13 Manfaat Daun Binahong untuk Rambut Sehat dan Terawat

Daun binahong merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat, daun ini bisa mengeluarkan lendir apabila diremas. Dan lendir inilah yang bisa dimanfaatkan. Diantaranya untuk rambut, maupun kulit wajah. Daun binahong sendiri memiliki kandungan fitokimia berupa antioksidan, asam askorbat, fenol dan juga protein. Nah, penggunaan dau binahong ini bisa dicampur dan dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya dengan pemakaian yang teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dan berikut adalah beberapa manfaat daun binahong untuk rambut.

  1. Menyuburkan rambut

Berbagai kandungan dalam daun binahong ini dapat membantu pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Oleh karena itu kamu bisa membuat masker dari daun yang satu ini sebagai salah satu alternative pilihan masker yang bisa kamu aplikasikan. Kamu juga bisa mencoba cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun sebagai langkah pilhan lainnya.

  1. Melembabkan rambut

Aplikasi daun binahong ini dapat membantu menjaga kelembaban rambut karena kandungan air nya yang cukup tinggi .Sehingga, rambut menjadi lembab dan terhindar dari berbagai permasalahan. lembab

  1. Mencegah kerontokan

Mengingat manfaat daun binahong dalam menjaga kelembaban rambut, daun ini juga bisa mencegah kerontokan. Karena saat rambut dalam kondisi lembab maka rambut akan terjaga dari kerontokan yang mana salah satu penyebab rambut rontok pada wanita adalah rambut kering.

  1. Menghilangkan kotoran

Daun binahong yang kamu aplikasikan sebagai masker ini juga bisa bermanfaat dalam menghilanngkan kotoran yang ada pada kulit kepala lho.

  1. Merileksasi

Karena kandungan air dan lendir pada daun ini cukup banyak, maka dalam pemakaiannya daun binahong ini bisa melembabkan sekaligus merileksasi kepala kamu secara menyeluruh. Rileksaasi ini diperlukan untuk membuat kamu tidak stress dan terhindar dsrai berbagai permasalahan rambut.

  1. Menutrisi

Kandungan protein pada binahong merupakan salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh rambut. Dimana kandungan protein ini bisa membuat pertumbuhan rambut kamu menjadi lebih cepat dan lebih panjang.

  1. Mengeringkan kulit kepala

Daun yang satu ini bisa membantu dalam mengeringkan kulit kepala yang memborok. Daun ini bisa kamu aplikasikan pada kulit kepala yang telah terluka dengan cara merebus 12 helai daun binahong dengan 3 gelas air. Setelah kandungan air berkurang menjadi 2 gelas, maka air rebusan ini bisa diminum.

  1. Menghindari rambut kering dan rusak

Pemakaian daun binahong ini tidak hanya untuk mengatasi berbagai permasalahan atau untuk mereka yang sedang mengatasi masalah rambut. Tetapi juga bagi mereka yang memiliki rambut normal agar tidak menjadikan rambut mereka kering ataupun rusak.

  1. Rambut sehat

Nutrisi rambut yang dipenuhi, kelembaban terjaga dan juga rileksasi akan membuat kondisi rambut menjadi lebih sehat. Sehingga, rambut terhindar dari kerontokan, ketombe atau luka pada kulit kepala. Selain binahong kamu bisa juga menafaatkan daun lainnya yaitu teh yang memiliki manfaat teh untuk rambut

  1. Rambut mudah diatur

Rambut yang terjaga kelembabanya, akan cenderung mudah dalam diatur, dirias ataupun dibentuk sesuka hati. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan terlebih bagi wanita yang senang dan hobi mengganti model rambutnya.

  1. Rambut lurus

Bagi kamu yang memiliki rambut bergelombang, daun ini juga bisa menjadi salah satu treatmen yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut kamu menjadi lebih lurus. Daun ini juga merupakan cara meluruskan rambut yang mengembang. Efek rileksasi dan kelembaban yang ditimbulkan daun yang satu ini akan berbanding lurus dengan kondisi rambut yang mudah diatur dan lurus. lurus

  1. Mengurangi minyak pada kulit kepala

Kulit kepala yang bersih dan terhindar dari minyak merupakan salah satu hal wajib agar kita terhindar dari masalah ketombe berkat minyak berlebih. Dan penggunaan masker rambut binahong ini adalah salah satu solusinya.

  1. Masker rambut

Daun binahong ini sangat cocok dijadikan masker yang alami dan mudah dibuat di rumah. Mengingat kandungan dna manfaatnya yang sangat bagus bagi berbagai kondisi rambut. Dari rambut normal hingga rambut yang bermasalah. Masker rambut lainnya yang bisa kamu coba adalah lemon. cara membuat masker lemon untuk rambut cukup mudah dan bisa kamu aplikasikan di rumah.