3 Manfaat Telur untuk Rambut Botak

Rambut rontok adalah masalah umum yang banyak dialami oleh orang – orang. Rambut utamanya mengandung protein dan asam amino, sedangkan telur mengandung vitamin serta asam lemak yang dapat menutrisi rambut dengan ekstensif. Telur adalah solusi yang baik untuk sebagian besar masalah rambut, dan mudah didapatkan, tidak mahal serta merupakan bahan alami yang bagus sebagai alternatif yang dapat digunakan secara internal dan eksternal untuk pertumbuhan rambut. Karena itulah manfaat telur untuk rambut botak sangat efektif.

Telur membuat rambut kuat, mencegah rambut patah, membuat rambut lembut dan membantu pertumbuhannya. Telur juga membantu memulihkan minyak alami yang ada pada kulit kepala dan rambut. Semua khasiat inilah yang membuat penggunaan telur sebagai bahan alami untuk merawat rambut dan kulit kepala begitu populer. Anda dapat menggunakan telur untuk rambut yang botak agar tumbuh kembali dengan dua cara, yaitu memasukkannya dalam menu makan sehari – hari atau menggunakan manfaat hair mask untuk rambut dengan telur.

Menggunakan Telur untuk Mengatasi Rambut Botak

Manfaat telur untuk rambut botak dapat diambil dari bagian kuning telur yang berperan sebagai pengemulsi yang membantu mengikat bahan – bahan dalam masker rambut menjadi ramuan yang menyeluruh. Tipe rambut yang berbeda membutuhkan ramuan telur yang berbeda pula:

1. Masker Telur untuk Rambut Normal

Kuning telur akan membuat rambut menjadi kuat dan berkilau, juga menambah volume pada rambut Anda dan menjadi lebih mudah diatur. Begitu juga dengan manfaat putih telur untuk rambut rusak yang sangat baik.

  • Pecahkan sebutir telur dan tempatkan di sebuah mangkuk. Tambahkan beberapa sendok makan minyak zaitun dan aduk merata.
  • Gunakan pada kulit kepala dan rambut, biarkan selama tiga puluh menit.
  • Keramas dengan air dingin, karena air hangat dapat menyebabkan telur menggumpal dan sulit menghilangkan baunya.
  • Anda bisa mencampurkan telur dengan kondisioner jika khawatir akan baunya.

2. Masker Telur untuk Rambut Kering

Sebagai bahan untuk perawatan rambut intensif, kuning telur terdiri dari kandungan protein, vitamin, dan asam lemak, juga sejumlah besar vitamin A, D serta E. Semua vitamin ini akan mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok yang mengarah kepada kebotakan. Sementara minyak zaitun adalah bahan lain yang ada dalam masker ini yang akan membantu memperkuat serta melembutkan rambut .

  • Siapkan dua kuning telur, dua sendok makan minyak zaitun dan satu cangkir air.
  • Tambahkan kuning telur ke dalam mengkuk dan tuangkan minyak zaitun.
  • Campur sampai merata dan tambahkan setengah cangkir air.
  • Gunakan dua ujung jari untuk meratakan ramuan di kulit kepala.
  • Jika Anda telah mengaplikasikan ramuan tersebut, tutup kepala dengan handuk atau shower cap dan biarkan mengendap selama lima belas sampai dua puluh menit.
  • Cuci seperti biasa rambut Anda, bisa juga menggunakan sampo.
  • Perawatan ini efektif untuk dilakukan sekali atau dua kali dalam sebulan.

3. Masker Telur untuk Rambut Berminyak

Masker rambut yang terbuat dari putih telur sangat baik untuk rambut berminyak. Kelebihan minyak di rambut dapat mengarah kepada berbagai macam masalah yang menyebabkan rambut romtok. Manfaat putih telur untuk rambut dapat mengatasi masalah – masalah tersebut.

  • Siapkan dua putih telur, satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun.
  • Sebarkan masker ini ke kulit kepala secara merata
  • Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan mengering selama 15-20 menit.
  • Cuci sampai bersih, bisa juga menggunakan sampo.
  • Gunakan masker ini sekali atau dua kali sebulan.

Menggunakan manfaat telur untuk rambut botak sebagai bahan perawatan rambut memang sering menjadi hal yang meragukan bagi banyak orang, namun tidak salah jika dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya yang besar. Anda memang harus mencuci rambut lebih dari sekali untuk menghilangkan baunya. Manfaat telur untuk rambut yaitu, telur mengandung semua vitamin rambut utama, mineral dan protein kecuali vitamin C, yang dapat mendorong pertumbuhan rambut dan memberi nutrisi pada rambut.