12 Penyebab Rambut Tiba-Tiba Pitak yang Harus Diketahui

Rambut merupakan mahkota untuk setiap wanita. Rambut yang indah akan menambah rasa percaya diri pada seorang wanita. Sehingga penampilan rambut menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, tidak hanya berlaku untuk wanita saja, pria pun tentunya sangat memperhatikan rambutnya.

Beberapa permasalahan seringkali menimpa rambut, selain rambut rontok, berketombe dan beruban, salah satu permasalahan yang sering dialami yaitu rambut pitak. Rambut pitak merupakan keadaan dimana rambut botak pada bagian tertentu saja. Keadaan seperti ini tentu sangat mengganggu penampilan dan membuat siapa saja yang mengalaminya merasa tidak percaya diri.

Banyak hal menjadi penyebab rambut tiba-tiba pitak, mulai dari keturunan hingga kurang terjaganya kebersihan. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja penyebab rambut pitak, anda bisa langsung saja simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Kesalahan Auto Imun

Hal pertama yang menyebabkan rambut pitak yaitu karena adanya kesalahan auto imun. Dimana auto imun terjadi karena adanya kesalahan pada sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh menyerang bagian-bagian lainnya, sebab dianggap sebagai benda asing. Sedangkan pada masalah pitak, sistem kekebalan tubuh akan menyerang folikel rambut. Dimana keadaan tersebut akan menyebabkan peradangan ringan. Rambut akan menjadi lemah dan mudah rontok. Sehingga pitak dikepala akan mulai muncul.

2. Stres

Tahukah anda? Stres juga ternyata bisa menyebabkan rambut pitak. Ketika anda stres, maka rambut akan terpengaruh dan pada akhirnya rontok. Jika rambut rontok pada sebagian kepala, maka pada akhirnya pitak akan terjadi.

3. Keturunan

Jika anda memiliki riwayat keluarga pitak, maka bisa jadi anda akan mengalami hal  yang sama. Oleh karena itu, sebelum anda mencari penyebab lainnya maka akan lebih baik jika anda menelusuri terlebih dahulu riwayat keluarga anda bisa jadi itu karena keturunan.

4. Infeksi Kulit Kepala

Infeksi juga bisa terjadi pada kulit kepala. Yang mana infeksi pada kulit kepala ini akan menyebabkan rambut menjadi pitak.

5. Penyakit Sistemik

Penyebab pitak selanjutnya yaitu karena penyakit sistemik. Penyakit sistemik di antaranya yaitu hipertiroid, hipotiroid dan sifilis.

6. Memperlakukan Rambut dengan Tidak Baik

Memperlakukan rambut dengan tidak baik akan menyebabkan rambut pitak. Beberapa perlakuan yang tidak baik tersebut seperti menarik rambut terlalu kencang, menyisir rambut dengan cara yang salah. Tidak hanya itu, kebotakan juga bisa saja terjadi akibat tarikan saat menggunakan alat penata rambut.

7. Rentan Terhadap Alergi

Alergi bisa menjadi penyebab rambut rontok dan pitak. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan produk rambut yang anda gunakan.

8. Struktur Rambut Rapuh dan Akar Rambut yang Tidak Kuat

Jika anda memiliki struktur rambut yang rapuh atau akar rambut tidak  kuat, maka akan menyebabkan rambut mudah rontok. Rontok pada sebagian kulit kepala akan menyebabkan pitak.

9. Jamur

Jamur memang bisa menjadi penyebab kepala pitak. Area kepala yang terdapat jamur akan menjadi mudah rapuh. Hal ini disebabkan karena jamur yang terdapat pada kulit kepala memakan keratin rambut.

10. Kekurangan Nutrisi

Penyeba rambut tiba-tiba pitak yang lainnya yaitu karena kekurangan nutrisi, khususnya vitamin B, Zinc dan protein.

11. Tidur Pada Satu Sisi

Penyebab rambut tiba-tiba pitak yang satu ini biasanya terjadi pada bayi. Jika bayi tidur dengan posisi hanya pada satu sisi, bisa saja rambut di sisi tersebut tidak akan tumbuh. Maka dari itu, sebaiknya tidurkan bayi dengan posisi berubah-ubah.

12. Jaringan Parut

Bagi anda yang pernah terluka pada kulit kepala, mungkin saja akan menyebabkan jaringan parut. Dimana biasanya rambut tidak akan tumbuh di bagian itu dan menyebabkan rambut pitak.

Cara Mengatasi Kepala Pitak

Untuk mengatasi kepala pitak itu sendiri disesuaikan dengan penyabab yang anda alami. Jika penyebabnya kekurangan nutrisi, maka penting bagi anda untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Sedangkan jika penyebabnya karena penyakit tertentu, maka untuk mengatasinya anda bisa langsung berkonsultasi pada dokter untuk menemukan cara apa yang cocok dengan penyebab yang anda alami. Sedangkan jika disebabkan oleh jamur, anda bisa lebih menjaga kebersihan. Penting juga untuk mengelola stres, jika rambut pitak yang anda alami disebabkan oleh stres.

Selain itu, untuk anda yang memiliki masalah pitak bukan karena disebabkan oleh penyakit tertentu atau terbilang tidak cukup parah, anda bisa mencoba cara alami sebagai cara menumbuhkan rambut pitak dengan beberapa cara berikut.

  • Hindari terlalu sering mengganti warna rambut.
  • Minyak kemiri. Seperti yang sudah kita ketahui semua, minyak kemiri memiliki manfaat yang baik untuk rambut yaitu dapat digunakan sebagai cara menumbuhkan rambut dengan kemiri.
  • Minyak kelapa. Selain minyak kemiri, anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk menumbuhkan rambut botak atau pitak. Memang pada kenyataannya, manfaat minyak kelapa untuk rambut dan manfaat minyak kelapa untuk alis sudah tidak bisa diragukan lagi.
  • Minyak zaitun. Tidak hanya manfaat minyak zaitun untuk kulit, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut pitak.
  • Kuning telur. Kuning telur ternyata memiliki khasiat untuk menutrisi rambut, menyuburkan rambut dan menguatkan rambut.

Demikian beberapa penyebab rambut tiba-tiba pitak yang harus anda ketahui agar anda bisa mencari cara yang tepat untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.