7 Manfaat Detox Reproduksi Wanita dan Kontroversinya

Kebersihan organ intim wanita memang tidak boleh disepelekan karena berkaitan dengan alat reproduksi dan kesehatan kandungan wanita juga. Terutama bagi wanita menikah yang aktif secara seksual dan telah pernah melalui proses melahirkan. Banyak produk pembersih kewanitaan yang diproduksi untuk itu. Akan tetapi banyak info menyesatkan dan mitos jika berkaitan dengan sistem reproduksi wanita, terutama alat kelamin wanita yaitu vagina. Misalnya, vagina harus berbau harum seperti bunga, dan harus dibersihkan dari segala lendir atau sisa menstruasi yang tertinggal. Oleh karena itu banyak wanita yang melakukan proses detoks atau membersihkan vagina dengan berbagai cara. Termasuk produk untuk cara memutihkan daerah kewanitaan, atau cara tradisional memutihkan selangkangan. Mungkin Anda pernah melakukan ratus vagina, spa vagina dengan cara uap ataupun metode terbaru saat ini yaitu detox vagina yang dilakukan dengan menggunakan obat herbal berbentuk bola – bola kecil seperti mutiara. Herbal tersebut dikemas dalam kantung – kantung kain putih yang bentuknya menyerupai mutiara. Cara pemakaiannya dengan dimasukkan ke dalam vagina untuk membersihkan liang vagina dan uterus. Bahan – bahan herbal ini dipercaya bisa memberikan manfaat detox reproduksi wanita untuk  membantu membersihkan dan membuang racun dari vagina agar tetap higienis.

Manfaat Detoks Vagina

Detox pearls untuk vagina ini sedang menjadi trend di Amerika Serikat dan banyak diiklankan dimana – mana termasuk di media sosial. Butiran berisi herbal ini konon harus dimasukkan sebanyak tiga butir ke dalam vagina selama 72 jam atau tiga hari. Bahan – bahan yang terkandung didalamnya dan memberi manfaat detox reproduksi wanita adalah:

  1. Cnidium – Fungsinya untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan, juga dapat menyembuhkan infeksi jamur.
  2. Stemona – Fungsi herbal ini untuk melenyapkan parasit serta memperlancar aliran darah di sekitar vagina.
  3. Motherwort – Dikenal juga dengan nama good for mother yang biasa digunakan oleh wanita setelah melahirkan untuk mempercepat pengeluaran dan pembersihan sisa – sisa darah yang tertinggal di jalan lahir.
  4. Akar Angelica – Memberi efek berupa kelancaran peredaran darah agar dapat membuat siklus menstruasi lebih teratur.
  5. Borneol – Berfungsi sebagai anti bakteri, anti radang dan menghilangkan nyeri pada rahim.
  6. Herbal Womb Detox Pearls ini dikatakan juga bisa mengobati nyeri pada panggul, kista di ovarium, sariawan vagina, dan juga miom.
  7. Juga dikatakan dapat mengatasi jamur vagina, penggumpalan darah lama, sel kulit mati dan sisa kotoran lainnya.

Selama melakukan manfaat detox reproduksi wanita tidak diizinkan melakukan hubungan seksual dan tidak digunakan pada saat sedang menstruasi. Selama manfaat detox reproduksi wanita bekerja di dalam vagina, pemakainya akan mengalami gatal – gatal, keputihan atau kram perut yang dikatakan wajar sebagai bagian dari proses detox tersebut.

Kontroversi Detox Vagina

Banyak produk tanaman dan ekstrak bisa bersifat iritasi dan sampai saat ini belum ada kajian ilmiah yang sah mengenai manfaat detox reproduksi wanita dengan menggunakan berbagai bahan herbal. Juga belum ada yang melakukan uji terhadap pemakaian di vagina. Ramuan herbal tersebut bisa merusak bakteri baik di vagina atau mengiritasi vagina secara langsung dan meningkatkan resiko infeksi. Para ahli menyatakan bahwa ketika Anda meninggalkan benda asing di dalam vagina selama 3 hari, maka bakteri tidak baik akan tumbuh, bahkan meninggalkan aroma yang amat sangat tidak sedap. Vagina justru akan mengeluarkan cairan berlebihan jika teriritasi, terinfeksi, dan kekurangan bakteri baik. Pengeluaran yang berasal dari vagina bukanlah racun sebagaimana yang dipercaya menjadi manfaat detox reproduksi wanita, itu adalah tanda bahwa benda asing tersebut merusak kondisi vagina. Selain itu, adanya benda asing dalam vagina akan membuat gesekan kain pada dinding vagina dan meningkatkan resiko akan toxic shock syndrome yaitu sindrom fatal potensial yang disebabkan bakteri, yang juga bisa terjadi jika sebuah tampon dimasukkan selama lebih dari 24 jam.

Menurut Dr. Jen Gunter, ginekolog Amerika, rahim wanita tidaklah lelah atau depresi atau kotor, dan vagina Anda tidak mengalami salah tempat. Anda tidak perlu melakukan apapun untuk vagina kecuali ada tanda bahaya yang diberikannya berupa pendarahan, gatal, kram atau berbau tidak sedap dan tidak seperti biasanya. Vagina menyerupai oven yang bisa membersihkan diri sendiri dan menaruh bahan asing apapun untuk waktu yang lama didalamnya akan meningkatkan kemungkinan bakteri buruk bertumbuh dan menyebabkan infeksi. Tidak mungkin untuk memasukkan atau mencapai rahim dari vagina tanpa menggunakan kekuatan khusus, karena serviks atau leher rahim hanya dirancang untuk membuka selama ovulasi dan kelahiran anak.

Vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan mengeluarkan cairan dan sel secara teratur. Cara terbaik membersihkan vulva adalah dengan air atau sabun yang ringan dan lembut yang bisa Anda temukan tanpa tambahan pewarna atau pengharum. Perawatan vagina yang paling maksimal dilakukan sendiri selain dengan air atau sabun ringan adalah cara menghilangkan bulu kemaluan yang terlalu lebat, cara mencerahkan selangkangan, cara menghilangkan daki di selangkangan paha menggunakan obat pemutih selangkangan atau cara memutihkan selangkangan dengan minyak zaitun. Walaupun masih banyak kontroversi mengenai manfaat detox reproduksi wanita , namun konon banyak pula wanita yang merasakan manfaat positifnya. Apabila Anda masih ingin mencoba manfaat detox reproduksi wanita, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda untuk memastikan kondisi vagina tidak bermasalah atau memiliki resiko alergi yang bisa terjadi dari bahan – bahan dalam produk detox tersebut.