Apakah Kulit Belang Bisa Hilang, Pencegahan dan Penyebabnya

Kulit adalah salah satu organ tubuh yang paling penting karena menutupi seluruh tubuh dan melindunginya dari perubahan iklim, polusi bahkan stress. Kulit mengandung pigmen yang disebut melanin, yang menyediakan perlindungan dari sinar matahari. Jika dilihat dari dekat, Anda akan melihat bahwa warna kulit pada sebagian tubuh atau wajah berbeda dengan area tubuh lainnya. contohnya, kulit tangan lebih hitam daripada sisa area lengan atau wajah. Jari kaki yang lebih hitam daripada bagian kaki lainnya, atau adanya bekas cetakan sandal jepit di kaki Anda sebagai hasil dari pemakaian sandal jepit setiap hari. Terkadang pada kulit bisa terjadi akumulasi melanin yang tidak seimbang sehingga menyebabkan bintik – bintik hitam dan putih di kulit. Selain itu juga bisa terjadi overproduksi melanin yang menyebabkan hiperpigmentasi, yang mengakibatkan kulit menjadi belang. Apapun warna kulit seseorang, tentunya kita akan ingin memiliki kulit yang mulus dan merata warnanya. Sayangnya hiperpigmentasi atau adanya bagian kulit yang menggelap adalah masalah yang sangat umum dialami dan cenderung semakin memburuk seiring dengan usia.

Penyebab Kulit Belang

Salah satu alasan yang paling umum sebagai penyebab kulit belang adalah ekspos pada sinar matahari yang lama. Sinar UV A dan UV B bisa menembus lapisan kulit dan rambut manusia, dan bisa menyebabkan mutasi pada DNA, menimbulkan radikal bebas, dan memicu kanker kulit. Produksi melanin meningkat karena kulit terekspos sinar matahari dalam waktu lama. Produksi melanin dilakukan oleh tubuh untuk melindungi sel – sel yang terganggu oleh radiasi yang khususnya berasal dari UV A. Kulit akan tampak lebih hitam dan gosong sebagai hasilnya, jadi Anda perlu menggunakan tabir surya yang tepat dan membatasi ekspos sinar matahari jika memungkinkan.

Kulit kering juga dapat menjadi penyebab dan pertanyaan apakah kulit belang bisa hilang. Dalam beberapa kasus, sel kulit mengalami kekurangan sebum sehingga kulit menjadi retak dan menjadi tidak sehat. Kulit kering juga mudah mengalami perubahan warna. Produksi melanin yang berkurang juga menyebabkan ketidak seimbangan hormonal di dalam tubuh sehingga lebih banyak area kulit tubuh yang belang. Kondisi ini bisa terjadi pada wanita hamil, pemakai kontrasepsi berupa pil KB, atau mengalami perubahan hormon karena alasan lainnya.

Bisakah Menghilangkan Kulit Belang

Ketika Anda mendapati ada warna kulit yang berbeda atau belang, pastinya muncul pertanyaan apakah kulit belang bisa hilang dan warna kulit Anda bisa kembali merata seperti semula. Karena alasan utama kulit belang adalah sinar matahari, maka cara menghilangkan kulit belang adalah  jika tidak terpapar sinar matahari warna kulit Anda bisa saja kembali seperti semula dan terbukti dapat menjadi cara  menghilangkan kulit belang di wajah. Akan tetapi untuk memulihkan warna kulit tentu saja tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Waktu pemulihan warna kulit akan tergantung kepada kondisi dan tipe kulit masing – masing, dan biasanya rasa penasaran mengenai apakah kulit belang bisa hilang akan terjawab dalam waktu beberapa minggu setelahnya.

Ada orang yang bisa cepat memulihkan kondisi kulitnya, ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama. Secara umum, orang yang memiliki pigmen melanin lebih banyak akan lebih mudah mengalami masalah kulit yang belang atau menggelap jika dibandingkan dengan orang yang memiliki lebih sedikit pigmen. Pigmen melanin yang lebih banyak akan membuat proses pemulihan kulit belang juga menjadi lebih lama. Namun, sisi positifnya tentu ada yaitu orang yang berpigmen lebih banyak juga berarti memiliki sistem pertahanan lebih banyak pada kulitnya daripada orang yang berkulit lebih terang atau berpigmen sedikit. Cara menghilangkan belang di muka dan cara menghilangkan belang di tangan perlu dilakukan untuk memulihkan warna kulit Anda. 

Mencegah Kulit Belang

Daripada bertanya – tanya apakah kulit belang bisa hilang dan melakukan cara mengatasinya yang memerlukan waktu khusus, sebaiknya Anda melakukan tindakan – tindakan pencegahan untuk memastikan kulit tidak terekspos sinar matahari yang merusak. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah warna kulit yang tidak merata dan akan mempengaruhi rasa percaya diri akan penampilan.

  • Hindari kegiatan di luar rumah yang berlangsung antara pukul 11 pagi sampai 3 siang ketika sinar matahari sedang terik – teriknya. Jika tidak bisa menghindarinya, maka batasi kegiatan Anda agar tidak terlalu lama.
  • Gunakan tabir surya secara teratur ketika keluar rumah di siang hari walaupun cuaca tidak terlalu panas. Pilihlah yang mengandung SPF 30 dan oleskan pada kulit antara 15 sampai 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.
  • Sesuaikan pakaian yang digunakan saat beraktivitas di terik matahari, misalnya menggunakan pakaian tertutup, sarung tangan atau kaus kaki, topi, scarf, payung dan pelindung kepala lainnya.

Eksfoliasi akan membantu Anda dalam pertanyaan apakah kulit belang bisa hilang dan menjadi cara memutihkan tangan. Ini adalah langkah yang penting dalam merawat kulit belang. Untuk membantu berbagai bahan yang digunakan untuk mengatasi kulit belang Anda menembus lapisan epidermis dan melakukan pekerjaannya, pertama Anda perlu meluruhkan kulit mati dan kusam di permukaannya. Temukan eksfoliant yang cocok untuk jenis kulit Anda dan gunakan dua kali dalam seminggu untuk mencerahkan hiperpigmentasi dan menghapus noda – noda hitam. Misalnya cara memutihkan kulit belang dengan lemon yang juga dapat menjadi cara memutihkan kulit tangan belang. Berhati – hatilah untuk tidak menggosok terlalu kasar karena bisa menyebabkan kulit menjadi luka atau iritasi sehingga menimbulkan masalah kulit lainnya.