5 Manfaat Vitamin E Untuk Rambut yang Wajib Diketahui

Rambut merupakan sebuah mahkota kepala yang selalu dijaga oleh setiap orang terutama bagi kaum wanita. Rambut yang sehat dapat menampilkan kepercayaan yang tinggi pada diri seseorang. Rambut yang tebal dan berkilau biasanya sangat di idamkan dan susah untuk mendapatkannya. Rambut jika tidak di rawat dengan baik akan menyebabkan beberapa kerusakan yang dapat menyebabkan rambut kehilangan sinarnya.

Karena susahnya untuk menjaga agar rambut tetap dapat terawat dna terjaga kesehatannya banyak orang yang mencari solusi alternatif yang dapat di manfaatkan sehari-hari agar rambut yang dimilikinya secara cepat dapat teratasi masalanya. Salah satu solusi dalam menjaga kesehatan rambut adalah memanfaatkan vitamin E dalam perawatan rambut sehari-hari.

Pada umumnya vitamin E banyak di manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit tubuh dan kulit wajah, namun ternyata kini vitamin E dapat dimanfaatkan untuk rambut juga. Beberapa manfaat vitamin E untuk rambut yang harus diperhatikan agar dapat dimanfaatkan dalam perawatan rambut, adalah :

  1. Mampu merangsang pertumbuhan rambut baru

Vitamin E memiliki zat aktif yang dapat memperbaiki folikel rambut yang rusak dan seterusnya merangsang pertumbuhan rambut yang baru agar cepat bertumbuh. Vitamin E kaya akan antioksidan yang dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di sekitar kulit kepala dan hal ini dapat memperlancar proses pertumbuhan kembali rmabut yang baru.

  1. Membuat rambut memancarkan kilaunya

Rambut yang sehat biasanya identik dengan rambut yang berkilau dan lembut. Vitamin E dapat menjaga kelembapan batang rambut sehingga rambut mampu memancarkan kilaunya karena vitamin E merupakan pelembab alami yang dapat menutrisi akar maupun batang rambut dari luar.

  1. Mampu mengatasi rambut bercabang

Manfaat vitamin E selanjutnya adalah mampu mengatasi rambut bercabang. Rambut yang rusak biasanya ditandai dengan muncul banyaknya rambut bercabang pada ujung rambut karena ujung rambut kurang mendapatkan nutrisi yang di butuhkannya dari akar rambut semula. Rambut yang bercabang juga dapat diakibatkan oleh proses styling dari alat-alat yang menggunakan panas yang tinggi ataupund apat disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung dan akibat bahan kimia dari cat pewarna rambut. Manfaat vitamin E untuk rambut ini dapat terjadi karna vitamin e mampu untuk memperkuat dan melembutkan kutikula sehingga dapat mencegah rambut menjadi bercabang pada ujungnya.

  1. Dapat mencegah munculnya uban

Manfaat vitamin E untuk rambut dapat di rasakan dalam mengatasi masalah munculnya uban. Uban normalnya dapat terjadi akibat pigmen warna rambut yang mulai berubah. Vitamin E dapat bermanfaat dalam memperlambaat penuaan pada pigmen warna rambut. Kandungan antioksidan yang kaya dalam vitamin E dapat mencegah kerusakan jaringan sehingga hal ini dapat mencegah munculnya uban.

  1. Membuat rambut terlihat lebih bervolume

Jika rambut telah ternutrisi oleh vitamin E maka rambut akan menjadi sehat dan kuat sehingga tidak mudah rontok akibat patah. Dengan demikian manfaat vitamin E untuk rambut secara tidak langsung dapat menciptakan rambut terlihat lebih bervolume. Bervolume disini bukan diakibatkan rambut yang mengembang akibat kondisi rambut yang kering.

Ada beberapa masalah yang timbul pada rambut akibat  kesalahan dalam perawatan rambut. Terdapat faktor utama yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, yaitu beberapa diantaranya :

  • Rambut menjadi kering akibat kekurangan nutrisi

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya untuk menjaga kesehatannya begitu juga dengan rambut. Rambut dapat menjadi kering akibat kehilangan kelembapannya akibat kurangnya nutrisi yang dapat merawat akar dan batang rambut. Rambut kering biasanya akan dapat membuat rambut menjadi kusam dan menjadi mudah kusut. Akibat rlainnya dari kurangnya nutrisi adalah rambut menjadi kering maka terdapat resiko bahwa rambut kering tersebut menjadi mudah patah. Hal ini juga di dukung oleh kondisi rambut yang kusut sehingga membutuhkan waktu ekstra untuk menyisirnya.

  • Ujung rambut bercabang akibat proses styling

Bagian ujung rambut merupakan bagian yang membutuhkan perhatian yang ekstra karena pada bagian ini merupakan bagian rambut yang telah lama dan jauh dari jangkauan kulit kepala agar mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kelembapan batang rambut. Ujung rambut yang mulai bercabang sebaiknya secara rutin untuk di buang agar rambut tidka terlihat mengembang dan kering pada bagian ujungnya.

Tentunya hal ini dapat mengganggu penampilan. Alat-alat untuk membentuk rambut biasanya memanfaatkan suhu yang sangat tinggi untuk dapat membentuk rambut, penggunaan alat-alat ini dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan rambut efek dari suhu panas dari alat tersebut.

  • Rambut dapat menjadi tidak sehat akibat diet

Progam diet biasanya banyak dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bentuk atau masa tubuh tertentu. Diet juga banyak dilakukan untuk tujuan medis yang dimaksudkan agar terhindar dari penyakit tertentu. Namun terdapat beberapa progam diet yang menu makanannya menjadi terbatas. Akibtanya banyak nutrisi-nutrisi penting yang di butuhkan oleh tubuh menjadi tidak terpenuhi. Secara tidak langsung hal ini dapat memengaruhi kesehatan rambut.

Manfaat vitamin E untuk rambut dapat di gunakan dengan cara menggunakan vitamin rambut yang bahan dasarnya adalah vitamin E. Namun cara ini bukan satu-satunya cara yang dpaat ditempuh dalam menggunakan vitamin E untuk kesehatan rambut. Vitamin E dapat di campurkan dengan bahan lainnya atau memanfaarkan vitamin E yang terkandung dalam bahan alami dapat menajdi salah satu cara terbaik dalam memelihara kesehatan rambut. Beberapa cara yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami yang mengandung vitamin E yaitu :

  1. Menggunakan madu

Madu merupakan bahan alami pertama yang dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan rambut. Selain kaya akan gula madu juga kaya akan vitamin E didalamnya. Cara menggunakan madu sebagai sumber vitamin E dalam menjaga kesehadtan rambut cukup mudah yaitu cukup mengoleskan madu alami pada rambut ketika sehabis keramas atau dapat mencampurkan madu dangan perasan lemon. Kegunaan dari bahan alami ini juga terdapat digunakan manfaat madu untuk bibir.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan jenis minyak alami yang dapat dimanfaatkan vitamin E untuk rmabut. Minyak kelapa mengandung banyak zat dan vitamin yang bagus untuk kesehatan kulit wajah dan kulit tubuh. walau biasanya minyak kelapa lebih banyak dimanfaatkan sebagai minyak urut, kini minyak alami ini dapat digunakan manfaat minyak kelapa untuk rambut sebagai bahan alami.

  1. Minyak zaitun

Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitu juga merupakan salah satu minyak alami yang banyak dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan kulit. Minyak zaitun di ketahui kaya akan kandungan vitamin E di dalam minyaknya. Minyak zaitun saat ini dpaat dengan mudah di dapatkan di pasaran karena banyak produk yang telah ada menggunakan minyak zaitu sebagai produk utamanya. Minyal alami ini juga memiliki manfaat minyak zaitun untuk bibir dan manfaat minyak zaitun untuk alis.

  1. Menggunakan alpukat

Buah alpukat yang kaya akan berbagai jenis vitamin dan lemak tak jenuh ini dapat di manfaatkan sebagai bahan alami yang dapat berupa masker untuk rambut. Masker dari alpukat dapat menutrisi rambut sehingga menjadi lebih halus dan berkilau. Alpukat juga diketahui memiliki manfaat alpukat untuk kulit.

Cara lainnya yang menggunakan vitamin E dalam proses perawatan rambut dapat berupa mengoleskan isi kapsul vitamin E pada rambut sebelum menggunakan shampo atau dapat mencampurkan vitamin E tersebut bersamaan dengan penggunaan shampo.

Demikianlah 5 manfaat vitamin E untuk rambut yang dapat dimanfaatkan dalam proses perawatan rambut sehari-hari, selain itu juga dapat menggunakan manfaat argan oil untuk rambut. Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, ada beberapa hal mendasar yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti menjaga pola dan jenis makanan apa saja yang di makan, mengkonsumsi makanan sehat dan buah-buahan serta meminum air putih secara rutin setiap harinya dengan memerhatikan jumlah air yang di butuhkan oleh tubuh.