12 Jenis Sepatu Wanita yang Umum Digunakan

Ragam gaya sepatu wanita, warna, bahan dan tekstur merupakan suatu hal yang tidak terbatas. Terkadang sulit untuk tidak tersesat dalam beragam pilihan variasi sepatu wanita. Gaya sepatu wanita sangat bervariasi seperti juga para pemakainya. Wanita juga sering kali diberi label terobsesi dengan sepatu, namun dengan banyaknya model sepatu yang ada tentu saja obsesi itu memungkinkan. Wanita dapat menemukan sepatu untuk semua kesempatan dan acara. Setiap pasang sepatu memiliki cerita dan identitas tersendiri di dunia fashion. Beberapa model terasa nyaman dan suportif, lainnya sangat menunjang dari segi gaya fashion. Tidak ada yang dapat menyamai kepercayaan diri instan yang didapat ketika Anda menyelipkan kaki ke sepasang sepatu favorit. Bisa dikatakan rata – rata wanita di Amerika Serikat memiliki lebih dari 15 pasang sepatu. Dan jumlah tersebut hanya jumlah rata – ratanya saja. Memilih sepatu yang tepat akan tergantung pada gaya masing – masing, juga kebutuhan pemakaian sehari – hari. Berikut ini adalah jenis sepatu wanita yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Stilletto

Awalnya jenis sepatu wanita ini diciptakan untuk pria aristokrat dan militer zaman dulu, dan berkembang dari sepatu berkuda Persia yang memiliki hak kecil dibawahnya. Hak sepatu dibuat lebih tajam dan tipis untuk meningkatkan kecepatan berlari dan ketahanan di medan perang. Pada era Raja Louis XVI sepatu stiletto diperkenalkan untuk wanita sekaligus dilarang untuk pria.

2. Mules

Jenis sepatu wanita ini adalah trend terbaru dalam ragam alas kaki. Sepatu yang tertutup di bagian depan dan terbuka di belakang ini mirip dengan sepatu slide –in, tetapi bagian depannya dihias dan didesain dengan cermat. Bentuknya bisa mempercantik bentuk kaki wanita, dan sempurnna untuk wanita yang menyukai alas kaki yang mudah digunakan serta nyaman. Untuk memakai sepatu jenis ini, sebelumnya Anda perlu melakukan cara mengatasi kulit kaki kering , cara menghilangkan kulit mati di kaki atau cara menghaluskan kulit kaki agar tumit yang terbuka tetap enak dilihat.

3. Wedges

Jika kaki Anda terasa sakit dalam sandal tinggi atau sepatu hak tinggi, wedges bisa menjadi alternatif yang bagus. Sepatu ini terkenal pada era 90an dan saat ini kembali trend dalam fashion alas kaki. Nyaman dan bergaya, ada banyak model wedges yang tersedia mulai dari strap, cork, denim, dan simple wedges memberi tampilan elegan serta terpoles. Anda juga perlu mengetahui apa saja perbedaan wedges dengan heels berkaitan dengan model hak sepatu.

4. Ballerina Flats

Diantara jenis sepatu wanita yang berbeda, ini adalah jenis yang paling nyaman dan perlu dimiliki wanita. Tidak hanya lembut dan nyaman, modelnya pun tidak ketinggalan zaman. Sepatu ini akan cocok dikenakan ketika Anda perlu melakukan banyak kegiatan berjalan kaki. Seiring dengan beragamnya model alas kaki Anda, lakukan juga cara menghaluskan telapak kaki dan cara menghilangkan belang di kaki

5. Sneakers

Saat ini sneakers tidak hanya digunakan untuk keperluan olah raga saja. Memakai sneakers akan memberi Anda penampilan yang riang dan bebas. Salah satu jenis sepatu wanita ini juga menjadi must have item, tidak penting apakah Anda girly atau tomboy Anda perlu memiliki sneakers kasual.

6. Flat Sandals

Semua wanita pasti pernah memiliki jenis sepatu ini, bahkan para wanita pecinta high heels. Sandal sangat praktis untuk kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan kaki atau hanya keluar rumah untuk keperluan singkat seperti ke minimarket. Lakukan cara merawat kuku kaki yang rusak dan bau jika Anda sangat sering menggunakan sandal.

7. Pump

Sepatu pumps atau court shoses ini adalah salah satu yang paling bergaya namun juga nyaman. Potongannya rendah tanpa pengancing di depan. Memilih jenis sepatu wanita ini akan membuat Anda mendapatkan gaya serta kenyamanan, dengan model peep toe atau pointed toe pump. Sepatu pump ditandai dengan haknya yang tidak setipis dan setinggi stiletto.

8. Loafer

Bagi Anda yang menyukai alas kaki praktis dan nyaman, sepatu ini menjadi barang wajib yang harus dimiliki. Loafer cocok untuk penampilan yang unik namun chic, nyaman serta bergaya dan cocok dipadukan dengan busana bergaya edgy.

9. Boots

Boots sepanjang pergelangan kaki akan berfungsi sebagai suatu pernyataan mode, namun tidak akan mendominasi penampilan Anda. Modelnya rapi dan modis, serta sangat patut dipertimbangkan sebagai salah satu pelengkap koleksi fashion Anda. Begitu juga dengan boots sepanjang lutut yang biasanya memiliki hak lebih tinggi daripada ankle boots.

10. Rain Boots

Jika Anda tinggal di tempat dengan curah hujan tinggi, tentu akan menyebalkan apabila lumpur dan air hujan merusak sepatu cantik Anda. Sepatu boots hujan adalah item yang perlu dimiliki, dan saat ini tersedia dalam berbagai model serta warna bahkan kualitasnya tidak diragukan lagi.

11. Sepatu Mary Jane

Nama mary jane diambil dari karakter dalam komik bernama Busty Brown yang biasa memakai sepatu model ini. Sepatu ini sangat populer untuk anak perempuan dan laki – laki pada awal 1990an. Sepatu ini bisa menambahkan aksen pada busana yang potongannya kurang bagus.

12. Sling Back

Model sepatu ini menyerupai sepatu hak tinggi model strap, tetapi tidak sama. Jenis sepatu wanita ini digunakan dengan strap yang mengelilingi pergelangan dari belakang dan dikencangkan di bagian depan kaki.

Kecocokan sangat penting jika berkaitan dengan pemilihan jenis sepatu wanita. Anda mungkin sudah mengetahui ukuran sepatu Anda sendiri, tetapi masih penting untuk mencobanya lebih dulu sebelum dibeli. Ukuran sepatu bisa bervariasi tergantung pada pembuatnya, dan sepatu yang tidak pas bisa membuat sakit kaki, lecet dan bahkan kondisi kaki kronis. Untuk wanita khususnya yang memiliki kaki sensitif atau bermasalah dengan kakinya, menggunakan insert orthotic bisa dibeli dan ditempatkan didalam banyak jenis sepatu untuk meminimalisir rasa sakit pada kaki, juga untuk wanita yang menghabiskan waktu bekerja dengan menggunakan kakinya sepanjang hari.