14 Penyebab Rambut Berminyak Setelah Keramas Paling Utama

Terkadang, sesudah keramas atau mencuci rambut, tampilan rambut masih saja terlihat berminyak sekaligus lepek yang membuat banyak wanita kesal dan frustasi menghadapi masalah tersebut karena keramas terlihat seperti sia sia saja karena tidak bisa membersihkan rambut dan memberikan tampilan rambut yang rapi. Sebenarnya, ada banyak penyebab rambut berminyak setelah keramas yang mungkin tidak anda sadari jika beberapa kebiasaan yang anda lakukan sebenarnya yang membuat tampilan rambut tetap terlihat berminyak meski baru saja selesai keramas. Beberapa kesalahan berikut ini mungkin sangat sering anda lakukan dan harus segera dihentikan jika anda tidak ingin memiliki tampilan rambut yang berminyak dan kusam sesudah keramas.

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Kondisioner

Saat sedang keramas, banyak wanita yang sering memakai kondisioner terlalu banyak dengan tujuan agar tampilan rambut bisa lebih lembab dan sehat. Namun sebenarnya cara ini salah dan harus segera dihentikan. Hindari menggunakan kondisioner terlalu banyak dan dioleskan terlalu banyak ke seluruh permukaan rambut sehingga akar rambut akan menyerap kondisioner tersebut terlalu berlebihan yang akhirnya membuat tampilan rambut terlihat berminyak sesudah keramas dan juga gunakan kondisioner non alkohol untuk jenis terbaik.

  1. Tidak Membilas Dengan Bersih

Saat sedang terburu buru, seringkali kita tidak membersihkan atau membilas rambut dengan benar sehingga kondisioner tidak seluruhnya bisa dibersihkan. Hal inilah yang nantinya bisa membuat tampilan rambut terlihat berminyak sesudah keramas. Untuk itu, pastikan anda sudah membilas dengan bersih sisa shampo dan juga kondisoner saat keramas, pastikan seluruh busa sudah benar benar hilang sebelum anda mengeringkan rambut.

  1. Kondisioner Terlalu Keras

Kesalahan berikutnya yang bisa menjadi penyebab rambut berminyak dan lepek sesudah keramas adalah kondisioner yang terlalu kuat. Apabila anda memiliki rambut tipis atau berminyak, sebaiknya hindari penggunaan kondisioner terlalu keras seperti jenis kondisioner yang biasa digunakan untuk rambut tebal, kering atau rambut rusak. Sebaiknya, gunakan kondisioner ringan atau lebih baik kondisioner semprot yang digunakan sesudah keramas agar tampilan rambut anda tidak berminyak.

  1. Memakai Terlalu Banyak Produk Rambut

Semakin banyak produk perawatan rambut yang anda gunakan seperti serum, pelindung panas, semprotan rambut, kondisioner dan sebagainya, maka akan semakin banyak juga penumpukkan yang terjadi di rambut serta akar rambut anda yang nantinya menyebabkan tampilan rambut lepek sesudah keramas. Untuk itu, sebaiknya gunakan beberapa produk rambut yang benar benar dibutuhkan dan pastikan bahan bahan yang digunakan dalam produk tersebut terbilang ringan.

  1. Sering Mencuci Rambut

Banyak wanita yang juga berpikir jika semakin sering mencuci rambut maka akan semakin baik untuk kesehatan rambut terutama pada rambut berminyak dan juga cara membuat rambut bervolume. Namun sebenarnya, semakin sering anda mencuci rambut, maka tampilan rambut juga akan semakin berminyak. Mencuci rambut akan membuat kondisi kulit kepala anda menjadi kering sehingga akan secara alami memproduksi lebih banyak minyak dengan tujuan untuk melembabkan. Untuk itu sebaiknya gunakan shampo untuk rambut berminyak dan hindari mencuci rambut terlalu berlebihan.

  1. Sering Memegang Rambut

Seperti saat anda sering menyentuh wajah yang bisa menyebabkan jerawat, hal serupa juga terjadi jika anda terlalu sering menyentuh rambut. Memegang rambut untuk memperbaiki penampilan hanya akan menambah minyak ke setiap helai rambut anda dan akhirnya tampilan rambut terlihat terlalu berminyak.

  1. Terlalu Sering Menyisir

Saat anda menyikat atau menyisir rambut terlalu berlebihan, maka ini akan merangsang produksi minyak lebih tinggi. Pada awalnya, menyikat atau menyisir rambut akan membuat tampilan rambut rapi dan berkilau, namun saat dilakukan terlalu sering, maka akan membuat rambut terlihat berminyak sehingga sebaiknya kurangi kebiasaan menyisir rambut terlalu berlebihan khususnya bagi anda yang memiliki jenis rambut berminyak yang juga baik dilakukan sebagai cara mencegah rambut rontok.

  1. Menggunakan Sisir Kotor

Salah satu kebiasaan lainnya adalah kebiasaan buruk menyikat rambut memakai sisir yang jarang dibersihkan. Berbagai sisa produk perawatan rambut tentunya akan menempel di sisir sehingga saat anda gunakan untuk menyisir rambut sesudah keramas, tumpukan kotoran tersebut akan berpindah ke setiap helai rambut yang akhirnya membuat tampilan rambut anda berminyak setelah keramas.

  1. Kekurangan Vitamin B

Asupan makanan yang anda konsumsi dan juga vitamin B secara tidak langsung juga berhubungan dengan produksi sebum atau minyak di rambut anda. Dari sebuah sumber dikatakan jika anda mencukupi asupan makanan yang mengandung vitamin B cukup, maka bisa memerangi masalah rambut berminyak dengan cara mengatur sebum lebih baik. Untuk itu, pastikan anda mengkonsumsi lebih banyak makanan mengandung vitamin B seperti buncis untuk mengurangi tampilan rambut berminyak sesudah keramas sekaligus cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok.

  1. Fluktuasi Hormonal

Stress juga bisa memicu fluktuasi hormonal yang nantinya membuat produksi sebum terlalu berlebihan pada akar dan membuat tampilan rambut anda tetap terlihat berminyak meski sudah keramas. Seperti contohnya anda menggunakan pil KB yang bisa menyebabkan perubahan produksi minyak pada akar rambut anda.

  1. Menderita Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik juga menjadi penyebab kenapa kulit kepala anda semakin berminyak dan gatal meski anda sudah selesai keramas. Selain itu, dermatitis seboroik juga akan memperburuk tampilan rambut karena terdapat sisik berkerak di kulit kepala yang bahkan bisa menjadi penyebab rambut gimbal. Untuk mengatasi dermatitis seboroik ini bisa dilakukan dengan mengganti shampo anda menjadi shampo anti ketombe agar masalah rambut lepek dan berminyak sesudah keramas bisa diatasi dengan baik.

  1. Salah Shampo

Jenis shampo yang anda gunakan setiap kali keramas sangat berpengaruh pada kadar minyak di rambut anda. Jika anda seringkali mengalami rambut berminyak sesudah keramas, maka sebaiknya pilih shampo khusus untuk rambut berminyak dan jangan gunakan shampo untuk rambut kering yang mengandung banyak pelembab ekstra.

  1. Memakai Shine Serums

Shine serum atau serum untuk membuat rambut berkilau juga bisa memberikan minyak pada kulit kepala anda melebihi dari minyak yang diproduksi alami oleh tubuh sehingga menyebabkan tampilan rambut anda semakin berminyak. Jika anda memang ingin mengatasi rambut keriting dan berminyak dalam waktu bersamaan, maka sebaiknya hindari memakai shine serum namun ganti dengan kondisioner anti keriting atau masker deep conditioning yang jauh lebih baik dibandingkan dengan shine serum.

  1. Cuaca Terlalu Lembab

Penyebab terakhir kenapa rambut anda tetap terlihat berminyak meski sudah keramas adalah faktor iklim yang memang terlalu lembab. Cuaca terlalu panas seperti iklim Indonesia memang tidak bisa terelakan dan inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa rambut anda terlihat terlalu berminyak sesudah keramas serta menjadi penyebab rambut bercabang dan rusak. Agar bisa terhindar dari cuaca ekstrem yang bisa merusak rambut ini, sebaiknya hindari beraktivitas terlalu sering di siang hari khususnya jika anda baru saja selesai keramas dan memang memiliki jenis rambut yang berminyak.

Ada begitu banyak penyebab rambut berminyak setelah keramas yang mungkin tanpa disadari selalu anda lakukan setiap kali anda mencuci rambut. Untuk itu, hindari beberapa kebiasaan buruk tersebut karena hanya akan memberikan tampilan rambut lepek dan kusam meski baru saja selesai keramas.