliki waktu untuk memperbaiki rambut sebelum menjadi semakin parah untuk menanggulangi penyebab rambut bercabang dan rusak. Tipe rambut bercabang ini bisa saja disebabkan karena Anda terlalu banyak menggunakan suhu panas untuk menata rambut. Untuk mengurangi resikonya, Anda bisa membatasi penggunaan alat panas untuk penataan rambut dan gunakan pelindung panas sebelumnya. Gunakan masker rambut setidaknya sekali seminggu agar rambut tampak ternutrisi dan terhidrasi.

3. Tree Split

Bentuk rambut bercabang ini menyerupai pohon dan merupakan cabang rambut yang lebih dari dua. Ini merupakan tanda bahwa rambut Anda sudah rusak parah dan memerlukan tindakan pengguntingan segera. Cabang – cabang yang banyak tersebut menandakan seberapa banyak sel kortikal yang terpengaruh. Kondisi ini bisa semakin parah dengan rambut yang sangat kering dan rusak, bahkan bisa terbelah hingga menjadi enam atau tujuh bagian, dengan setiap bagiannya juga memiliki ujung yang terbelah sendiri. Untungnya tree split merupakan kerusakan yang sangat jarang terjadi, namun jika Anda menemukan tipe cabang seperti ini, kemungkinan Anda juga akan menemukan banyak cabang dobel atau sebagian. Potong rambut beberapa cm setiap enam hingga delapan minggu agar rambut tetap berada dalam kondisi prima dan menghindari kenapa rambut bisa bercabang, juga sebagai cara merawat rambut bercabang.

4. The Fork

Tipe cabang ini berbentuk seperti garpu dan merupakan versi lebih banyak daripada double split, namun cabangnya tidak sebanyak tipe cabang pohon. Cabang ini menyerupai garpu dengan tiga jari, dan merupakan tanda bahwa rambut Anda mengalami dehidrasi dan bercabang semakin jauh karena kekurangan hidrasi. Itu berarti tipe cabang seperti ini terjadi karena rambut kekurangan asupan cairan dan gizi yang dibutuhkan untuk melapisi helaiannya. Kekurangan kadar air pada rambut menjadi penyebab rambut bercabang dan rontok, untuk itu Anda perlu memastikan cukup asupan cairan di tubuh sebagai cara mengatasi rambut kering dan bercabang, juga cara mengatasi rambut bercabang dan patah.

Semakin banyak cabang pada ujung rambut, maka rambut juga akan semakin tampak tidak dapat diatur dan  keriting. Anda bisa mengatasi kenapa rambut bisa bercabang dengan melakukan perawatan rambut yang layak, terutama dengan melakukan pemotongan rambut secara rutin. Mungkin sesekali Anda akan tergoda untuk melewatkan menggunting rambut, khususnya ketika sedang berusaha memanjangkan rambut namun telah terbukti cara ini tetap menjadi cara yang ampuh untuk menghindari ujung bercabang. Bahkan memotong rambut secara rutin akan membantu rambut tumbuh lebih kuat dan lebih cepat lagi, juga mempertahankan rambut sehat dan tidak mudah patah.